Sukses

Beauty

Tidak Sulit Dilakukan, Begini Cara Menggunakan Eyeshadow ala Orang Korea

Fimela.com, Jakarta Seiring pergantian tahun, semakin banyak tren-tren makeup yang naik ke permukaan, salah satunya Korean makeup. Walaupun sudah populer sejak lama, Korean makeup kian semakin diminati oleh banyak orang dengan ciri khas tampilannya yang natural, berkilau, dan mudah diaplikasikan. Inspirasi tampilan tren Korean makeup sebagian besar berasal dari idol-idol girlgroup Korea seperti Twice atau Itzy yang kini sangat digemari oleh penjuru dunia.

Saat tampil di panggung, para anggota idol tersebut mengenakan pakaian yang senada satu sama lain dengan tampilan makeup yang berbeda-beda. Ciri khas makeup mereka terletak pada penggunaan eyeshadow yang sebagian besar selalu menggunakan glitter eyeshadow dan dilengkapi dengan winged eyeliner serta blush on yang tampak membuat pipi terlihat merona.

Produk yang mereka gunakan pun terasa ringan, nyaman, dan terlihat minimalis, berbeda dengan tren arabian makeup atau western makeup yang cenderung menggunakan eyeshadow yang lebih tebal. Di tahun 2023 ini, tren makeup pun semakin natural, mengikuti gestur muka yang berbeda tiap-tiap orang dan lebih mengutamakan rasa kenyamanan di wajah. Ini yang menjadikan Korean makeup sangat diminati oleh semua orang.

Meskipun terlihat tricky, teknik pengaplikasian eyeshadownya pun tidak sulit, semakin banyak latihan akan semakin mudah pula memadukan warna-warna eyeshadownya. Bagi sahabat Fimela yang masih pemula dalam dunia makeup, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk cara mendapatkan eyeshadow bak grup idola wanita K-pop.

1. Memilih warna dasar untuk meratakan warna kulit

Seperti namanya, tren natural Korean makeup ini adalah tentang bagaimana cara membuat mata terlihat lebih cerah dan muda. Kebanyakan orang Korea lebih suka membuat riasan mata mereka terlihat natural dengan menggunakan warna-warna eyeshadow yang terang dan hampir mirip dengan warna kelopak mata. Aplikasikan eyeshadow warna-warna netral seperti coklat muda di seluruh kelopak mata dan sekitar bawah mata untuk menjadi dasar yang rata sebelum meletakkan warna berikutnya. 

2. Mata berkilau adalah kunci!

Glitter adalah kunci untuk mendapatkan tampilan Korean makeup. Biasanya dalam satu produk eyeshadow disediakan beberapa warna cerah dengan sedikit glitter untuk memberikan kilauan pada mata. Setelah meletakkan warna dasar, pilihlah warna yang lebih terang yang memiliki glitter dan cukup aplikasikan di bagian tengah kelopak mata saja. Cara ini akan membuat matamu lebih terbuka dan memberi kesan bersinar. 

3. Padukan dengan warna lebih gelap

Sebagian besar bentuk mata orang Asia cenderung lebih kecil dan sipit. Cara membuatnya agar tampak lebih terbuka dan memberikan kesan lebih dalam adalah dengan menggunakan warna bayangan maya yang lebih gelap.Gunakan warna eyeshadow yang gelap, seperti coklat gelap lalu aplikasikan di sudut luar kelopak mata mengikuti bentuk segitiga yang mengarah ke luar. Kemudian ulangi cara tersebut di sudut dalam kelopak mata, namun cukup sedikit saja tidak sampai terlihat gelap. Jangan lupa untuk selalu membaurkan warna eyeshadownya menggunakan brush dengan lembut, sehingga tidak akan menghasilkan garis tidak rata di sudut mata. 

4. Lengkapi dengan membuat ‘Aegyo Sal’

Tren di Korea saat ini adalah menonjolkan aegyo sal, atau dikenal sebagai kantong mata untuk memberikan kesan lucu pada tampilan makeup. Sangat populer di kalangan remaja-remaja Korea karena Aegyo Sal akan memberikan mereka terlihat selalu tersenyum manis. Cara membuatnya adalah dengan menggunakan eyeshadow warna coklat untuk membuat garis membentuk melengkung mengikuti kantong mata, kemudian letakkan eyeshadow warna terang hampir putih sebagai isi dari lengkungan tersebut. Baurkan kedua eyeshadow tersebut agar tidak terlihat garis keras.

5. Gunakan eyeliner untuk mendapatkan tampilan puppy eye

Selain tren aegyo sal, ada juga tampilan puppy eye. Cara mendapatkannya adalah dengan menggunakan eyeliner, tarik garis eyeliner miring ke bawah dan sedikit memanjang mengikuti bentuk mata. Kebanyakan orang Korea lebih memilih untuk menggunakan eyeliner pensil dibandingkan eyeliner cair karena eyeliner pensil memberikan hasil yang lebih natural. 

6. Jangan lupakan maskara

Langkah terakhir adalah meggunakan maskara untuk membuat bulu mata terlihat lentik. Sebelum menggunakan maskara jangan lupa untuk selalu menjepitnya terlebih dahulu dengan penjepit bulu mata. Pilih maskara yang bisa memberikan efek bervolume, panjang, dan lentik. Aplikasikan di bulu mata atas dan bawah.

 

*Penulis: Balqis Dhia

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading