Sukses

Beauty

8 Tips Hemat Belanja Makeup Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Makeup merupakan salah satu kebutuhan yang tak bisa dipisahkan bagi sebagian besar wanita. Makeup sendiri bukan hanya sekadar menjadi alat untuk mempercantik penampilan, tetapi juga memiliki peran penting dalam kehidupan wanita sehari-hari. 

Namun, seringkali budget untuk belanja makeup bisa membebani keuangan. Hal ini dikarenakan perlatan makeup yang berkualitas relatif mahal.

Oleh karena itu, diperlukan tips belanja makeup hemat agar bisa membantumu tetap membeli produk kecantikan yang diinginkan tetapi tidak membebani keuangan. Berikut ini adalah beberapa tips hemat belanja makeup yang dapat kamu coba:

1. Buatlah daftar belanja

Dilansir dari Insider, sebelum memulai perjalanan belanja makeup, sebaiknya buatlah daftar belanja terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kamu dapat lebih fokus membeli barang makeup yang dibutuhkan dan menghindari godaan untuk membeli produk yang tidak diperlukan. Pastikan juga kamu mengecek terlebih dahulu produk makeup yang masih ada di rumah dan cek apa saja yang sudah habis atau tidak layak dipakai.

2. Cari tahu harga produk

Sebelum membeli produk makeup, sebaiknya mencari tahu harga produk terlebih dahulu di beberapa toko yang berbeda. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Ada beberapa situs belanja online seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada yang sering memberikan diskon besar-besaran pada produk makeup. Dengan memanfaatkan promo-promo tersebut, kamu bisa membeli produk makeup dengan harga yang lebih murah.

Pentingnya mencari tahu ulasan produk makeup sebelum membeli

3. Beli produk yang multifungsi

Membeli produk makeup yang multifungsi dapat menjadi salah satu cara efektif untuk efisiensi budget belanja. Salah satu produk makeup yang multifungsi adalah BB cream. Dilansir dari Allure, BB Cream bisa digunakan sebagai alas bedak, pelembap, sekaligus menjadi tabir surya. Dengan membeli produk yang multifungsi, kamu tidak perlu membeli banyak produk sekaligus bisa menghemat pengeluaran, lho.

4. Cari tahu ulasan produk

Sebelum membeli produk makeup, pastikan untuk mencari tahu ulasan produk makeup terlebih dahulu sebelum membelinya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman orang lain yang telah menggunakan produk tersebut, serta menjadi pertimbangan apakah produk tersebut cocok untuk kamu atau tidak. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mencari ulasan di situs belanja online atau forum kecantikan yang membahas produk makeup yang kamu inginkan.

5. Manfaatkan sampel produk

Beberapa toko kecantikan biasanya memberikan sampel produk makeup yang dapat digunakan secara gratis. Dengan memanfaatkan sampel produk tersebut, kamu bisa memastikan apakah produk tersebut cocok dengan kulitmu atau tidak. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari pembelian produk yang tidak sesuai sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Memilih brand lokal menjadi salah satu tips untuk menghemat belanja produk makeup

6. Pilih brand lokal

Dilansir dari Harper's Bazaar, makeup brand lokal biasanya memiliki harga yang relatif terjangkau dibandingkan brand makeup internasional. Jangan ragu untuk mencoba membeli produk brand lokal, sebab brand lokal juga sudah terbukti kualitasnya.

7. Jangan tergiur dengan packaging

Seringkali packaging yang menarik bisa membuat kita tergoda untuk membeli produk makeup yang sebenarnya tidak diperlukan. Sebaiknya, fokus pada kualitas dan manfaat produk makeup yang akan dibeli, dan jangan tergiur hanya dengan kemasan yang menarik.

8. Gunakan momen promo

Beberapa toko kecantikan bekerja sama dengan beberapa perusahaan tertentu yang sering kali memberikan promo khusus. Selain itu, informasi terkait promo juga sering diinfokan melalui media sosial agar diketahui oleh khalayak luas. Kamu bisa memanfaatkan momen promo tersebut untuk mendapatkan keuntungan mulai dari potongan harga atau cashback saat berbelanja makeup.

Demikianlah beberapa tips hemat ketika belanja makeup yang bisa kamu coba. Dengan mengikuti tips ini, kamu juga bisa membeli produk makeup yang diinginkan dengan harga yang lebih terjangkau, lho. Selamat berbelanja!

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading