Sukses

Beauty

Mengenal Toner Lebih Dalam, Apa Fungsinya?

Fimela.com, Jakarta Toner menjadi bagian dari rangkaian perawatan wajah yang digunakan baik di pagi hari dan malam hari. Menggunakan toner adalah langkah penting untuk menghasilkan wajah yang bersih dan berkilau.Toner digunakan sesaat setelah membersihkan wajah dengan face wash dan sebelum menggunakan pelembab. Fungsi utama dari toner adalah untuk membersihkan sisa-sisa terakhir dari kotoran, makeup dan debu yang menempel di pori-pori setelah mencuci muka. Bila digunakan secara rutin dan teratur, ini akan memberikan efek positif pada produktivitas dan kekencangan pori-pori wajah. 

Kapan waktu terbaik untuk menggunakan toner? Sesuai dengan fungsinya, toner digunakan untuk melakukan pembersihan dari sisa-sisa kotoran yang menempel di wajah. Maka dari itu, waktu yang tepat untuk menggunakan toner adalah di pagi hari dan malam hari. Khususnya di malam hari setelah beraktivitas seharian di dalam ruangan maupun luar ruangan. Pada malam hari, kulit akan mengalami proses pembaharuan dan memproduksi kolagen, protein yang memainkan peran penting untuk memperkuat kulit.

Tidak hanya membantu kulit tetap halus, tetapi juga toner akan menjaga kulit agar tampak awet muda. Oleh karena itu, menggunakannya sebelum tidur sangatlah penting, tentu dilengkapi dengan rangkaian perawatan wajah lainnya, seperti pelembab, serum, dan face oil untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Mengapa penting menggunakan toner?

Pada dasarnya, fungsi utama toner memang  untuk pembersihan, namun kandungan-kandungan di dalamnya juga bekerja untuk memperbaiki tekstur kulit hingga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Secara bersamaan, toner bekerja sebagai pembersihan sekaligus menyeimbangkan pH kulit. Mereka juga akan memberikan kelembapan pada kulit sebelum tidur, ini akan mencegah kulit dari kekeringan, pecah-pecah, dan tampil lebih segar dan berkilau saat bangun di pagi hari.

Memilih toner yang cocok dengan jenis kulit

Jenis-jenis dari toner sendiri sangatlah bervariasi, kandungan di dalamnya pun menyesuaikan permasalahan kulit, dimulai dari masalah kulit berjerawat, garis-garis halus, kerutan, kulit kering, sampai minyak berlebih. Namun, tidak semua orang akan cocok dengan satu produk toner yang sama, ini harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. 

Sebelum memilih toner, ketahui jenis kulit dan permasalahan yang ingin diatasi terlebih dahulu. Tahap ini sangat penting untuk diperhatikan, jika memilih toner yang salah, bukannya akan membuat wajahmu sehat dan bersih melainkan akan membuat iritasi dan memperburuk kondisi kulit. Perhatikan bahan-bahan dalam toner, pilih toner yang mengandung bahan yang menenangkan kulit, seperti niacinamide, antioksidan, vitamin, dan centella asiatica. Bagi yang memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat, bisa memilih toner dengan kandungan AHA dan tea tree didalamnya. Hindari toner yang mengandung alkohol didalamnya.

Tahapan menggunakan toner

Saat malam hari, tepatnya sebelum tidur merupakan waktu yang tepat untuk menggunakan rangkaian perawatan wajah, termasuk toner. Setelah membersihkan wajah dengan facial wash, langkah selanjutnya adalah toner. Ada dua cara untuk mengaplikasikan toner, bisa dengan kapas atau tangan yang sudah dicuci bersih. Oleskan toner pada kapas untuk membantu menghilangkan kotoran yang tersisa, ini adalah cara yang paling umum. Jika kulit cenderung kering dan kurang hidrasi, mengaplikasikannya dengan jari adalah cara yang tepat. Ini karena produk tidak akan menyerap ke tangan dan bisa menyerap di wajah dengan maksimal. Pastikan saat mengoleskannya dengan lembut dan di sebar ke seluruh muka. Hindari menggosok dan menariknya dengan kasar, terutama di area sekitar mata karena bisa menyebabkan luka dan iritasi.

Perawatan setelahnya

Bagi yang memiliki jenis kulit kering, toner yang mengandung Hyaluronic Acid bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan hidrasi yang optimal. Dengan hanya menggunakan toner saja, tidak akan cukup untuk membantu menjaga kulit tetap sehat. Perlu dilengkapi dengan rangkaian selanjutnya, yaitu serum dan pelembab. Biarkan toner menyerap ke dalam kulit dengan sempurna sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya. Aplikasikan serum dan pelembab untuk menambah hidrasi dan mendukung kelembapan sepanjang malam.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading