Sukses

Beauty

5 Manfaat Moisturizer untuk Kulit yang Perlu Kamu Pahami

Fimela.com, Jakarta Moisturizer dapat kamu temukan dalam perawatan kulit dan wajah yang berguna untuk melembapkan. Biasanya pada rangkaian perawatan wajah, moisturizer menjadi tahap terakhir yang berguna untuk melembapkan wajah supaya tetap ternutrisi dan tidak kering, sedangkan pada perawatan kulit moisturizer dapat ditemukan pada body lotion, body serum, dan lainnya.

Dilansir dari neostrata.com, moisturizer merupakan lotion, krim, atau salep yang diformulasikan dengan emolien dan memberikan manfaat untuk kulit agar tetap terhidrasi. Selain itu, moisturizer juga berfungsi untuk mengunci kelembapan nutrisi kulit dan melindungi kulit dari iritasi lingkungan. Moisturizer dapat bekerja untuk menjaga kelembapan pada kulit, menyegel kelembapan kulit sementara, dan mengembalikan kelembapan yang hilang pada lapisan luar kulit.

Terdapat 4 bahan yang terkandung dalam moisturizer:

  • Oklusif seperti petrolatum yang dapat membentuk lapisan pelindung.
  • Humektan seperti asam hialuronat dan asam bionik yang dapat menarik air dari lapisan kulit yang lebih dalam.
  • Emolien seperti gliserin yang dapat mengisi retakan dan kekasaran dan menghaluskan kulit. 
  • Bahan perbaikan penghalang seperti ceramide dan asam polihidroksi (PHA) gluconolactone yang menggantikan lemak alami dan kondisioner kulit serta membantu pelindung kulit berfungsi secara optimal.  

 

 

Manfaat Moisturizer

Dilansir dari stives.com, menggunakan moisturizer memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Mencegah dan mengatasi kekeringan. Berada di cuaca dingin atau panas, di ruangan ber AC dan ruangan yang panas dapat membuat kulit menjadi dehidrasi dan mengurangi kelembapannya sehingga dengan menggunakan pelembap dapat mencegah dan mengatasi kulit kering karena kandungannya yang dapat membuat kulit tetap terhidrasi dan kulit menjadi lebih lembut serta menghilangkan bintik-bintik kering, pengelupasan, dan kemerahan. 
  2. Memperlambat tanda-tanda penuaan. Kulit yang terhidrasi akan membuat kulit menjadi tampak lebih mudah sehingga dengan menggunakan pelembap kulit akan tetap terhidrasi dengan baik dan dapat mencegah munculnya garis-garis halus serta kerutan di masa depan, terutama jika memiliki kandungan vitamin C dapat meratakan warna kulit dan memudarkan bintik hitam.
  3. Membantu melawan jerawat. Kulit yang kering akan mengirimkan pesan pada kelenjar untuk menghasilkan lebih banyak minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat sehingga jika kulit terhidrasi dengan baik secara tidak langsung dapat membantu menghentikan produksi minyak yang berlebih.
  4. Memberikan perlindungan dari sinar matahari. Sebaiknya kamu juga menggunakan pelembap yang juga mengandung pelindung sinar matahari untuk mengatasi jika berada di suhu udara yang sangat panas atau sangat dingin dan mempertahankan kelembapan alaminya. 
  5. Menenangkan kulit sensitif. Kulit sensitif membutuhkan perawatan ekstra khusus sehingga kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan pelembap yang mengandung bahan menenangkan seperti lidah buaya, kamomil, oatmeal, dan madu.

Moisturizer Berdasarkan Jenis Kulit

Dilansir masterclass.com, setiap kulit membutuhkan jenis pelembap yang berbeda-beda. Oleh karena itu, berikut jenis pelembap yang berdasarkan jenis kulitnya:

  • Kulit berminyak. Pelembap berbahan dasar air dan bebas minyak seperti pelembap gel dapat menjadi pilihan terbaik untuk jenis kulit ini, terutama untuk kulit berjerawat karena sebagian besar memiliki bahan dasar humektan yang memberikan peremajaan untuk manfaat tambahan. 
  • Kulit kering. Pelembap krim yang memiliki tekstur kental dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengering dapat menjadi pilihan yang cocok untuk jenis kulit ini karena mengandung bahan minyak dan air seperti humektan untuk menarik kelembapan dan bahan minyak untuk mempertahankan kelembapan. 
  • Kulit normal atau kombinasi. Pada jenis kulit ini, kamu dapat menggunakan segala jenis pelembap, tinggal disesuaikan saja seperti jika memiliki kulit normal, tetapi di sisi kering dapat menggunakan pelembap krim yang lebih kental. Namun, jika memiliki kulit normal di sisi berminyak dapat menggunakan krim gel.
  • Sensitif. Bagi yang memiliki jenis kulit ini kamu harus mencari pelembap yang bebas dari pewangi, paraben, dan iritasi.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading