Sukses

Beauty

7 Makanan yang Dapat Dijadikan Masker Wajah, Membuat Kulit Sehat, dan Glowing

Fimela.com, Jakarta Kulit adalah organ terbesar dari tubuh. Apa yang digunakan pada permukaan kulit akan diserap melalui pori-pori dan masuk ke dalam tubuh. Untuk menjaga kesehatan kulit diperlukan rangkaian perawatan yang tepat. Tak hanya menggunakan produk dengan bahan sintetis, perawatan dengan bahan alami juga dapat dilakukan.

Banyak dari bahan makanan yang mudah ditemukan di dapur mampu membantu membangun kulit glowing dan sehat. Untuk memaksimalkan perawatan, berikut daftar makanan yang dapat kamu gunakan sebagai masker dilansir dari Eat This, Not That.

1. Madu

Disebut sebagai humektan, madu mampu membantu kulit menyerap dan mengunci kelembapan. Selain itu, sifat antibakteri pada madu mampu menyembuhkan kulit berjerawat. Cukup oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan selama beberapa menit.

2. Oat

Oat dikenal sebagai produk makanan yang mampu menenangkan kulit yang iritasi atau meradang karena eksim. Oat paling baik digunakan sebagai masker jika dalam bentuk bubuk atau tepung. Kamu dapat gunakan masker oat dengan menggabungkannya bersama madu.

3. Cokelat

Cokelat adalah makanan yang kaya antioksidan dan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Cokelat juga mengandung kafein yang berfungsi untuk mengencangkan kulit. Campurkan cokelat bubuk, minyak wajah favoritmu, dan gula secukupnya untuk membuat masker dan lulur tubuh dari cokelat. Setelah menggunakannya kamu akan merasakan kulit cerah seketika.

4. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini tidak hanya berguna sebagai bahan olahan makanan, namun juga bahan untuk merawat kulit wajah dari luar. Memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antiseptik kunyit dapat membantu menghaluskan kulit, melawan kerutan, dan memudarkan bekas jerawat. Campurkan dengan minyak khusus wajah dan oleskan pada wajah.

5. Alpukat

Alpukat tidak hanya bermanfaat untuk keindahan kulit namun juga untuk kesehatan rambut. Minyak alpukat merupakan bahan yang baik digunakan untuk pelembap. Kandungan lemak sehat pada minyak alpukat bekerja untuk regenerasi kulit, mengatasi kulit kering, rusak akibat sinar matahari dan kulit sensitif.

6. Labu

Labu yang mengandung vitamin A, beta-karoten, dan zinc bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Tak hanya itu, labu juga berfungsi sebagai eksfoliator alami yang lembut berkat kandungan alfa-hidroksinya. Mencampur labu pada bahan lulur atau masker dapat membantu melawan tanda penuaan dan mencerahkan kulit.

7. Peterseli

Mengandung banyak vitamin dan nutrisi, peterseli secara khusus berfungsi untuk menyeimbangkan perubahan warna kulit dan memudarkan bintik hitam. Cincang peterseli lalu campur dengan minyak khusus wajah dan sedikit gula untuk digunakan sebagai scrub alami kulit.

Untuk mendapat kulit yang sehat dan indah diperlukan perawatan maksimal dari luar dan dalam. Seimbangkan dengan gaya hidup sehat agar mendapat hasil optimal untuk kesehatan kulitmu.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading