Sukses

Beauty

Khasiat Kopi dan Air Mawar Sebagai Masker Wajah, Salah Satunya Ampuh Melawan Jerawat

Fimela.com, Jakarta Kopi adalah salah satu minuman berkafein yang sangat digemari oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Banyak yang mengonsumsinya pada pagi hari, siang hari, sampai malam hari. Sudah menjadi asupan harian untuk menambah stamina dan menahan rasa kantuk saat bekerja. Memang terbukti adanya bahwa kandungan kafein yang tinggi pada kopi mampu untuk menjaga tubuh tetap fokus dan konsentrasi dalam melakukan aktivitas. 

Tak heran mengapa menjadi top of mind bagi banyak orang, ternyata kopi juga memilki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Ini termasuk perawatan kulit. Kini sudah banyak yang menggunakan kopi sebagai masker kecantikan guna mendapatkan wajah bersih nan glowing. Berkat kandungan di dalam kopi, seperti antioksidan dan fenol yang mampu membantu melawan radikal bebas yang bisa membuat kerusakan kulit.

Air mawar, salah satu bahan selain kopi yang banyak dimasukkan kedalam produk masker kecantikan. Sesuai dengan namanya, air mawar ini dibuat langsung dari kelopak bunga mawar melalui proses penyulingan. Sudah digunakan sejak berabad-abad tahun sebagai bahan alami untuk perawatan kulit bersih. Mereka dipercaya mampu untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat, kekeringan, minyak berlebih, sampai perawatan anti penuaan. Sebelum menggunakan masker wajah berbahan alami kopi dan air mawar, simak terlebih dahulu manfaat keduanya dibawah ini.

Manfaat kopi dan air mawar untuk kecantikan

Melawan bakteri munculnya jerawat

Baik kopi maupun air mawar keduanya memiliki efek yang baik untuk kesehatan kulit. Mereka secara signifikan dapat membantu meningkatkan kondisi kulit secara positif. Selain digunakan sebagai minuman peneman kerja, kopi juga terkenal sebagai obat untuk melawan bakteri akibat jerawat. CGA dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan anti bakteri yang secara efektif dapat melawan jerawat. Sifat anti-inflamasi pada air mawar juga bekerja secara efektif untuk mengurangi jerawat dan mengatasi kulit kemerahan.

Menenangkan peradangan kulit

Tak heran mengapa air mawar dan kopi kerap dimasukkan ke dalam produk perawatan wajah sejak bertahun-tahun yang lalu. Melansir dari Healthline, sifat antioksidan dan anti-inflamasi  pada kedua bahan alami tersebut  juga memberikan efek penenang untuk kulit yang meradang. Mereka mampu untuk memperbaiki dan mengurangi kemerahan pada kulit. 

Memiliki sifat anti-penuaan

Selain mengatasi berbagai permasalahan kulit, kopi dan air mawar juga diklaim mampu untuk mengurangi kerutan. Ini berkat efek dari anti-penuaan dari kedua bahan tersebut. Lagi-lagi karena sifat antioksidannya, baik air mawar maupun bubuk kopi bisa membantu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

Memberikan hidrasi yang maksimal 

Pada dasarnya air mawar merupakan bahan utama yang secara alami dapat memberikan kelembapan yang baik bagi kulit wajah. Air mawar dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan meratakan kulit sekaligus memberikan kelembapan yang optimal. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan menyembuhkan berbagai keluhan, termasuk mengurangi kerutan dan garis-garis halus dari tanda-tanda penuaan. 

Membersihkan sel-sel kulit mati

Selain baik untuk melawan bakteri akibat dari  jerawat, kopi juga mampu untuk membersihkan wajah secara keseluruhan. Butiran bubuk kopi yang masih kasar memberikan efek mengelupas sehingga sel-sel kulit mati akan terangkat dengan baik. Mereka melakukan pembersihan dengan maksimal yang mampu menghilangkan kotoran dan mengurangi minyak sebum dari pori-pori yang tersumbat. 

Membuat masker wajah dari kopi dan air mawar

Kombinasi masker kopi dan kunyit untuk mencerahkan

Bahan yang diperlukan:

  • 1 sendok makan bubuk kopi
  • 1 ½ sendok makan susu putih
  • ½ sendok teh bubuk kunyit

Langkah pemakaian:

  • Campurkan semua bahan-bahan di dalam sebuah mangkuk bersih
  • Aduk sampai rata sampai menghasilkan pasta, tambahkan susu sedikit demi sedikit jika dirasa masih terasa terlalu kental
  • Sebelum mengaplikasikan pada wajah, bersihkan wajah terlebih dahulu. 
  • Lalu oleskan pasta yang sudah jadi ke wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit
  • Bilas dengan air mengalir

Manfaat: 

Seperti yang sudah diketahui, kopi digunakan sebagai pembersihan wajah yang baik sekaligus memberikan wajah lebih cerah dan glowing. Ditambah lagi dengan kandungan dari kunyit yang ampuh untuk memberikan pigmentasi kulit. Sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba dari kedua bahan tersebut jika digabungkan bisa mempercepat proses perbaikan tekstur wajah.

Kombinasi masker kopi dengan gel aloe vera untuk melembapkan wajah

Bahan yang diperlukan:

  • 1 Sendok makan gel aloe vera
  • 1 Sendok makan bubuk kopi

Langkah pemakaian: 

Cara membuatnya sangatlah mudah. Cukup campurkan kedua bahan tersebut hingga merata, lalu oleskan ke wajah yang telah dibersihkan. Pijat dengan lembut untuk menambah sensasi dingin dan khasiat keduanya bisa meresap dengan maksimal. Lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas dengan air mengalis sampai bersih.

Manfaat:

Gel aloe vera populer digunakan sebagai bahan pelembap alami. Kedua bahan tersebut, baik kopi dan gel aloe vera kaya akan antimikroba yang mampu menyembuhkan berbagai luka bakar atau bekas luka akibat paparan sinar matahari. Mereka bekerja tanpa menghilangkan hidrasi pada kulit. 

Kombinasi masker kopi dengan air mawar untuk melawan radikal bebas

Bahan yang diperlukan:

  • 1 Sendok makan kopi bubuk
  • 2 Sendok teh air mawar

Langkah pemakaian:

  • Campur kedua bahan di dalam mangkuk bersih. Aduk rata sampai menghasilkan pasta cair
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskannya. 
  • Aplikasikan adonan pasta secara menyeluruh sambil dipijat dengan lembut
  • Hindari area sekitar mata agar tidak membuat iritasi
  • Biarkan mengering 10 sampai  15 menit
  • Bersihkan wajah dengan air mengalir  dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Manfaat:

Kopi dan air mawar mengandung antioksidan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi udara. Keduanya mampu memberikan elastisitas kulit sekaligus meningkatkan sirkulasi darah di dalam lapisan kulit. Ini juga mampu untuk mengurangi tanda-tanda penuaan jika digunakan secara rutin. 

Kombinasi masker air mawar dan madu untuk menghaluskan

Bahan yang diperlukan:

  • 3 Sendok makan air mawar
  • 2 Sendok makan madu

Langkah pemakaian:

  • Campurkan kedua bahan di dalam mangkuk bersih. Lalu aduk rata sampai tekstur kental tidak terlalu cair. 
  • Cuci bersih wajah sebelum mengoleskannya
  • Aplikasikan adonan pasta tersebut  ke seluruh wajah dan leher 
  • Biarkan mengering selama 20 menit.
  • Bilas wajah menggunakan air mengalir dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Manfaat: 

Madu adalah bahan alami yang kerap digunakan sebagai pengobatan tubuh dari berbagai penyakit. Termasuk kesehatan kulit. Merema mampu untuk menjadi pelembab alami dan membantu mengisi kembali tingkat kelembapan di kulit. Dipadukan dengan air mawar sebagai pembersihan wajah yang baik. Wajah akan kembali cerah dan segar secara instan setelah menggunakan masker ini. 

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading