Sukses

Beauty

How To: Cara Mengaplikasikan Day Cream dan Sunscreen untuk Rutinitas Harian Perawatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Memakai day cream dan sunscreen merupakan sebuah keharusan dalam rutinitas perawatan harian. Day cream digunakan untuk menjaga keseimbangan kelembapan permukaan kulit wajah seharian. Day cream menjadi produk yang sangat penting, karena membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, selain itu dapat membuat kulit wajah halus dan memudahkan makeup menempel dengan maksimal.

Salah satu manfaat day cream adalah dapat membantu mengurangi atau mencegah timbulnya kerutan dari penuaan dini. Beberapa day cream dapat melawan berbagai masalah kulit tertentu, seperti kemerahan atau jerawat. Kamu juga bisa menemukan day cream khusus untuk kulit berminyak dan day cream untuk kulit kering.

Selain day cream, penting bagi kamu juga untuk selalu mengenakan sunscreen saat berkegiatan di dalam maupun di luar ruangan. Meskipun beberapa produk daycream mengandung SPF yang membantu melindungi kulit kita dari sinar matahari. Namun memakai produk sunscreen tersendiri bisa membantu kulit wajah terlindungi dari sinar matahari dengan lebih baik.

Kamu dapat memakai sunscreen SPF 30 atau lebih pada kulit yang terpapar sinar matahari setiap hari. Menggunakan sunscreen SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari adalah cara termudah untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Sinar matahari yang berbahaya dapat menembus kulit bahkan pada hari berawan. Jadi, meskipun kamu hanya berencana untuk berada di luar ruangan dalam waktu singkat, ada baiknya untuk tetap rutin mengoleskan sunscreen ke wajah setiap hari. Bibir juga berisiko terkena paparan sinar matahari. Jadi, aplikasikan lip balm atau lipstik dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Penting untuk diketahui, sunscreen harus memiliki perlindungan spektrum luas yang berarti harus mengandung perlindungan dari sinar UVA dan UVB.

Dilansir dari verywellhealth.com dan dotandkey.com, intip beberapa cara memakai daycream dan sunscreen untuk kamu yang masih bingung. Harus memakai day cream atau sunscreen terlebih dahulu ya?

Cara Memilih Day Cream

Sebelum memakai day cream, kamu perlu mengetahui day cream seperti apa yang cocok untuk tipe kulit wajah:

Kulit Berminyak

Kulit berminyak juga butuh hidrasi seperti kulit kering. Jika memiliki kulit berminyak, pilihlah daycream yang matte dan bertekstur ringan dengan bahan aktif pengatur untuk menyeimbangkan kembali produksi sebum.

Kulit Kering

Day cream akan membantu kamu melembapkan dan menutrisi kulit. Lapisan lemak kulit kering menghasilkan volume minyak alami yang rendah dan perlu diperhatikan, pilih dalam day cream dengan formula khusus yang mampu merangsang produksi sebum sambil menjaga kelembapan. Karena hal inilah yang membuat kulit tetap lembap.

Kulit Sensitif

Kulit setiap orang bereaksi dengan cara yang berbeda. Bagi pemilik kulit sensitif, triknya adalah menemukan produk yang cocok untuk kamu. Day cream yang tepat dapat memberi kulit lapisan perlindungan ekstra tanpa membuatnya iritasi.

Kulit Kombinasi

Dengan T-zone berminyak dan kulit normal hingga kering di bagian wajah lainnya, kulit kombinasi memadukan dua jenis kulit. Jika memiliki kulit kombinasi, krim pilihan akan condong ke arah perawatan yang menghidrasi dan matifying untuk mencegah penampilan yang terlalu mengkilap.

Cara Memilih Sunscreen

Lihat Info SPF

"SPF" mengacu pada "faktor pelindung matahari" tabir surya, atau seberapa efektifnya memblokir sinar UVB. Angka SPF mencerminkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk terbakar sinar matahari memakai tabir surya vs tidak memakai tabir surya. American Academy of Dermatology merekomendasikan SPF 30 atau lebih tinggi. Jika kamu akan berenang atau berkeringat, gunakan sunscreen dengan SPF 50.

Pilih Sunscreen dengan Spektrum Luas

SPF hanya mengacu pada kemampuan untuk memblokir sinar UVB, yang menyebabkan kulit terbakar. Namun, matahari juga memancarkan sinar UVA. Sinar UVA menyebabkan kerusakan kulit, seperti tanda-tanda penuaan, keriput dan bintik-bintik gelap atau terang. Keduanya meningkatkan risiko kanker kulit. Sunscreen dengan spektrum luas memberikan perlindungan dari sinar UVA dan UVB

Pilih jenis sunscreen yang sesuai

Chemical sunscreen bekerja dengan cara menembus epidermis dan dermis. Senyawa kimia ini berfungsi di dalam kulit dan juga di permukaan untuk menyerap sinar pada kulit sebelum dapat menembus dermis dan menyebakan kerusakan. Ciri-cirinya adalah memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap di kulit, baru aktif bekerja setelah 20-30 menit diaplikasikan pada kulit, dan tidak meninggalkan whitecast, namun rentan menyumbat pori yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti minyak berlebih, jerawat, dan komedo. Chemical sunscreen menyerap sinar matahari dan menghilangkannya dengan reaksi kimia.

Physical sunscreen

Physical sunscreen atau juga dikenal dengan sunblock. Physical sunscreen dapat melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB, serta aman digunakan pada bayi dan ibu hamil. Selain itu, physical sunscreen juga memiliki ciri-ciri yang khas, sehingga mudah dikenali oleh banyak orang. Ciri-cirinya adalah memiliki tekstur padat, kental dan cenderung lengket di kulit, langsung aktif bekerja melindungi kulit setelah diaplikasikan pada kulit, dan meninggalkan whitecast pada kulit, namun tidak menyumbat pori-pori. Physical sunscreen bekerja seperti perisai di permukaan kulit untuk membelokkan sinar matahari.

Cara Memakai Day Cream dan Sunscreen

Untuk memaksimalkan efektivitas, kamu harus mengoleskan day cream dan sunscreen pada kulit yang bersih, bebas dari kotoran. Berikut tahapannya:

1. Ambil sedikit day cream.

2. Pijat kulit dengan hati-hati, dimulai dengan bagian tengah wajah ke arah luar. Lakukan gerakan melingkar untuk membantu krim meresap ke dalam kulit dan merangsang sel-sel kulit. Oleskan day cream di bawah dagu dan leher untuk menjaga elastisitas kulit yang cenderung kendur seiring bertambahnya usia.

3. Setelah day cream meresap ke dalam kulit, kamu bisa memakai sunscreen sebagai step terakhir skincare kamu untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

4. Aplikasikan sunscreen di seluruh wajah termasuk leher saat kamu akan berkegiatan di luar ruangan.

5. Kamu juga harus mengaplikasikan kembali sunscreen pada wajah setiap 2 jam agar tetap terlindung dari paparan sinar matahari.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading