Sukses

Beauty

Tips & Trik Memakai Contour Wajah dengan Tepat untuk Tampil Lebih Memesona

Fimela.com, Jakarta Contouring adalah teknik makeup yang populer untuk membentuk wajah dan memberikan dimensi bayangan yang lebih tajam pada fitur wajah. Conturing juga memberikan efek pipi yang lebih tirus dan rahang yang lebih tegas.

Biasanya contouring wajah dilakukan setelah melewati tahap dasar riasan seperti memakai concealer, foundation,  dan menata alis. Setelah tahap dasar riasan selesai, maka langkah selanjutnya adalah memakai contour pada wajah.

Dilansir dari Allure, pada dasarnya teknik contouring melibatkan penggunaan bronzer atau produk makeup dengan warna lebih gelap untuk membuat bayangan di area tertentu pada wajah sehingga wajah terlihat lebih tirus dan tajam. Selain bronzer, contouring wajah juga dapat dilakukan dengan menggunakan foundation atau concealer dengan warna lebih gelap dari warna kulit.

Teknik counturing ini mungkin terlihat sulit bagi pemula, akan tetapi dengan melakukan tips berikut sebagai latihan, siapa saja bisa menguasai teknik ini dengan mudah. 

Berikut ini adalah tips cara memakai contour wajah yang tepat.

1. Pilih warna contour yang sesuai

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memakai contour adalah memilih warna gelap yang tidak terlalu jauh dengan warna kulit.

Pentingnya memilih warna contour yang tepat

Sebaiknya hindari memilih contour yang berwarna terlalu gelap, karena akan membuat wajah terlihat kusam. Untuk mengetahui warna yang tepat, cobalah untuk mencocokkan warna contour dengan warna kulit pada bagian leher atau pergelangan tangan.

2. Gunakan kuas contour yang tepat

Selain warna, pemilihan kuas contour yang tepat juga sangat penting. Kamu bisa memilih kuas dengan bentuk yang cekung atau pipih agar lebih mudah membentuk bayangan pada wajah. Beberapa contoh kuas contour yang populer adalah kuas sudut, kuas pipih, atau kuas cekung.

3. Mulailah dengan dasar makeup

Dilansir dari Vogue, sebelum memakai contour, pastikan sudah mengaplikasikan dasar makeup seperti foundation dan concealer. Hal ini akan membantu membuat kulit lebih halus dan merata sehingga contour akan terlihat lebih natural pada wajah.

4. Tentukan area yang akan di contour

Sebelum mulai memakai contour, tentukan area yang akan di contour terlebih dahulu. Beberapa area yang biasa di-contour adalah tulang pipi, hidung, dagu, rahang, dan dahi.

Perhatikan teknik memakai contour agar tidak salah

5. Buat bayangan dengan gerakan melingkar

Untuk membuat bayangan yang natural, kamu bisa menggunakan contour dengan teknik gerakan melingkar. Pastikan tidak ada garis yang terlalu tegas dan bayangan terlihat merata.

6. Blend contour dengan foundation

Setelah selesai memakai contour, pastikan kamu mem-blend contour dengan foundation agar terlihat natural. Gunakan kuas foundation dan aplikasikan dengan gerakan melingkar pada area yang telah di-contour. Hal tersebut akan membantu menyatukan bayangan dan memberikan tampilan yang lebih halus.

7. Gunakan highlighter untuk memberikan dimensi pada wajah

Setelah selesai memakai contour, gunakan highlighter untuk memberikan dimensi pada wajah. Aplikasikan highlighter pada tulang pipi, dahi, hidung, dan dagu untuk memberikan efek glowing pada wajah.

Demikian tips cara memakai contour wajah yang tepat. Teknik contouring membutuhkan latihan secara rutin agar bisa dikuasai dengan baik.

 

*Penulis: Amelia Septika.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading