Sukses

Beauty

Penyebab Kulit Kasar dan Kering yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Ada tiga tipe kulit, yaitu normal, kering dan berminyak. Ketiga tipe kulit tersebut bisa dilihat dari banyaknya minyak yang ada di wajah. Kulit berminyak tentunya memiliki kandungan paling banyak di antara tipe kulit yang lain. Sebaliknya, kulit kering punya sedikit sekali minyak atau bahkan tidak ada sama sekali. Sementara tipe kulit normal kandungan minyaknya cukup, tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit.

Pada tipe kulit kering, karena kandungan minyak di wajah hanya sedikit, maka ada beberapa permasalahan yang cukup sering dihadapi. Misalnya, pada kulit wajah yang lebih kering biasanya akan terasa kasar bila terlalu kering. Namun apasih yang menyebabkan kulit jadi terasa kering dan kasar?

Simak penjelasan mengenai penyebab kulit kasar dan kering berikut ini.

1. Iritasi Kulit

Penyebab kulit kering yang pertama adalah iritasi pada kulit. Pemicunya bisa beragam, mulai dari paparan debu dan polusi, antiseptik pada sabun mandi, alkohol pada parfum, hingga deterjen pada sabun cuci.

Terutama alkohol, deterjen, dan antiseptik, ketiga bahan kimia ini juga dapat mengurangi produksi sebum atau minyak alami yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Terlalu Sering Menggosok Kulit

Terlalu sering menggosok kulit dengan spons atau scrub saat mandi atau terlalu kencang menggosok badan dengan handuk setelahnya juga dapat menyebabkan kulit kering. Pasalnya, ketika digosok terlalu sering dan kencang, kelembapan di permukaan kulit akan berkurang.

Guna mencegah kulit kering, cobalah untuk tidak terlalu sering menggosok kulit dan keringkan tubuh secara lembut dengan handuk setelah mandi.

3. Faktor Usia

Saat usia semakin tua, kulit seseorang akan menjadi lebih tipis sehingga mudah menjadi kering. Hal ini bisa terjadi akibat berkurangnya kolagen dan sebum pada kulit.

4. Efek Samping Obat

Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menimbulkan efek samping berupa kulit kering. Contohnya adalah obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid seperti isotretinoin, dan obat-obatan kemoterapi.

5. Kondisi Kesehatan Tertentu

Ada banyak penyakit atau kondisi medis yang bisa menyebabkan seseorang memiliki kulit yang kering, bersisik, dan kemerahan, misalnya dermatitis atopik, eksim, atau psoriasis. Penyakit tersebut juga bisa membuat kulit terasa gatal. Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan oleh penyakit ginjal, iktiosis, kelainan tiroid, kurang gizi, dan diabetes.

6. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca juga berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara. Makin rendah kelembapan udara, biasanya terjadi jika suhu dingin, kulit makin terasa kering.

7. Mandi Air Panas Terlalu Sering

Mandi air panas dan sauna memang bisa membuat tubuh lebih rileks. Namun, jika terlalu sering dilakukan atau terlalu lama, kebiasaan ini justru bisa membuat kulit menjadi kering. Ini karena suhu panas bisa mengurangi kelembapan alami kulit. Tak hanya mandi air panas dan sauna, terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari juga bisa menyebabkan kulit kering.

Itulah beberapa penyebab kulit kasar dan kering yang kamu alami. Untuk mengatasinya, sebaiknya hindari beberapa penyebab yang bisa kamu hindari serta jangan lupa untuk rutin mengaplikasikan pelembab yang occlusive (mengunci kelembapan) pada bagian yang kering.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading