Sukses

Beauty

Angkat Sel Kulit Mati dengan Memakai Toner Eksfoliasi

Fimela.com, Jakarta Eksfoliasi wajah merupakan hal penting untuk dilakukan dalam memakai skincare. Eksfoliasi wajah dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab berbagai permasalahan kulit seperti kulit kusam, komedo, dan jerawat. Berbeda dengan physical exfoliation dengan menggunakan scrub, mengangkat sel kulit mati dengan toner eksfoliasi lebih aman karena tidak akan merusak lapisan kulit.

Toner eksfoliasi sangat digemari karena kemampuannya untuk mencerahkan kulit, memudarkan hiperpigmentasi, menghilangkan jerawat, dan membersihkan pori-pori. Toner eksfoliasi yang bagus memiliki bahan eksfoliasi yang tepat agar tidak mengiritasi atau membuat kulit sensitif.

Toner eksfoliasi memiliki acid atau asam yang berbeda-beda. Seperti Alpha Hydroxy Acid atau singkatnya, AHA yang berfungsi untuk regenerasi kulit. Ada juga kandungan Beta Hydroxy Acid (BHA) yang ampuh untuk mengatasi kulit berminyak. Selain kedua asam tersebut, ada Polyhydroxy Acid (PHA) yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Fungsi asam yang satu ini untuk mencegah kulit iritasi secara berlebihan, sehingga aman untuk digunakan bagi kulit sensitif.

Dilansir dari skinwellness.com dan newbeauty.com, bahan-bahan yang terdapat dalam toner eksfoliasi ini berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kusam dan kelebihan sebum dengan potensi untuk membuka pori-pori dari permukaan kulit, meningkatkan pergantian sel, dan membawa pH kulit ke tingkat keasaman wajah yang ideal. Untuk bisa mengeksfoliasi sel kulit mati secara maksimal, kamu harus mengetahui bagaimana cara memakai toner eksfoliasi agar kamu tidak salah dalam mengaplikasikannya.

Manfaat eksfoliasi

1. Membuat kulit tampak lebih cerah

2. Meningkatkan penyerapan skincare

3. Membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi terjadinya jerawat

4. Membuat kulit terlihat lebih kencang,

5. Menyeimbangkan pH wajah

6. Melembutkan tampilan tekstur kulit

7. Mengurangi munculnya hiperpigmentasi

Jika tidak mengeksfoliasi kulit, sel kulit mati mudah terperangkap di lapisan luar kulit dan mulai menumpuk. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kulit, termasuk kulit kering, bintik hitam, kusam, pori-pori tersumbat, tekstur kasar, dan kerutan yang terlihat jelas.

Cara memakai toner eksfoliasi

Cuci muka terlebih dahulu

Gunakan pembersih dengan air hangat dan waslap lembut untuk membersihkan wajah. Pijat lembut pembersih ke kulit untuk menghilangkan riasan, kotoran, dan kotoran. Bilas bersih dengan air hangat, lalu percikkan air dingin ke wajah setelah selesai. Kemudian keringkan wajah dengan handuk bersih.

Taruh toner eksfoliasi di atas kapas.

Tuangkan sedikit toner pada pad hingga terasa lembap tetapi tidak terlalu basah. Kamu juga bisa menggunakan bola kapas untuk langkah ini jika hanya itu yang dimiliki. Namun, bantalan kapas akan menyerap lebih sedikit produk daripada bola kapas, yang akan membantu menghemat toner kamu.

Oleskan toner eksfoliasi dengan lembut ke wajah dan leher

Gunakan kapas untuk menyeka produk dengan lembut di wajah dan leher. Hindari area mata dan berhati-hatilah agar produk tidak mengenai bibir. Berikan perhatian khusus pada lekukan dan area yang sulit dijangkau termasuk alis, sisi hidung, dekat telinga, dan garis rambut.

Gunakan toner dan pelembap yang menghidrasi

Setelah melakukan eksfoliasi, kamu perlu menggunakan hydrating toner dan moisturizer untuk menenangkan kulit dan mengembalikan kelembapannya serta mencegah kulit menjadi kering.

Tips memakai toner eksfoliasi

Jangan memakai eksfoliasi secara berlebihan

eksfoliasi seharusnya tidak dianggap sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit harian. Para ahli merekomendasikan jenis kulit berminyak untuk menggunakan toner eksfoliasi satu hingga tiga kali per minggu, dan cukup sekali atau dua kali per minggu untuk kulit normal. Jika Anda memiliki kulit kering dan sensitif, Anda mungkin hanya perlu menggunakan seminggu sekali atau setiap minggu.

Lakukan eksfoliasi di malam hari

eksfoliasi membuat kulit terasa rentan saat kamu memperlihatkan lapisan baru yang segar dengan kepekaan yang meningkat. Jika kamu melakukan eksfoliasi di siang hari, kamu berisiko merusaknya saat keluar rumah di bawah sinar matahari. Biasakan untuk melakukan eksfoliasi sebelum tidur agar kulit memiliki waktu untuk sembuh dan sehat di pagi hari.

Wajib memakai sunscreen setelah eksfoliasi

Mengeksfoliasi kulit bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jika pada malam hari kamu mengeksfoliasi kulit pastikan kamu memakai sunscreen di esok hari untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap kulit.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading