Sukses

Beauty

How To: Cara Menggunakan Retinol dan Vitamin C untuk Kulit Halus dan Cerah

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah halus dan cerah merupakan dambaan setiap wanita, tak jarang mereka menggunakan berbagai produk perawatan kulit untuk meningkatkan kesehatan kulit. Salah satu produk yang digunakan adalah retinol dan vitamin C. Namun, masih ada beberapa orang yang takut untuk menggunakan dua kombinasi ini karena dianggap tidak cocok dan dapat membuat wajah menjadi rusak. 

Dilansir dari brydie.com retinol dan vitamin C merupakan produk yang populer di dunia perawatan kulit, terutama bagi mereka yang ingin mengurangi bintik hitam dan garis halus di wajah. Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang sering digunakan untuk memperbaharui sel kulit, melindungi kolagen dengan melawan radikal bebas, dan mengencangkan lapisan kulit yang lebih dalam untuk mengurangi kerutan, garis halus, dan pori-pori yang terlihat.

Sementara, vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi dan mempertahankan kulit dengan menetralkan radikal bebas. Sifat antioksidan dari  vitamin C juga membantu proses regeneratif alami kulit, serta dapat memperbaiki warna dan tekstur, mencerahkan bintik hitam, meningkatkan produksi kolagen, dan mencerahkan kulit kusam.

Bagi Sahabat Fimela yang takut untuk menggunakan kedua produk ini secara bersamaan cobalah untuk memikirkan ulang. Dr Shirazi mengatakan bahwa kedua produk ini dapat menjadi kombinasi yang pas untuk mengatasi penuaan kulit wajah. Namun, bila Sahabat Fimela ingin menghindari risiko iritasi dapat menggunakan vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari.

Manfaat Menggabungkan Retinol dan Vitamin C

Menggunakan retinol dan vitamin C secara bersamaan dapat membuat kulit menjadi sehat dengan kulit yang lebih halus dan cerah. Hal ini terjadi karena vitamin C dapat mempertahankan, melindungi, dan mendukung produksi kolagen di kulit. Sementara, retinol dapat memperbarui sel kulit dan menstimulasi kolagen. 

Penggunaan kedua produk ini juga dapat mengurangi pigmentasi dan mencerahkan perubahan warna kulit, sehingga bagi Sahabat Fimela yang ingin memperbaiki warna dan tekstur kulit dapat mengombinasikan kedua produk untuk kulit wajah.

Manfaat menggabungkan vitamin C dan retinol mungkin tidak begitu memberikan efek bagi beberapa orang, tergantung dengan jenis kulit wajah. Namun, bila kulit Sahabat Fimela tidak terasa iritasi saat menggunakan produk ini dapat terus menggunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Menggunakan Retinol dan Vitamin C Secara Bersamaan

Untuk menggunakan kedua kombinasi ini produk ini, Sahabat Fimela dapat menggunakannya dengan mengatur waktu, satu produk untuk pagi hari dan produk satunya lagi untuk malam hari. Berikut cara menggunakannya retinol dan vitamin C yang dapat dicoba dilansir dari fleurandbee.com.

Rutinitas pagi hari:

  • Langkah 1: Mulailah dengan pembersih yang lembut dan tidak membuat kulit kering, serta iritasi.
  • Langkah 2: Segarkan dan hidrasi kulit wajah dengan toner lembut yang menyejukkan.
  • Langkah 3: Oleskan serum vitamin C yang dimiliki.
  • Langkah 4: Aplikasikan pelembap untuk menutrisi dan melembapkan kulit wajah.

Rutinitas Malam:

  • Ulangi langkah 1 & 2.
  • Langkah 3: Setelah melakukan langkah 1 dan 2, Sahabat Fimela dapat mengoleskan serum retinol untuk menghaluskan kulti dan mengurangi tanda-tanda penuaan.
  • Langkah 4: lembapkan kulit dengan krim malam untuk meregenerasi kulit saat tidur.

Perlu diperhatikan saat pertama kali menggunakan retinol dalam rutinitas perawatan kulit, sahabat Fimela hanya boleh menggunakannya dua hari sekali, hal ini dilakukan untuk membuat kulit terbiasa sebelum mengaplikasikan retinol setiap malam.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading