Sukses

Beauty

4 Langkah Mencegah Hiperpigmentasi, Biar Nggak Galau dengan Noda Hitam yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Munculnya noda hitam yang tampak di permukaan wajah memang sering banget bikin resah. Dikenal dengan istilah hiperpigmentasi, flek hitam ini memang bisa membuat wajah terlihat kusam. Biarpun bisa disamarkan dengan makeup, tapi kalau nggak diatasi hingga ke akarnya tentu saja bikin kamu jadi nggak lega.

Nggak mau mengalami dilema hiperpigmentasi yang mengganggu penampilan kan? Ada 4 hal yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah tersebut, lho. Saatnya terapkan beberapa kebiasaan berikut ini, Sahabat Fimela!

Selalu Gunakan Sunscreen Saat Beraktivitas di Luar Rumah

Tahukah kamu kalau sinar matahari bisa menjadi salah satu penyebab noda hitam yang muncul di wajah? Radiasi sinar matahari bisa memicu tubuh memproduksi melanin. Zat inilah yang kemudian menyebabkan terbentuknya bintik hitam pada permukaan kulit.

Jadi, pastikan untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit dari paparan sinar matahari. Jangan skip penggunaan sunscreen, karena efek radiasi sinar UV sendiri masih bisa dirasakan ketika cuaca mendung. Selain itu, gunakan ulang sunscreen setiap 2 jam sekali untuk memberikan perlindungan yang optimal. 

Hindari Memencet Jerawat

Kebiasaan memencet jerawat juga menjadi penyebab hiperpigmentasi utama yang dialami perempuan. Hal tersebut dapat menyebabkan luka dan inflamasi pada kulit yang ternyata juga bisa mendorong produksi melamin di dalam tubuh. Kondisi inilah yang membuatmu mengalami hiperpigmentasi.

Demi mencegah hal tersebut, hentikan kebiasaan memencet jerawat. Selain bisa meninggalkan bekas noda hitam, risiko paparan bakteri dari tangan juga sangat tinggi sehingga memicu jerawat yang bertambah banyak hingga iritasi. Jika memang memiliki jerawat yang mengganggu, sebaiknya atasi dengan acne treatment khusus yang bisa menyingkirkan masalah tersebut dengan lebih aman.

Perbaiki Pola Diet

Hiperpigmentasi juga bisa terjadi karena masalah ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Jika hal ini yang terjadi, maka yang perlu dilakukan adalah mencoba perbaiki gaya hidup, seperti pola makan sehari-hari.

Perhatikan teknik diet yang tepat untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon. Misalnya dengan memperbanyak asupan protein yang berperan untuk memproduksi hormon peptide. Hormon yang satu ini memegang peranan penting dalam proses pertumbuhan, metabolisme energi, selera makan, stres, hingga reproduksi. Konsumsi alpukat, buah citrus seperti jeruk, atau wortel bisa menjadi pilihan menu yang tepat untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon.

Gunakan Skincare yang Mengandung Bahan Aktif Mencerahkan

Last but not least, gunakan skincare yang mengandung bahan aktif untuk mencegah noda hitam pada wajah. Kenali kandungan apa saja yang efektif untuk melawan masalah tersebut. Kamu bisa memulainya dari niacinamide yang berperan efektif mengatasi flek hitam yang mengganggu.

Selain itu, retinol dan vitamin C juga menjadi kedua bahan lain yang disarankan. Retinol bekerja untuk meningkatkan siklus pergantian sel kulit baru, sehingga membuat wajah terlihat lebih sehat dan glowing. Sementara itu, vitamin C mengandung antioksidan yang memang dikenal sebagai salah satu produk andalan untuk mencerahkan dan mengatasi hiperpigmentasi.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hiperpigmentasi pada wajah yang bikin penampilan jadi nggak pede. Coba terapkan mulai sekarang yuk!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading