Sukses

Beauty

Manfaat dan Efek Samping Lemon untuk Perawatan Wajah

Fimela.com, Jakarta Buah lemon biasa digunakan sebagai bahan penambah cita rasa makanan. Di balik rasanya yang asam, ternyata lemon kaya akan sumber vitamin yang baik untuk tubuh secara keseluruhan. Ini termasuk pada kulit wajah. Kini terlihat sudah banyak produk perawatan wajah yang memiliki kandungan lemon di dalamnya. 

Memiliki wajah yang sehat dan bercahaya adalah prioritas dari banyak orang, baik perempuan maupun pria. Mencoba berbagai pengobatan alami berupaya untuk mendapatkan wajah yang mulus terbebas dari jerawat dan kerutan. Lemon menjadi salah satu bahan alami yang seringkali menjadi perhatian banyak orang. Memasukkan lemon ke dalam perawatan wajahmu adalah langkah yang tepat. Mereka populer karena efek detoksifikasi berkat sumber vitamin C dan asam sitratnya. 

Melansir dari Healthline, kandungan asam sitratnya yang tinggi bermanfaat sebagai eksfoliasi alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus membuat kulit tampak lebih segar dan bercahaya. Masih banyak lagi manfaat lainnya dari buah asam yang satu ini. Baca di bawah ini untuk mengetahui apa saja kegunaan lemon untuk wajah.

Sebagai pembersih wajah yang maksimal

Lemon diperkaya dengan sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang tinggi. Beberapa zat tersebut yang menjadikan lemon sebagai pembersih wajah yang efektif. Mereka dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu saja, lemon juga bekerja membersihkan wajah sekaligus memberikan efek eksfoliasi alami, Lho. Rasakan wajah bersih dari sel-sel kulit mati dan kotoran yang tersumbat pada pori-pori. Mereka akan hilang dalam hitungan detik. 

Melawan bakteri jerawat 

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa lemon berguna untuk membantu menghilangkan jerawat. Lemon merupakan astringent alami, ini semacam produk untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa makeup dan kotoran yang menempel pada wajah. Umumnya jerawat muncul karena produksi minyak yang berlebih dan kotoran yang menyumbat pada pori-pori. Berkat tingkat pH lemon yang rendah, mereka mampu untuk mengurangi produksi minyak dan sebum tersebut. Tak hanya itu, lemon juga bisa melakukan pembersihan secara mendalam serta berkontribusi dalam pengurangan peradangan.

Melawan peradangan kulit

Selain populer karena sifat antioksidannya, lemon juga memiliki efek antimikroba. Ini merupakan zat yang berguna untuk mencegah datangnya bakteri. Tak perlu diragukan lagi, efek antimikroba pada lemon telah terbukti mampu untuk mengurangi peradangan dan kemerahan yang disebabkan karena jerawat.  

Mencegah datangnya anti penuaan

Semakin bertambahnya usia, perlahan muncul tanda-tanda penuaan satu per satu. Kerutan, garis-garis halus, dan kantung mata mungkin akan semakin terlihat. Sebagian besar ini terjadi karena produksi kolagen yang semakin menurun. Lemon kaya dengan vitamin C, mereka dipercaya bisa mencegah datangnya tanda-tanda penuaan. Lagi-lagi karena sifat antioksidannya, lemon dapat mendorong produksi kolagen pada wajah. Hal ini bisa membantu menunda proses penuaan dini. Dengan rutin menggunakan lemon, dijamin kulit kamu akan terlihat semakin awet muda.

Mencerahkan kulit

Lemon dipenuhi dengan beberapa jenis asam, yaitu asam sitrat, asam malat, dan asam askorbat yang biasa dikenal dengan vitamin C. Kandungan asam ini yang berperan untuk memberikan efek pencerah kulit. Mereka mampu untuk membersihkan wajah dari bintik-bintik hitam sekaligus mencerahkan kulit. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan perbedaan yang signifikan. Namun perlu diperhatikan kembali efek samping yang akan didapatkan. Tidak semua jenis kulit akan cocok dengan penggunaan lemon pada wajah.

Lemon tidak bekerja dengan baik untuk semua jenis kulit

Meskipun lemon bekerja dengan sangat baik secara keseluruhan, namun perlu berhati-hati juga sebelum menggunakan lemon pada wajah. Sifat asam yang tinggi pada lemon bisa sangat berbahaya untuk kulit yang sensitif. Mereka bisa menyebabkan beberapa reaksi, seperti iritasi, kemerahan, gatal-gatal, dan rasa cekit-cekit. Alih-alih mendapatkan wajah bersih dan sehat, justru malah memperburuk kondisi wajah. 

  • Selalu pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu dengan cara menggunakan sedikit produk ke wajah lalu lihat reaksi yang dihasilkan.
  • Jika tidak merasakan gejala apapun, maka itu menandakan bahwa mereka bekerja dengan baik pada kulit kamu. 
  • Apabila jika kamu merasa tidak nyaman, baik muncul rasa gatal-gatal ataupun rasa nyeri, maka hindari pemakaian selanjutnya. 
  • Jangan gunakan terlalu lama. Lemon termasuk buah citrus yang kuat akan asam. Jika terlalu lama di wajah, itu akan merusak lapisan kulit. Hal ini yang menjadikan wajah menjadi iritasi dan sensitif. 
  • Walaupun untuk mendapatkan hasil yang signifikan harus digunakan secara rutin, namun hindari pemakaian setiap hari. Tiga kali dalam seminggu sudah cukup untuk memberikan perbedaan. 

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading