Sukses

Beauty

Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari, Intip Cara Menggunakan Krim Pagi dan Sunscreen yang Benar

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia perawatan kulit sunscreen dan krim pagi merupakan produk perawatan yang tidak boleh dilewatkan. Selain menjaga kulit dari paparan sinar matahari, sunscreen dan krim pagi juga dapat melembapkan dan mempertahankan agar warna kulit tetap rata.

Seperti yang diketahui penggunaan sunscreen tidak hanya digunakan untuk waktu atau kegiatan tertentu seperti berjemur di pantai. Melainkan, penggunaan sunscreen diterapkan sebagai salah satu rangkaian perawatan kulit sehari-hari. Hal ini dilakukan karena kulit wajah rentan terhadap paparan sinar matahari, sehingga penting untuk menggunakan SPF setiap hari.

Dilansir dari verywellhealth.com American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan sunscreen yang mengandung sun protection factor (SPF) 30 atau lebih, apabila Sahabat Fimela sering menghabiskan waktu di luar ruangan.

Di sisi lain, penggunaan sunscreen akan semakin sempurna apabila dibarengi dengan rangkaian perawatan kulit lainnya seperti krim pagi. Produk perawatan kulit ini dapat digunakan sebelum mengaplikasikan sunscreen karena dapat menghidrasi kulit.

Dilansir dari phytomer.fr kulit wajah merupakan kulit yang lebih tipis dari kulit tubuh lainnya, sehingga membuatnya rapuh dan sensitif. Terlebih kulit wajah sangat rentan dehidrasi, oleh karena itu penggunaan krim pagi atau day cream dapat melembapkan kulit dengan menahan air yang ada di kulit wajah. Selain menghidrasi dan melindungi kulit, krim pagi juga dapat menyamarkan garis halus dan kerutan yang ada di wajah.

 

 

Cara menemukan sunscreen yang cocok

1. Pertimbangkan Sun Protection Factor (SPF)

Penggunaan SPF minimal 15 akan membantu melindungi dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, kebanyakan dokter kulit merekomendasikan untuk menggunakan SPF minimal 30 untuk memblokir 97 persen sinar UVB yang dapat merusak kulit.

2. Periksa kandungan sunscreen

Sebelum membeli sunscreen, pastikan untuk mencari sunscreen dengan formula yang mengandung titanium, dioksida, seng oksida, dan avobenzo. 

3. Pilih jenis sunscreen yang diinginkan

Sunscreen dapat dikatakan sebagai skincare yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV, sehingga pemilihan sunscreen harus dilakukan dengan benar. Adapun jenis-jenis sunscreen yang beredar di pasaran seperti chemical sunscreen, physical sunscreen, dan hybrid sunscreen.

 

Cara menemukan krim pagi yang cocok untuk kulit

Sama seperti produk perawatan kulit lainnya, Sahabat Fimela juga harus memilih kirm pagi yang cocok dan sesuai jenis kulit. Apabila Sahabat Fimela memiliki kulit yang rentan terhadap sengatan sinar matahari, pilihlah krim pagi yang mengandung sifat pelindung seperti UVA atau UVB.

Dilansir dari cosmeticcapital.com sebelum memilih krim pagi pilihlah produk yang mengandung bahan seperti:

Cara menemukan krim pagi yang cocok untuk kulit

  • Vitamin A, C dan E
  • Hyaluronic Acid untuk mencegah retensi air
  • AHA atau BHA dan Glycolic Acid untuk mencegah bintik-bintik dan meredakan jerawat
  • Ekstrak tumbuhan alami seperti Rosehip, Tea Tree Oil dan Olive Oil karena dapat menenangkan, mengembalikan warna kulit, menutrisi, dan melembutkan.
  • Gliserin yang dapat melembapkan kulit wajah.

 

Cara Menggunakan Krim Pagi dan Sunscreen

  1. Bersihkan wajah sebelum menerapkan rangkaian perawatan kulit.
  2. Aplikasikan rangkaian perawatan kulit seperti toner.
  3. Ambil krim pagi dan aplikasikan ke wajah secara merata.
  4. Oleskan dengan gerakan melingkar agar cepat meresap ke kulit wajah.
  5. Jangan lupa untuk pijat-pijat kulit untuk merangsang sel-sel kulit.
  6. Setelah krim pagi meresap, lapis kembali wajah menggunakan sunscreen sebagai langkah terakhir dalam rangkaian perawatan wajah.
  7. Sahabat Fimela dapat mengaplikasikan sunscreen di seluruh wajah dan re-apply setiap 2 jam sekali agar kulit tetap terlindung dari sinar matahari.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading