Sukses

Beauty

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kulit Wajah Cantik Alami

Fimela.com, Jakarta Kecantikan alami adalah dambaan setiap wanita. Untuk mencapai kulit yang sehat dan bersinar, seringkali kita mencari solusi dari alam. Salah satu rahasia kecantikan alami yang telah digunakan selama berabad-abad adalah teh hijau.

Dilansir dari Healthline, teh hijau tidak hanya sebagai minuman yang menyegarkan, tetapi juga sebagai salah satu solusi alami untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat luar biasa pada kulit wajah. Manfaat apa sajakah itu? Simak jawabannya dibawah ini ya Sahabat Fimela.

1. Kekuatan antioksidan untuk melawan penuaan dini

Teh hijau kaya akan antioksidan, terutama polifenol, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini membantu mengurangi kerutan, garis halus, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. Dengan meminum teh hijau secara teratur, kamu dapat memberikan perlindungan alami bagi kulitmu dan menjaga kekenyalan serta kelembapan kulit.

 

Jerawat dapat diatasi secara alami dengan menggunakan teh hijau

2. Mengurangi peradangan dan jerawat

Dilansir dari Medical News Today, teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada kulit. Kandungan antioksidan dalam teh hijau juga membantu membersihkan pori-pori, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mengatasi jerawat. Dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu menjaga kulit bebas dari jerawat dan memberikan kulit yang lebih bersih dan cerah.

3. Memberikan perlindungan dari sinar matahari

Teh hijau mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Meskipun tidak bisa sepenuhnya menggantikan penggunaan tabir surya, meminum teh hijau dapat memberikan perlindungan tambahan dari dalam, dengan membantu menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

4. Membantu mengatasi mata panda dan kemerahan pada wajah

Apabila kamu sering mengalami mata panda atau kemerahan pada wajah, teh hijau dapat menjadi solusi alami yang efektif. Hal ini dikarenakan, teh hijau mengandung kafein dan tanin yang dapat membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata dan mengurangi kemerahan pada wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan kantung teh hijau untuk mengompreskan pada area yang mengalami pembengkakan atau kemerahan selama beberapa menit dan dilakukan secara rutin setiap harinya untuk hasil yang lebih maksimal.

Teh hijau efektif melembapkan dan mencerahkan kulit wajah

5. Melembapkan dan mencerahkan kulit

Dilansir dari Mayo Clinic, teh hijau memiliki kandungan vitamin dan mineral yang membantu menjaga kesehatan kulit dan melembapkan kulit secara alami. Salah satu vitamin yang terdapat dalam teh hijau adalah vitamin E dan vitamin B2 yang efektif membantu menjaga kelembapan kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan polusi lingkungan, serta memperbaiki tekstur kulit yang kering dan kusam.

Selain itu, teh hijau juga dapat memberikan efek mencerahkan yang alami pada kulit. Hal ini karena kandungan polifenol dalam teh hijau dapat membantu menghambat produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab untuk warna kulit. Dengan menghambat produksi melanin yang berlebihan, teh hijau dapat membantu mencerahkan noda gelap, flek hitam, dan hiperpigmentasi pada kulit.

Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan lembab, disarankan untuk mengonsumsi teh hijau secara teratur, agar kulit mendapatkan hidrasi yang cukup dari teh hijau. 

Itulah lima manfaat dari teh hijau untuk kesehatan kulit wajah. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading