Sukses

Beauty

6 Khasiat Green Tea Pada Produk Masker Wajah dari Mencegah Penuaan-Kanker Kulit

Fimela.com, Jakarta Green tea atau yang kerap disebut teh hijau adalah minuman yang diseduh dari daun kering bernama Camellia Sinensis. Green tea merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi kedua setelah air.

Terbukti bermanfaat karena telah digunakan untuk berbagai macam pengobatan herbal untuk beberapa penyakit. Serta dapat membantu mengurangi penurunan berat badan.

Mengandung bahan Epigallocatechin Gallate (EGCG) dengan antioksidan yang tinggi, secara positif memengaruhi kesehatan kulit dengan cara mengonsumsinya, maupun membuatnya menjadi perawatan wajah. Saat ini sudah banyak ditemukan juga produk kecantikan yang terdapat kandungan green tea di dalamnya, salah satunya masker wajah. 

Ketahui manfaat dari green tea pada produk masker wajah sebelum memakainya, dikutip dari Medical News Today.

Segudang khasiat green tea

Mencegah risiko kanker kulit 

Zat antioksidan yang terdapat pada polifenol dan katekin dengan jenis Epigallocatechin Gallate (EGCG) dan Epicatechin Gallate (ECG) yang terkandung dalam daun green tea, secara efektif dapat melawan radikal bebas. Senyawa yang sangat berbahaya bagi kulit, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan risiko penyakit lainnya. EGCG pada green tea bisa mencegah penyakit kanker kulit dengan cara  memperbaiki kerusakan sel tersebut akibat dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Mencegah penuaan

Senyawa EGCG membantu merelelaksasikan sel-sel kulit mati. Zat antioksidan berperan melawan tanda-tanda penuaan dan membuat kulit kusam menjadi semakin cerah. Selain itu, daun green tea memiliki vitamin B-2 mampu menjaga kadar kolagen yang membuat kulit menjadi kencang dan tampak lebih muda.

Mengurangi kemerahan dan iritasi

Berkat kandungan polifenolnya yang tinggi, sifat anti-inflamasi pada green tea dapat digunakan sebagai obat yang efektif untuk membantu meredakan iritasi kulit, biasa disebabkan karena teriknya sinar matahari. Dengan memakai masker green tea, mampu mengurangi kemerahan pada kulit dan pembengkakan wajah.

 

Mengurangi timbulnya jerawat 

Secara garis besar, senyawa katekin EGCG dengan adanya sifat antioksidan dan anti-inflamasi dalam green tea, banyak digunakan dalam menyembuhkan berbagai jenis masalah kulit, tak terkecuali jerawat. Secara signifikan dapat membantu mencegah atau mengobati timbulnya jerawat.  

Mengurangi minyak pada wajah

Cocok untuk orang yang memiliki tipe wajah berminyak, karena senyawa polifenol dapat membantu mencegah kelenjar minyak memproduksi sebum atau minyak. Wajah yang memiliki minyak berlebih dapat memicu sel kulit mati penyumbat pori-pori, sehingga menimbulnya tumbuh jerawat. Maka dari itu, rutin memakai masker green tea secara efektif dapat mengurangi produksi sebum. 

Menghidrasi kulit

Tidak hanya sifat antioksidan dan anti-inflamasi nya saja yang berkhasiat bagi wajah, tetapi juga beberapa vitamin, khususnya vitamin E. Ini adalah bahan umum digunakan karena manfaat hidrasinya yang tinggi. Terlihat pada banyaknya produk pelembap yang menggunakan green tea pada kandungannya.

Efek samping dari green tea

Memang, secara umum green tea memiliki segudang khasiat untuk perawatan kulit wajah, namun perlu diperhatikan juga untuk mereka yang memiliki kulit kering atau sensitif. Walaupun risiko mendapatkan efek sampingnya sangat rendah, tidak ada salahnya untuk mengujinya terlebih dahulu agar tidak menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal-gatal, kulit seperti terbakar, dan memunculkan kemerahan. 

Khususnya untuk seseorang yang memiliki kulit yang rapuh, ada baiknya untuk dites sebelum menggunakan masker dengan kandungan green tea dan konsultasikan kepada dokter kulit, apakah aman atau tidak untuk mengaplikasikan green tea pada wajah.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading