Sukses

Beauty

3 Kandungan Skincare Terbaik untuk Hilangkan Komedo, Mampu Hempaskan Seketika

Fimela.com, Jakarta Kondisi kulit kadang memiliki beragam masalah yang sulit dikendalikan. Mulai dari jerawat, bintik hitam, kerutan, hingga komedo adalah masalah umum yang dihadapi setiap orang. Belum lagi bila komedo pada wajah terlihat jelas. Bukan hanya mengganggu penampilan, namun rasanya pun tak nyaman.

Umumnya orang menghilangkan komedo dengan cara memencet, menggunakan perekat, atau menariknya menggunakan alat seperti pinset. Namun cara tersebut ternyata tidak efektif menghilangkan komedo keseluruhan, malah akan membuatnya timbul kembali. Melansir dari Everyday Health berikut cara terbaik hempaskan komedo agar tak timbul lagi.

 

1. Gunakan Produk Salicylic Acid

Asam salisilat atau salicylic acid adalah bahan yang ampuh membersihkan kulit hingga ke pori-pori termasuk untuk menghempaskan komedo. Komedo disebabkan oleh pori-pori yang berisi sebum dan tersumbat. Asam beta hidroksi pada salicylic acid berfungsi meningkatkan pergantian sel dan membuka pori-pori yang tersumbat. Tak hanya komedo, kandungan ini juga ampuh mengatasi jerawat.

2. Tambahkan Retinoid Pada Rangkaian Skincare

Menambahkan retinoid dalam urutan skincare akan membantu membersihkan komedo dan kotoran lain di kulit wajah. Retinoid bekerja dengan meningkatkan pergantian kulit dan mengurangi sel kulit yang menyebabkan penyumbatan. Tahap awal penggunaan retinoid akan menyebabkan komedo memburuk, namun seiring dengan penggunaan rutin maka pori-pori yang tersumbat akan mulai membaik. Selain mengatasi komedo, retinoid juga baik untuk melawan penuaan dini dan meningkatkan regenerasi kulit.

3. Asam Hidroksi Alfa

Selain retinoid dan salicylic acid, kandungan asam hidroksi alfa juga membantu menghilangkan komedo. Sifatnya sama seperti dua bahan lainnya, asam hidroksi alfa berfungsi menghempaskan komedo dan mengecilkan pori-pori. Selain itu, pori-pori yang tersumbat akan terbuka agar mempercepat penyembuhan sehingga kandungan ini sangat baik untuk mengatasi jerawat batu.

Menghilangkan komedo membutuhkan perawatan rutin dan konsisten. Tiga bahan di atas bisa jadi pilihan bahan pada skincare. Bila ingin hasil lebih maksimal, konsultasikan pada ahli.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading