Sukses

Beauty

5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Kemerahan di Wajah

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami wajah kemerahan? Wajah yang kemerahan ini bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya karena terlalu lama di bawah sinar matahari. Bagi pemilik kulit sensitif, terlalu lama terpapar sinar matahari bisa membuat wajah jadi kemerahan.

Tidak hanya itu saja, kondisi lainnya juga bisa membuat kulit kemerahan. Contohnya dermatitis atopik atau biasa disebut dengan eksim. Eksim membuat kulit wajah menjadi ruam merah yang terasa gatal serta perih ketika disentuh. Infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri, kuman atau jamur juga bisa membuat wajah jadi kemerahan.

Apapun penyebabnya, ruam kemerahan pada wajah pasti terasa tidak nyaman. Terkadang juga disertai rasa nyeri atau perih ketika disentuh. Nah kamu bisa mengatasi ruam kemerahan pada wajah yang terasa perih dengan beberapa bahan alami berikut ini.

1. Lidah Buaya

Gel lidah buaya punya banyak manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan kulit. Salah satunya adalah untuk menenangkan kulit yang kemerahan. Selain menenangkan, gel lidah buaya juga terasa dingin dan menyegarkan yang membuat kulit jadi lebih rileks.

Cara menggunakannya cukup mudah. Cukup oleskan gel lidah buaya ke kulit yang kemerahan. Kamu bisa diamkan atau membilasnya dengan air setelah didiamkan beberapa menit.

2. Es Batu

Es batu adalah pertolongan pertama untuk mengatasi kemerahan yang muncul di wajah. Ketika muncul kemerahan di wajah, yang pertama kali kamu rasakan mungkin wajah terasa perih. Es batu bisa digunakan untuk menenangkan rasa perih akibat kemerahan tersebut.

3. Timun

Selain gel lidah buaya dan es batu, bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk meredakan kemerahan di wajah adalah timun. Timun mengandung berbagai vitamin dan mineral yang berfungsi untuk mencerahkan wajah yang kemerahan.

Selain itu, timun mampu memberikan rasa tenang pada kulit yang iritasi dan kemerahan.

4. Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan pada wajah. Teh hijau juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kulit dari paparan sinar UV, yang menjadi faktor umum penyebab kemerahan pada kulit wajah.

5. Madu Manuka

Menurut penelitian, menggunakan madu manuka dapat memiliki banyak manfaat penyembuhan kulit. Madu manuka memiliki sifat antiinflamasi sehingga berpotensi mengurangi kemerahan.

Sifatnya yang menenangkan dan menyembuhkan kemungkinan berasal dari sifat antimikroba dan antioksidan madu manuka. Cara ini juga bisa membantu mengatur sistem kekebalan kulit dan meningkatkan perbaikan jaringan.

Itulah 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan kulit yang iritasi dan kemerahan. Mana yang sudah kamu coba?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading