Sukses

Beauty

9 Kebiasaan Sehat yang Bisa Bantu Kamu Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit glowing dan cerah tentu menjadi dambaan bagi semua perempuan dan semua orang, begitu pula dengan memiliki kulit wajah yang awet muda. Namun, untuk menghasilkan wajah yang awet muda kamu harus memperhatikan beberapa hal dan aktivitas atau kebiasaan yang harus kamu lakukan. 

Dilansir dari salmonhealth.com, para ahli setuju dengan tetap awet muda dimulai dari pikiran dan berikut kebiasaan-kebiasaan sehat yang dapat dilakukan supaya tetap awet muda.

Istirahat 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Massachusetts menunjukkan bahwa mediasi membantu mencegah terjadinya perubahan yang berkaitan dengan usia di otak. Kamu dapat mencoba meditasi dengan duduk di tempat yang tenang dengan mata tertutup, merilekskan rahang dan bahu, hubungan dengan alur napas, kosongkan pikiran, dan tetap berada dalam posisi ini selama 20 menit setiap harinya. Bagi yang belum pernah mencoba meditasi, kamu dapat melihat panduan meditasi baik secara online maupun dari buku di perpustakaan setempat. 

Makan lebih banyak lemak sehat

Namun, bukan junk food. Omega-3 merupakan lemak sehat yang dapat membantu menstabilkan suasana hati, menjaga kekuatan tulang, dan mengurangi peradangan pada tubuh yang biasanya ditemukan pada makanan seperti salmon, kenari, dan biji-bijian.

Menurut ahli anti-penuaan terkemuka, Dr. Nicholas Perricone, lemak omega-3 dapat memicu enzim seseorang dalam menarik lemak dari tempat penyimpanan, seperti dari pinggul yang digunakan sebagai energi. Lemak sehat tersebut dapat membuat kamu tetap sehat dan memiliki kulit yang bercahaya. Namun, jika tidak mendapatkan lemak Omega-3 yang cukup, biasanya dokter mungkin akan merekomendasikan suplemen Omega-3 berkualitas tinggi.

Bergerak

Olahraga secara teratur dapat membantu mengencangkan otot, membangun tubuh yang lebih sehat, dan meningkatkan suasana hati. Yoga dan olahraga ringan lainnya, selain berlari, bersepeda, berenang, dan menari. 

Mencoba yoga

Yoga yang merupakan latihan pikiran dan tubuh juga memadukan antara pernapasan dengan gerakan fisik. Latihan lembut tersebut dapat meningkatkan energi, memperbaiki postur tubuh, memberikan kelenturan, dan suasana hati. Napas beroksigen juga dapat menghilangkan racun dalam tubuh, mencegah penyakit, dan membuat kulit bersinar. 

Memakan buah lebih banyak

Buah seperti delima, goji berry, dan blueberry yang kaya akan vitamin C dan E serta antioksidannya dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, mengurangi peradangan sendi, dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Goji berry dipercaya dapat merangsang pelepasan hormon pertumbuhan manusia yang dapat meningkatkan kemampuan tidur, mengurangi lemak, meningkatkan daya ingat, meningkatkan libido, meingkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat kamu terlihat lebih muda.

Mainkan permainan otak

Menurut Journal of American Medical Association, permainan otak seperti teka-teki silang dan sudoku dapat mencegah penurunan kognitif, memperkuat pikiran, dan meningkatkan daya ingat. Namun, selain itu kamu juga dapat mencoba buku kerja permainan otak yang melibatkan angka, urutan, dan permainan kata.

Menghabiskan waktu di luar ruangan

SInar matahari dan udara segar dapat merevitalisasi pikiran dan tubuh. Sinar matahari memicu pelepasan serotonin atau zat kimia di otak yang dapat meningkatkan kualitas tidur, nafsu makan, dan pencernaan. 

Beri apresiasi kepada diri sendiri

Penting bagi kamu untuk menjaga diri sendiri sehingga pentingnya juga untuk memberikan apresiasi terhadap diri sendiri sebagai bentuk terima kasih seperti melakukan pijatan, membeli pakaian baru, menonton film kesukaan, memakan makanan kesukaan, dan hal-hal lainnya yang dapat membuat kamu tersenyum dan membangkitkan semangat serta menyalakan kembali percikan batin kemudaan.

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading