Sukses

Beauty

5 Makanan yang Membuat Kulit Awet Muda dan Sehat, Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi adalah hal penting. Bila pola dan bahan makanan tidak diperhatikan, maka dapat merusak metabolisme, merusak organ, kenaikan berat badan, hingga kulit tidak sehat. Jerawat, kulit kering, hingga ruam adalah masalah kulit yang umum dialami. Bukan hanya karena faktor eksternal, namun juga faktor internal. Orang yang mengonsumsi makanan sembarangan akan lebih cepat mengalami penuaan dini dan kerutan.

Maka dari itu penting untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit dari luar dan dalam, misalnya melalui makanan. Melansir dari Health Line beberapa makanan dapat menghasilkan kulit awet muda yang sehat. Simak penjelasan di bawah ini.

1. Semangka

Semangka adalah buah yang banyak memiliki kandungan air. Konsentrasi air yang tinggi dapat mengurangi pembengkakan disekitar mata yang mengganggu penampilan. Selain itu, buah segar ini dikenal sebagai buah yang rendah gula. Makanan rendah gula sangat aman dikonsumsi dalam jumlah banyak karena tak perlu khawatir reaksi kimia yang menyebabkan garis halus pada wajah.

2. Tomat

Tomat yang kaya akan antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Dermatologi mengatakan karotenoid yang terkandung dalam tomat sangat baik untuk menunjang kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi tomat akan membuat kulit halus, sehat, dan lembap.

3. Kedelai

Kacang kedelai mengandung isoflavon yang bermanfaat untuk kulit. Penelitian menunjukkan perempuan paruh baya yang rutin mengonsumsi kacang kedelai mengalami pengurangan kerutan pada wajah dan memiliki kulit lebih halus dan lembap. Kedelai dapat dikonsumsi secara utuh dengan cara direbus, dikukus, atau diolah menjadi susu. Tak hanya untuk kecantikan, nyatanya kedelai mampu menurunkan risiko kanker kulit.

4. Alpukat

Lemak sehat pada alpukat dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, vitamin E pada alpukat sebagai antioksidan penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari seperti flek hitam, belang, atau kerutan. Tambahkan alpukat pada menu sarapan setiap hari akan membuatmu mendapat kulit sehat, lembap, dan kencang.

5. Ikan Sarden

Ikan sarden yang kaya akan asam lemak omega 3 mampu membantu kulit terhindar dari jerawat atau menyembuhkannya. Kandungan ini bekerja dengan mengatur komponen penyebab stres yang memicu jerawat. Tak hanya untuk kesehatan dan kecantikan kulit, ikan sarden juga baik untuk kesehatan jantung.

Untuk mendapat kulit sehat dan indah iringi perawatan dari luar dan dalam. Jangan lupa untuk olahraga rutin dan menjaga kebersihan kulit.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading