Sukses

Beauty

6 Rangkaian Skincare untuk Mendapatkan Kulit Wajah Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Penampilan yang awet muda tentu menjadi idaman bagi banyak orang. Namun, penuaan adalah hal yang alami dan tak bisa dihindari.

Meski demikian, ada berbagai cara untuk merawat kulit agar tetap terlihat segar dan bersinar, salah satunya dengan rutin memakai produk kecantikan. Dilansir dari Healthline, produk kecantikan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit yang disebabkan oleh faktor-faktor eksternal seperti sinar UV, polusi, debu, dan kotoran. Oleh karena itu, memilih produk kecantikan yang tepat sangatlah penting.

Efektivitas dari produk kecantikan untuk awet muda juga tergantung pada jenis produk yang digunakan dan bagaimana produk tersebut diaplikasikan. Berikut ini beberapa produk perawatan kulit yang wajib kamu punya untuk mendapatkan kulit yang awet muda.

1. Serum Vitamin C

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, serum vitamin C adalah produk perawatan kulit yang membantu mencerahkan dan mengencangkan kulit. Serum ini mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan sinar UV.

Selain itu, serum vitamin C juga dapat membantu mengurangi noda hitam dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga awet muda. Kamu bisa menggunakan serum vitamin C setiap hari setelah membersihkan wajah atau sebelum menggunakan pelembap.

Pentingnya menggunakan pelembab yang mengandung SPF

2. Pelembap dengan SPF

Pelembap yang mengandung SPF sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UV. Sinar UV adalah salah satu penyebab utama kerusakan pada kulit, seperti kerutan, noda hitam, dan kulit kusam.

Dengan menggunakan pelembap yang mengandung SPF, dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV sepanjang hari. Kamu bisa memilih produk pelembap dengan kandungan SPF 30 atau lebih tinggi. 

3. Retinol

Retinol adalah produk perawatan kulit yang efektif mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit. Retinol bekerja dengan merangsang produksi kolagen dan meningkatkan regenerasi sel-sel kulit.

Kamu bisa menggunakan produk retinol setiap malam hari setelah membersihkan wajah. Namun, perlu diingat bahwa produk retinol mungkin bisa membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari, sehingga kamu wajib menggunakan pelembap yang mengandung SPF.

4. Peptide Cream

Peptide Cream adalah produk perawatan kulit yang efektif membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit. Peptide cream dipercaya dapat mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit. Kamu bisa menggunakan peptide cream pada pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah.

Menjaga elastisitas kulit dengan face oil

5. Face Oil

Dilansir dari Mayo Clinic, face oil adalah produk perawatan kulit yang membantu menjaga kelembaban kulit dan meningkatkan kilau alami pada kulit. Face Oil mengandung bahan-bahan alami yang membantu memperbaiki dan menghidrasi kulit. Kamu bisa menggunakan face oil setiap hari setelah menggunakan pelembab.

6. Gunakan Eye Cream

Area di sekitar mata adalah area yang paling sensitif dan paling cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu, menggunakan eye cream secara rutin dapat menjaga area di sekitar mata tetap awet muda. Kamu bisa memilih eye cream yang mengandung bahan-bahan yang bisa membantu mengurangi kerutan, lingkaran hitam, dan kantung mata.

Itulah beberapa produk perawatan kulit yang dapat membantumu mendapatkan kulit yang awet muda. Namun, sebelum menggunakan produk apapun, pastikan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit.

Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan terlebih dahulu agar tidak salah memakai produk kecantikan. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan wajah sebelum menggunakan produk perawatan kulit, serta gunakan produk dengan konsisten untuk hasil yang maksimal.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading