Sukses

Beauty

5 Cara Menggunakan Aloe Vera untuk Perawatan Kulit Musim Panas

Fimela.com, Jakarta Cuaca yang panas dan paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering serta dehidrasi. Oleh karena itu, kulit memerlukan perawatan yang berguna untuk mengembalikan kulit menjadi sehat dan ternutrisi, terutama bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan. Perawatan kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara baik perawatan di klinik kecantikan maupun menggunakan produk tertentu. 

Penggunaan Aloe Vera dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk merawat kulit agar tetap lembap. Dilansir dari healthline.com, berdasarkan sebuah penelitian, Aloe Vera dianggap dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan. Selain itu, Aloe Vera juga dikenal untuk meredakan sengatan matahari dan membantu menyembuhkan luka. 

Gel Aloe Vera biasanya berasal dari daun tanaman lidah buaya dan digunakan dalam makanan penutup, yogurt, dan minuman serta beberapa pengobatan karena sifatnya yang menenangkan, melembapkan, dan menyejukkan sehingga berguna untuk mengobati luka bakar dan sengatan matahari serta menghilangkan rasa sakit. Oleh karena itu, Aloe Vera sangat cocok dan penting untuk digunakan saat musim panas, dilansir dari plants.ces.ncsu.edu.

 

 

Cara Menggunakan Aloe Vera untuk Perawatan Kulit Musim Panas

Salah satu menfaat Aloe Vera yaitu melembapkan dan menghidrasi kulit yang kering akibat paparan sinar matahari, terutama saat musim panas. Berikut beberapa cara menggunakan Aloe Vera untuk perawatan kulit selama musim panas yang dilansir dari hindustantimes.com.

Aloe Vera sebagai exfoliator kulit

Aloe Vera dapat berfungsi sebagai exfoliator yang sangat baik ketika digunakan sebagai scrub karena dapat menghilangkan kotoran, sel kulit mati dan rusak sehingga menyumbat por-pori dan mengakibatkan jerawat akibat lapisan tebal yang terbentuk. Selain itu, lapisan tersebut juga membuat kulit menjadi terlihat gelap dan kusam serta kehilangan kilau alami. Aloe Vera sebagai exfoliator juga memungkinkan bercak dan bekas luke manjdi lebih terang dan memudar seiring berjalannya waktu. Kamu dapat menggunakan scrub wajah ini dua kali seminggu. 

Aloe Vera sebagai masker pendingin

Memiliki sifat pendinginan membuat Aloe Vera memberikan tampilan yang segar dan menyegarkan karena kandungannya dapat menenangkan kulit yang teriritasi akibat sinar UV atau ruam kulit. Ketika digunakan sebagai masker, Aloe Vera juga dapat meningkatkan kolagen, melembapkan kulit, dan menambah kesegaran wajah. Kamu dapat menggunakannya dua kali dalam seminggu.

 

Aloe Vera sebagai Penambah Warna Kulit

Aloe Vera mengandung senyawa depigmentasi alami atau aloin yang dapat mencerahkan bintik dan bercak gelap serta menghancurkan sel melanin yang ada. Selain itu, juga dapat mencegah pembentukan melanin lebih lanjut di kulit. Kamu dapat menggunakannya dalam krim untuk area siku atau tangan yang di mana kulit akan tampak lebih gelap dari biasanya sehingga dengan menggunakan Aloe Vera dapat mencerahkan kulit dengan memudarkan bercak-bercak gelap. Kamu dapat menggunakannya pada siku dan tangan dua kali sehari untuk menghasilkan kulit yang cerah. 

Aloe Vera sebagai penguat kolagen

Aloe Vera memiliki kemampuan meningkatkan kolagen karena mengandung sterol yang dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga membantu kulit mempertahankan kelembapannya dan membuat kerutan serta garis halus menjadi memudar. Kamu dapat mengoleskannya selapis tipis pada siang atau malam hari. 

Aloe Vera sebagai pelembap

Ketika Aloe Vera digunakan sebagai pelembap dapat membantu merangsang serat kolagen dan elastin untuk meningkatkan elastisitas kulit. Kamu dapat menggunakannya sesuai kebutuhan agar kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi.

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading