Sukses

Beauty

Tips Mengolah Aloe Vera untuk Kecantikan, Bisa Sebagai Eye Cream

Fimela.com, Jakarta Aloe vera atau dikenal dengan lidah buaya adalah sebuah tanaman yang berasal dari Afrika yang telah digunakan sebagai pengobatan dan berbagai kondisi kesehatan selama ribuan tahun. Tanamannya memiliki duri di sepanjang daunnya dan memiliki daging seperti gel. Tak hanya untuk mengobati luka saja, aloe vera bisa digunakan sebagai produk kecantikan. Dagingnya yang berbentuk seperti gel inilah yang digunakan dalam perawatan berbagai kondisi kesehatan dan produk kecantikan.  

Aloe vera memiliki segudang khasiat di dalam dagingnya, ini yang menjadi alasan mengapa mereka kerap digunakan sebagai berbagai pengobatan dan produk kecantikan ribuan tahun yang lalu. Dikutip dari Medical News Today, manfaat utama dari aloe vera atau lidah buaya ini adalah untuk mengobati luka bakar, memperbaiki kulit akibat sinar-x, kanker paru-paru, masalah usus, meningkatkan lipoprotein densitas tinggi (HDL), mengurangi lipoprotein densitas rendah (LDL) , mengurangi gula darah pada penderita diabetes, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika Anda mengalami sengatan matahari yang parah, aloe vera gel menjadi solusi pertama untuk menyembuhkan luka bakar tersebut. Tekstur nya yang kental dan lengket, tidak hanya menenangkan kulit dari sengatan matahari, tetapi juga membantu merawat banyak kondisi kulit seperti radang dingin, psoriasis, dan luka dingin. Bagaimana dengan perawatan wajah?

Manfaat aloe vera untuk kecantikan

Selain bermanfaat untuk mengobati berbagai luka, aloe vera juga banyak digunakan dengan tujuan kecantikan. Terlihat saat ini sudah banyak dijual produk perawatan kecantikan yang berbahan dasar aloe vera didalamnya. Dikutip dari Healthline, Vitamin A, C, dan E yang ada dalam aloe vera  memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Cara menggunakan aloe vera bisa secara langsung mengolahnya sendiri atau bisa beli di pasaran produk-produk aloe vera gel. Jika memiliki tanaman lidah buaya di halaman belakang, coba lakukan beberapa tips ini untuk mengolah aloe vera menjadi produk perawatan kecantikan.

Aloe vera sebagai moisturizer

Seperti yang sudah diketahui, aloe vera memiliki sifat menenangkan dan menghidrasi. Didalmnya terdapat 96% air, ini yang menjadi bukti mereka tepat digunakan untuk keperluan hidrasi tubuh dan wajah. Tidak perlu membeli produk pelembab jika memiliki tumbuhan lidah buaya sendiri. Ambil gel dari daun lidah buaya yang telah dibelah, lalu oleskan gel tersebut langsung ke wajah hingga leher. Gunakan pada pagi dan sore hari, hindari penggunaan di area mata. Namun perlu diperhatikan juga untuk mencoba aloe vera gel di tangan terlebih dahulu untuk melihat apakah ada reaksi alergi, seperti gatal atau panas terbakar.

Aloe vera sebagai masker untuk kulit berjerawat

Selain ampuh sebagai produk pelembap, aloe vera juga mampu untuk mengatasi jerawat meradang. Berbeda dengan pelembap, aloe vera juga bisa dijadikan sebagai masker kecantikan. Cara pengolahannya, gel aloe vera dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya, yaitu dengan madu dan air mawar. Campurkan ketiga bahan tersebut sampai membentuk pasta halus. Oleskan ke seluruh wajah lalu diamkan 20 menit. Kemudian bilas mengggunakan air mengalir hingga bersih. Ketiga bahan tersebut mampu untuk menenangkan kulit dan melawan bakteri penyebab munculnya jerawat. Gunakan tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Aloe vera untuk eye cream anti aging

Salah satu manfaat andalan aloe vera adalah anti-inflamasinya. Ini bisa membantu mengurangi berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat, noda hitam, dan tanda-tanda penuaan. Kerutan menjadi keluhan utama bagi orang yang telah bertambah usia, aloe vera disini berfungsi untuk mengurangi garis-garis halus di sekitar area mata pada orang lanjut usia maupun yang masih remaja. Aloe vera bisa dimanfaatkan sebagai eye cream untuk mencegah datangnya tanda-tanda penuaan dengan cepat. Caranya, campurkan gel aloe vera dengan kapsul vitamin E ke dalam mangkuk. Tambahkan sedikit air mawar atau minyak kelapa agar membentuk krim kental. Oleskan ke area bawah mata layaknya eye cream pada umumnya, biarkan hingga menyerap. Gunakan setiap hari untuk melihat hasil yang signifikan.

Hindari pemakaian jika merasa tidak nyaman

Secara keseluruhan, aloe vera aman digunakan untuk hampir semua orang, baik sebagai pengobatan maupun perawatan kulit. Namun bagi beberapa orang mungkin akan merasakan alergi atau reaksi iritasi, seperti gatal, perih, dan terasa panas terbakar. Meskipun ini akan wajar dirasakan dalam waktu singkat, tetapi jika terasa berkepanjangan dan terus-menerus, maka artinya aloe vera bukanlah menjadi pilihan untuk merawat kulitmu. Perlu berhati-hati untuk selalu memeriksa terlebih dahulu apakah jenis kulitmu cocok dengan aloe vera atau tidak. Meskipun khasiat nya yang luar biasa, aloe vera bisa menjadi mimpi buruk bagi mereka yang sensitif terhadap aloe vera.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading