Sukses

Beauty

Kulitmu Kering karena Dehidrasi? Ikuti Tips ini untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu tahu kalau kulit dehidrasi dan kulit kering itu berbeda? Banyak yang menganggap bahwa kedua masalah tersebut sama, namun nyatanya adalah berbeda. Memang keduanya memiliki tanda dan gejala yang sama, tetapi penyebabnya kurang lebih berbeda. Kulit kering diidentifikasikan sebagai jenis kulit dan cenderung melalui genetika.

Sedangkan kulit dehidrasi disebabkan oleh faktor eksternal, seperti cuaca, pola makan yang tidak sehat, dan gaya hidup sehari-hari. Faktor ini bisa menghabiskan kadar cairan pada kulit, sehingga menghasilkan kulit yang kering dan kusam. Singkatnya, kulit kering umumnya kekurangan minyak alami atau sebum, dan kulit dehidrasi kekurangan air pada kulit. 

Siapa saja bisa mengalami kulit dehidrasi, dan sifatnya cenderung sementara. Sekilas mirip dengan kulit kering, penderita kulit dehidrasi biasanya mengalami gejala-gejala seperti wajah terasa gatal, terlihat kusam, muncul lingkaran hitam di bawah mata, dan garis halus serta kerutan. Selain itu, kulit dehidrasi juga menyebabkan mulut dan bibir menjadi kering. Tak seperti kulit kering, kulit dehidrasi bisa diobati dengan beberapa cara, seperti perubahan gaya hidup, pola makan yang sehat, hingga waktu istirahat. Dibawah ini beberapa tips untuk mengatasi kulit dehidrasi. 

Minum air yang cukup

Penyebab utama dari kulit dehidrasi adalah kurangnya asupan air di dalam tubuh. Maka dari itu, hal ini yang membuat mengapa penting sekali untuk selalu minum air putih, sebab sebagian besar tubuh kita diisi oleh air, termasuk kulit. Disarankan untuk meminum air minimal 2 liter atau setara dengan 8 hingga 10 gelas per hari. Meminum air putih dengan cukup, kulit akan terhidrasi sepanjang hari.

Makanan omega-3

Asam lemak seperti omega-3 tak jenuh mampu membantu mengatasi dehidrasi pada kulit yang kekurangan cairan. Omega-3 membuat kulit lebih lembap dan mencegah rasa gatal dan meningkatkan hidrasi kulit. Salah satu makanan dengan omega-3 adalah alpukat. Buah ini tak hanya menghidrasi kulit saja, tetapi juga mengandung sifat anti-penuaan, meningkatkan produksi kolagen, serta memperbaiki sel-sel kulit sehingga kulit terasa kenyal dan lembut. 

Memperbanyak makan buah dan sayuran

Makanan bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi kulit dari kekeringan. Buah dan sayuran memiliki segudang manfaat untuk tubuh, termasuk kesehatan kulit. Terutama buah dan sayuran yang memiliki betakaroten yang tinggi, seperti vitamin A dan C. Kedua vitamin tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang efektif mencegah kekeringan dan penuaan kulit. Beberapa contoh makanan dengan vitamin A atau C yaitu, Ubi, paprika merah, wortel, dan kiwi.

 

Tidur yang cukup

Kondisi lelah bisa menjadi penyebab utama kulit dehidrasi. Saat tidur, tubuh akan memperbaiki sel-sel dan meregenerasi kulit. Kebiasaan tidur larut malam bisa memunculkan gejala-gejala kelelahan, seperti kulit kusam, lingkaran hitam, kulit menjadi sensitif ataupun garis-garis halus. Cara mengatasi kulit dehidrasi karena kelelahan yaitu dengan memperbaiki siklus tidur yang cukup, minimal 7 sampai 9 jam per hari. Dampingi dengan pola makan yang sehat serta olahraga yang teratur untuk pengobatan yang optimal. 

Menggunakan produk khusus kulit dehidrasi

Disamping pola makan yang sehat, tidur yang cukup, dan beberapa perubahan gaya hidup, penggunaan produk skincare yang baik juga sangat berpengaruh untuk mengatasi kulit dehidrasi. Rangkaian produk seperti moisturizer, serum, dan essence toner bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mengurangi kulit dehidrasi. Pilihlah produk yang mengandung hyaluronic acid dan ekstrak calendula. Salah satunya dari rangkaian produk YOU HydraRescue.

HydraRescue siap untuk mengatasi kulit dehidrasi

YOU Beauty, salah satu brand kecantikan lokal yang mengeluarkan rangkaian untuk mengatasi masalah kulit dehidrasi, diberi nama HydraRescue. Rangkaian produk terdiri dari HydraRescue Glacier Water Essence, HydraRescue 6X Prebiotics Skin Serum, dan HydraRescue B5 Gel Moisturizer. Diformulasikan khusus menggunakan 9D Hyaluronic Acid dan Calendula Extract guna menjaga kelembapan kulit, membuat kulit tetap terhidrasi, serta menenangkan kulit.

Kandungan 9D Hyaluronic Acid mampu menyerap hingga ke lapisan bawah kulit untuk mengisi kembali air dan mempertahankan kelembapan kulit, agar kulit lebih kencang. 9D Hyaluronic Acid merupakan teknologi baru yang sesuai dengan komitmen YOU untuk terus menghadirkan produk-produk kecantikan yang inovatif dengan didukung dengan teknologi terkini dan bahan alami untuk kecantikan yang dapat dirasakan lebih lama. 

Dengan konsep "Long-lasting Beauty", YOU Beauty selalu bertekad untuk berinovasi dalam memberikan produk berteknologi inovatif yang menyerap kebaikan alam. Terbukti secara klinis seluruh produk YOU Beauty bahwa 100% tidak berbahaya, cruelty free, dan balanced water and oil level.

Rangkaian produk HydraRescue dibandrol mulai dari Rp89.000  dan tersedia di  toko kecantikan terdekat serta YOU Official Store di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Tiktok Store.

  

*Penulis: Balqis Dhia

 

 

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading