Sukses

Beauty

Penyebab Timbul Komedo Hitam dan Putih di Wajah Serta Perbedaannya

Fimela.com, Jakarta Komedo adalah benjolan kecil yang terbentuk di kulit akibat folikel rambut yang tersumbat. Ketika menyebut komedo, maka yang dipikirkan oleh kebanyakan orang adalah komedo hitam (blackhead). Padahal sebenarnya ada pula komedo putih (whitehead).

Komedo juga sering disalah artikan sebagai jerawat. Komedo berbeda dengan jerawat. Jerawat merupakan peradangan pada kulit yang ditandai dengan benjolan merah dan tak jarang berisi nanah. Sementara komedo benjolan kecil yang muncul pada pori-pori kulit

Selain dari warnanya, komedo hitam dan putih punya perbedaan dari segi yang lain. Misalnya dari segi penyebabnya. Komedo hitam dan putih timbul dari penyebab yang berbeda. Cara penanganannya pun juga berbeda. Apa penyebab timbulnya komedo hitam dan putih? Berikut penjelasan mengenai perbedaan keduanya serta cara mengatasinya.

Perbedaan Komedo Hitam dan Putih

Komedo putih terbentuk dari minyak yang terperangkap dalam pori-pori wajah, tapi tidak terkena paparan udara, sehingga warnanya tidak berubah menjadi hitam. Komedo putih berpeluang menjadi jerawat jika terkontaminasi dengan bakteri. Untuk menghilangkan komedo putih, kamu dapat menggunakan eksfoliator secara rutin.

Sedangkan komedo hitam merupakan komedo yang mengalami proses oksidasi dengan udara luar, sehingga komedo akan tampak berwarna hitam. Warna hitam yang dihasilkan merupakan gabungan dari sel kulit mati, kotoran, bakteri, sisa make-up, bahkan minyak wajah yang tertahan pada pori-pori. Akibatnya, komedo hitam ini lebih mengganggu penampilan karena warna nampak begitu jelas.

Jika komedo hitam ini terkontaminasi bakteri, komedo akan meradang dan berubah menjadi jerawat. Namun, kamu tidak perlu khawatir yang berlebihan. Karena pada dasarnya komedo yang menumpuk dapat dihilangkan dengan sejumlah bahan alami berikut.

Cara Mengatasi Komedo dengan Bahan Alami

1. Minyak tea tree

Tea tree mengandung senyawa anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membunuh bakteri dan kotoran penyebab komedo yang menumpuk. Cara penggunaannya adalah dengan dioleskan langsung pada area yang bermasalah dengan komedo.

2. Madu, lemon, dan brown sugar

Untuk mengatasi komedo, kamu dapat mencampur ketiga bahan tersebut. Bahan tersebut akan menjadi scrub alami yang ampuh dalam membersihkan sel-sel kulit mati. Setelah diaplikasikan pada wajah, pijat dengan gerakan melingkar selama lima menit, kemudian bilas hingga bersih.

3 Kunyit dan minyak kelapa

Kunyit mengandung senyawa antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi yang dibutuhkan untuk mengatasi komedo. Kunyit dapat membuat kulit tampak berwarna kekuningan, sehingga kamu harus berhati-hati untuk menggunakannya. Untuk mengatasi komedo, kamu dapat mencampur satu sendok kunyit bubuk dengan minyak kelapa, aplikasikan sebagai masker selama 10-15 menit. Kemudian bilas.

4. Putih telur dan madu

Kedua bahan tersebut dapat kamu gunakan sebagai masker wajah. Selain menekan produksi minyak pada wajah, putih telur juga ampuh dalam mengecilkan pori-pori. Untuk hasil yang maksimal, aplikasikan masker ini sebanyak 1-2 kali seminggu.

5. Kopi dan gula

Campuran kopi dan gula ternyata ampuh mengangkat komedo membandel. Kamu dapat membuat scrub kopi dengan mencampur 2 sendok kopi dengan sedikit air, kemudian tambahkan 1 sendok gula pasir. Kemudian scrub pada permukaan wajah yang berkomedo selama 1 menit, lalu bilas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading