Sukses

Beauty

7 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Fimela.com, Jakarta Bibir kering dan pecah-pecah bisa menyerang kapan saja. Beberapa penyebab bibir kering dan pecah-pecah termasuk cuaca kering, paparan iritasi atau alergen pada bibir, paparan sinar matahari, infeksi jamur, atau sering menjilat bibir.

Bibir adalah area yang sangat sensitif, jadi membatasi faktor iritasi, seperti air liur, makanan, pasta gigi, dan bahan dalam lipstik atau lip balm tertentu adalah kuncinya. Dilansir dari vogue.com, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

1. Menggunakan lip scrub

Lip scrub bisa jadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Lip scrub membantu mengelupas bibir dengan lembut, menghilangkan penumpukan sel kulit mati yagn mungkin berkontribusi pada penampilan bibir pecah-pecah.

 

 

2. Mengoleskan serum asam hialuronat ke bibir yang lembap

Asam hialuronat adalah bahan terkenal yang berfungsi untuk mempertahankan kelembapan agar kulit tetap kenyal dan terhidrasi. Carilah serum dengan konsentrasi asam yang kuat, tekstur ringan, sifat menenangkan, dan memiliki sifat anti peradangan.

3. Oleskan salep pelembap secara konsisten

Mengoleskan kembali salep pelembap beberapa kali dalam sehari ke bibir sebelum tidur bisa membantu mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Carilah produk dengan formula yang mengandung shea butter dan ceramide.

4. Lapisi bibir dengan produk berbasis petroleum

Melembapkan bibir dengan produk emolien akan membatasi kehilangan air dari bibir dan membuatnya tetap terhidrasi. Produk ini juga bertindak sebagai penghalang oklusif yang membatasi iritasi, seperti air liur agar tidak mengiritasi kulit lebih lanjut.

5. Pertimbangkan perawatan malam yang khusus

Untuk perawatan yang lebih terspesialisasi, konsentrasi squalane yang tinggi sangat melembapkan dan menghidrasi bibir.

6. Gunakan humidifier di malam hari

Terutama di bulan-bulan yang dingin, menggunakan humidifier di kamar tidur bisa membantu meminimalisir bibir kering dan pecah-pecah semalaman. Produk ini seharusnya bisa menyaring dan menghidrasi, bahkan menghambat pertumbuhan jamur.

7. Melindungi bibir dengan SPF

Lindungi bibir dari paparan sinar UV. Penting untuk mengoleskan SPF ke bibir, bahkan saat udara dingin.

What's On Fimela
Loading