Sukses

Health

Deretan Manfaat Aloe Vera untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Merawat Kulit

Fimela.com, Jakarta Aloe vera atau kerap disebut lidah buaya oleh orang Indonesia, adalah tanaman yang memiliki tangkai pendek dan tebal yang menyimpan air di daunnya. Daun tanaman lidah buaya dikemas dengan gel bening lembut dengan ciri khasnya terdapat duri di sepanjang daunnya. Tak hanya tanamannya yang mudah untuk dipelihara, tetapi juga aloe vera telah lama menjadi pengobatan tradisional untuk banyak penyakit, termasuk masalah pencernaan dan gangguan kulit. 

Efek samping dari aloe vera bisa bervariasi, tergantung dari cara penggunaannya dan kondisi kesehatan seseorang. Beragam manfaat yang diberikan oleh lidah buaya, terkenal bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit, seperti mengobati luka, menebalkan rambut, hingga mencegah keriput.

Cara penggunaan Aloe vera semakin bervariatif, bisa menggunakan produk kulit atau perawatan wajah yang terdapat aloe vera didalamnya atau juga bisa memproduksinya sendiri. Tetap perhatikan efek samping pada masing-masing kulit guna menghindar dari risiko alergi. Dikutip dari PharmEasy, dibawah ini lebih lengkap berbagai manfaat aloe vera untuk tubuh dan kulit.

Mengobati perut sembelit

Sembelit adalah ketika merasakan nyeri di bagian tubuh seperti melilit dan umumnya membuat perut terlihat membesar. Aloe vera disini berperan sebagai pencahar dengan membantu mendorong kotoran di dalam tubuh agar segera keluar. Boleh dicoba dengan meminum jus lidah buaya ketika merasa sistem pencernaannya kurang lancar, karena sudah terbukti bahwa aloe vera mampu untuk memperlancar pencernaan dan mengobati sembelit.

Mengobati luka 

Diketahui aloe vera sangat berguna untuk penyembuhan berbagai luka, khususnya luka bakar. Aloe vera memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat masa pemulihan luka. Selain itu, aloe vera juga bisa menembus epidermis, yaitu lapisan kulit yang paling luar. 

Menenangkan peradangan sengatan matahari

Manfaat aloe vera yang paling populer, yaitu menenangkan kulit dari peradangan setelah terkena panasnya matahari yang cukup parah. Aloe vera menjadi pilihan alami yang tepat untuk mengobati kondisi tersebut karena sifatnya yang mendinginkan dan anti-inflamasi, sehingga memberikan kenyamanan untuk kulit. Tak hanya itu, aloe vera juga mampu untuk melawan peradangan karena mengandung glukomanan, senyawa dengan sifat mengobati.

Mengurangi plak dan karies gigi

Penumpukan plak pada gigi bisa menyebabkan kerusakan gigi dan menimbulkan masalah gusi. Lidah buaya efektif membunuh bakteri Streptococcus Mutans penghasil plak di mulut, serta ragi Candida Albicans. Oleh karena itu, menggunakan lidah buaya menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengurangi penumpukan plak tersebut. Caranya cukup  mudah, hanya menggosokkan gel aloe vera murni ke permukaan gigi lalu diamkan selama 5 menit, kemudian dibilas. 

Menurunkan kadar gula darah

Gula darah berkaitan dengan penyakit diabetes. Gula darah merujuk pada glukosa yang mengalir dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi untuk orang dewasa biasanya sekitar 125 mg/dL sebelum makan dan lebih dari 180 mg/dL usai makan. Aloe vera berpengaruh pada pengobatan diabetes, dengan mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per harinya, aloe vera mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. 

 

 

Menghidrasi kulit

Kulit yang kering bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti perubahan cuaca, kondisi alami kulit, iritasi kulit, dan sebagainya. Untuk mengatasi kulit dehidrasi, daun dari aloe vera menjadi pilihan yang tepat karena cenderung banyak mengandung air yang mampu untuk menghidrasi kulit dan menjaga kulit tetap bersih. Aloe vera juga dikombinasikan dengan senyawa tumbuhan khusus yang disebut karbohidrat kompleks, ini yang membuatnya cocok untuk menjadi pelembab wajah dan meredakan iritasi. Saat ini sudah banyak dijual produk perawatan wajah dan kulit yang mengandung aloe vera di dalamnya. 

Mengurangi penuaan

Selain mengandung banyak air, gel pada lidah buaya memiliki vitamin C dan E serta beta karoten yang melimpah. Nutrisi tersebut bekerja untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Tak hanya itu, aloe vera juga mengandung antimikroba dan anti-inflamasi yang tidak hanya membantu mengurangi garis halus, tetapi juga membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan menjaga elastisitas kulit.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading