Sukses

Beauty

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Untuk Merawat Kulit Tubuh dari Dalam

Fimela.com, Jakarta Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Wajah juga jadi salah satu hal yang dinilai dari penampilanmu. Oleh karena itu, banyak orang berupaya semaksimal mungkin untuk merawat kulit wajahnya. Namun sebenarnya tak hanya kulit wajah saja, kulit badan pun juga harus dirawat.

Merawat kulit badan ada berbagai cara, baik dari dalam maupun luar tubuh. Merawat kulit dari luar contohnya adalah dengan memakai lulur atau body scrub dan body lotion. Perawatan kulit dari dalam pun tak boleh kamu lewatkan. Berikut berbagai makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai upaya untuk merawat kulit badanmu.

1. Pepaya

Buah pepaya adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Sifat antioksidan dari vitamin C akan melindungi sel kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari. Vitamin C sendiri bekerja dengan memperbaiki DNA yang telah rusak oleh sinar UV.

2. Stroberi

Stroberi sebagai salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C dapat membantu memperlambat munculnya keriput dan masalah kulit kering akibat penuaan.

Vitamin C akan membantu melembapkan kulit. Nutrisi ini juga menetralkan radikal bebas akibat sinar UV dan juga meningkatkan sintesis kolagen dalam tubuh. Nah, kolagen sendiri merupakan protein berserat dan tak larut yang bermanfaat menjaga elastisitas kulit.

3. Jagung

Jagung merupakan makanan sehat untuk kulit yang menjadi sumber terbaik dari lutein, yakni sejenis karotenoid yang bekerja seperti beta karoten. Lutein akan membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut.

4. Bayam

Selain jagung, bayam juga kaya akan lutein untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Sebuah penelitian menemukan bahwa bayam yang disimpan di bawah cahaya selama setidaknya 3 hari menunjukkan adanya peningkatan nutrisi di dalamnya. Bayam jadi lebih kaya akan vitamin C, vitamin K, vitamin E, lutein, dan zeaxanthin. Maka dari itu, pilihlah bayam pada tumpukan paling atas yang terkena sinar matahari saat membelinya.

5. Edamame

Edamame kaya akan isoflavon, yakni antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas dari paparan sinar matahari penyebab penuaan dini.

Kondisi kulit seiring bertambahnya usia ini dapat disebabkan menurunkan kolagen. Hal ini bisa ditandai dengan kulit kendur, berkerut, dan muncul flek hitam. Nah, makan makanan sehat untuk kulit seperti edamame membantu meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah perubahan kulit akibat efek penuaan.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Asam lemak omega-3, yakni DHA dan EPA, yang ditemukan dalam ikan salmon dapat melindungi sel dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV. Sebuah studi dalam Journal of Clinical Medicine (2016) bahkan menegaskan omega-3 dapat bermanfaat mengurangi risiko kanker kulit non-melanoma, terutama pada orang yang berisiko tinggi.

7. Ikan Tuna

Tidak hanya salmon, ikan tuna yang lebih terjangkau juga tergolong makanan sehat untuk kulit yang kaya kandungan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan jerawat dan kemerahan. Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E yang bermanfaat sebagai antioksidan penting untuk kulit. Vitamin E membantu menjaga kulit agar terlihat awet muda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading