Sukses

Beauty

4 Tips Mudah Mengatasi Masalah Breakout pada Wajah dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah

Fimela.com, Jakarta Breakout atau jerawat adalah masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang, terutama remaja dan wanita dewasa. Biasanya, breakout dapat terjadi pada area wajah dan membuat kulit terlihat kusam dan tidak sehat sehingga menurunkan rasa percaya diri.

Dilansir dari Healthline, breakout dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti perubahan hormon, stres, pola makan yang tidak sehat, dan penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit. Meskipun ada banyak produk perawatan kulit yang mampu mengatasi breakout dan dijual dipasaran, namun produk tersebut tidak semua cocok untuk semua jenis kulit.

Oleh karena itu, mengatasi breakout dengan bahan alami bisa menjadi alternatif yang lebih efektif. Berikut ini adalah tips mengatasi breakout dengan bahan alami.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang paling sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit, termasuk breakout. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan kulit. Selain itu, lidah buaya juga mengandung asam salisilat yang membantu mengelupas sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan breakout.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai perawatan kulit, kamu bisa memotong seutas lidah buaya dan mengambil gelnya. Kemudian, oleskan gel lidah buaya tersebut ke permukaan wajah dan biarkan selama 10-15 menit.

Setelah didiamkan selama 10- 15 menit, segeralah bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

Tak hanya menghidrasi kulit, ternyata madu bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi masalah breakout

2. Madu

Dilansir dari Medical News Today, madu merupakan bahan alami yang efektif membantu mengatasi masalah breakout. Hal ini dikarenakan madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu membunuh bakteri penyebab breakout dan mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, madu juga efektif menghidrasi sekaligus membantu menjaga kelembaban kulit.

Untuk menggunakan madu sebagai perawatan kulit, kamu bisa mencampurkan 1-2 sendok makan madu dengan sedikit air hangat. Kemudian, oleskan campuran madu tersebut ke permukaan wajah dan biarkan selama 15-20 menit.

Setelah didiamkan selama 15 - 20 menit segeralah bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

3. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree merupakan minyak esensial yang berasal dari daun pohon teh. Minyak ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi breakout. Selain itu, minyak tea tree juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit yang dapat menyebabkan breakout.

Untuk menggunakan minyak tea tree sebagai perawatan kulit, kamu bisa mencampurkan 2-3 tetes minyak tea tree dengan 1 sendok makan minyak kelapa atau minyak almond. Kemudian, oleskan campuran minyak tersebut ke  permukaan wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setalh didiamkan selama 10 - 15 menit segeralah bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, gunakan campuran ini sebanyak 1-2 kali seminggu.

Lemon efektif mengatasi masalah breakout

4. Lemon

Dilansir dari Byrdie, lemon merupakan bahan alami yang kaya akan vitamin C dan memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi breakout. Selain itu, vitamin C pada lemon juga dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen, yang dapat membantu mengurangi bekas jerawat dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

Untuk mengatasi masalah breakout pada wajah, kamu dapat memeras jeruk lemon dan mengoleskan jusnya pada area kulit berjerawat. Biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara teratur 1-2 kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan lemon pada kulit yang sensitif dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan lemon pada wajah. 

Demikian 4 tips mudah mengatasi masalah breakout pada wajah dengan menggunakan bahan alami yang mudah dilakukan di rumah. Namun perlu diingat, selain mengatasi masalah breakout pada wajah dengan menggunakan bahan alami, pastikan juga untuk menjaga pola makan yang sehat, menghindari stres, dan membersihkan wajah secara teratur untuk mencegah munculnya jerawat.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading