Sukses

Beauty

Diary Fimela: Berawal dari Suka Parfum, Kini Sukses Membangun Brand Parfum Lokal Terpercaya

Fimela.com, Jakarta Sebagai wanita, kita selalu ingin tampil cantik dan percaya diri setiap saat. Namun, tahukah kamu bahwa meningkatkan rasa percaya diri tidak hanya dengan makeup saja, tetapi mengenakan parfum bisa menjadi salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan rasa percaya diri. 

Dilansir dari Psychology Today, aroma dari parfum dapat memicu reaksi positif di dalam otak, seperti meningkatkan mood dan mengurangi stres. Kita mungkin pernah merasakan bagaimana aroma yang enak dari parfum yang kita kenakan dapat memberikan perasaan nyaman dan rileks sehingga membuat kita menjadi lebih percaya diri.

Akan tetapi, memilih parfum juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, setiap orang memiliki aroma tubuh yang berbeda, sehingga memilih parfum yang cocok sangat penting karena aroma tubuh juga dapat meningkatkan efek dari parfum itu sendiri. 

Sayangnya, parfum yang beredar di pasar Indonesia cenderung memiliki harga yang variatif dengan jaminan kualitas yang berbeda, sehingga tak jarang menjadi pertimbangan di tengah masyarakat dalam membeli parfum. Hal ini pula yang dirasakan oleh Nouva Puspita, selaku pemilik brand parfum lokal Carl & Claire.

Nouva bercerita tentang maraknya produk self care pada tahun 2018 membawa fenomena baru baginya, dimana banyak brand lokal mulai naik daun dan diapresiasi oleh banyak orang. Disisi lain, Nouva yang sangat menyukai produk self care terutama parfum, tidak melihat adanya brand lokal parfum yang juga ikut naik daun. Padahal, pasar juga membutuhkan parfum dengan kualitas terbaik tetapi harga terjangkau. Dari sinilah, Nouva terinspirasi untuk menciptakan brand parfum lokal yang dapat memenuhi kebutuhan pasar dan memberikan inovasi parfum terbaru.

Inovasi dan keunggulan parfum Carl & Claire

"Melihat masyarakat Indonesia membutuhkan parfum dengan kualitas terbaik tetapi harga terjangkau, aku memutuskan untuk membangun brand parfum bernama Carl & Claire. Nama ini terpenggal dari bahasa eropa, 'carl' artinya strong dimana parfum yang di produksi memiliki aroma yang tahan lama, dan 'claire' artinya aroma yang populer disukai oleh banyak orang. Dari namanya saja sudah menjelaskan bahwa karakter parfum yang akan dibawa  oleh Carl & Claire adalah elegan serta ingin memberikan kesan atau experience memakai parfum yang menyenangkan kepada masyarakat." ucap Nouva Puspita.

Dalam memberikan experience memakai parfum yang menyenangkan kepada masyarakat, Nouva menghadirkan 10 jenis aroma parfum yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu Sweetest Memories, Floral, dan Fresh Feeling. Aroma tersebut memiliki ketahanan aroma hingga 15 jam. Ketahanan aroma dari parfum ini juga dikarenakan racikan parfum yang dibuat menggunakan food grade alcohol premium sekitar 65%-70% yang dicampurkan dengan fragrance oil sekitar 25-30%, dan bahan zat lainnya yang pastinya aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Menariknya, inovasi parfum yang ingin dihadirkan oleh Nouva tidak hanya sebatas parfum yang memiliki ketahanan lebih lama, melainkan aroma yang dihadirkan pun bersifat gender-neutral fragrance. Artinya, memberikan kebebasan pada penggunanya untuk memilih aroma yang sesuai dengan preferensi mereka tanpa harus memperhatikan apakah parfum tersebut khusus untuk wanita atau pria.

 

Usaha dan tekad yang kuat tidak mengkhianati hasil

 

"Tujuan dari Carl & Claire sendiri tidak hanya sekedar menjual produk parfum, tetapi juga ingin menginspirasi masyarakat Indonesia untuk tampil lebih percaya diri. Aku percaya bahwa parfum dapat menjadi media untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Selain itu, Carl & Claire juga ingin para customer tidak hanya sekedar membeli produk saja tetapi juga belajar dari pengalaman untuk memperbaiki diri dari sisi confidence." ucap Nouva Puspita.

Awal membangun bisnsi parfum, Nouva mengakui bahwa ia mengalami banyak tantangan, mulai dari kurangnya pemahaman tentang digital marketing hingga kesulitan dalam menemukan space yang cocok untuk brand-nya. Namun, dengan tekad yang kuat dan kerja keras yang dilakukan oleh Nouva dalam membangun brand Carl & Claire, kini berhasil memperoleh kesuksesan dan berkembang menjadi brand parfum lokal yang diapresiasi oleh banyak orang.

Dalam hal pemasaran, Carl & Claire memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Twitter, dan TikTok untuk menjangkau pelanggan baru dan memaksimalkan penjualan. Selain itu, Carl & Claire juga menjalin kerjasama dengan marketplace seperti Sociolla dan Beauty Haul untuk memperluas pasar dan memudahkan pelanggan untuk membeli produk mereka.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, Carl & Claire telah berhasil menjadi salah satu brand parfum lokal yang dikenal oleh banyak orang di Indonesia. Diharapkan keberhasilan Carl & Claire ini dapat menjadi inspirasi bagi para pengusaha muda di Indonesia untuk terus berinovasi dan berkembang dengan memperhatikan aspek lingkungan dan sosial yang penting bagi keberlanjutan bisnis di masa depan.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading