Sukses

Beauty

Pentingnya Sunscreen dalam Pencegahan Kerusakan DNA Kulit Akibat Sinar UV

Fimela.com, Jakarta Beberapa bulan ini, Indonesia sedang dilanda cuaca panas luas biasa dengan kenaikan index UV yang meningkatkan risiko kerusakan pada kulit. Risiko ini semakin meningkat akibat paparan sinar blue-light dari layar gadget yang digunakan terus menerus. Melihat permasalahan ini, BKMG mengingatkan kita untuk menggunakan sunscreen setiap hari guna mengurangi bahaya kerusakan Skin DNA dan pencegahan kanker kulit.

Sayangnya, tidak sedikit masyarakat yang masih mengabaikan penggunaan sunscreen setiap hari sehingga kulit tidak memiliki perlindungan yang memadai terhadap paparan sinar UV. Paparan sinar UV akan merubah struktur DNA bahkan hingga merusak dan dapat memicu munculnya pertumbuhan sel kanker pada kulit. Itulah penyebab mengapa sunscreen begitu penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain karena melindungi kulit dari bahayanya paparan sinar matahari, sunscreen juga bisa menunda datangnya tanda-tanda penuaan, Lho!

Pemilihan sunscreen pun tidak bisa sembarangan karena harus disesuaikan dengan kebutuhan serta tipe kulit kamu. Sebab jika salah memilih sunscreen, bisa terjadi risiko terlalu kering ataupun berminyak. Amaterasun adalah merek sunscreen lokal pertama yang dilengkapi dengan teknologi Intelligent DNA Guardian yang tidak hanya menjaga lapisan luar kulit, namun juga lapisan dalam kulit hingga DNA. Lalu, bagaimana dengan penggunaannya?

Perhatikan penggunaan sunscreen yang benar

Sunscreen telah menjadi rutinitas harian untuk merawat kulit sehat dengan pemberian perlindungan secara maksimal. Mereka adalah alat canggih yang bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, sebum berlebih, melembapkan, dan tak lupa dengan perlindungannya yang tinggi. 

Seperti yang disebutkan oleh Irene Ursula, founder dari brand sunscreen lokal Amaterasun. “Sunscreen sudah menjadi bagian dari gaya hidup saat ini. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa sunscreen penting dan dapat berfungsi sebagai anti-aging untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam, keriput, dll.” 

Bagi sahabat Fimela yang masih bimbang dalam penggunaan sunscreen, di bawah ini ada serba-serbi tips memakai sunscreen yang harus diketahui.

Pemilihan sunscreen sesuai dengan kenyamanan pribadi

Pada dasarnya, SPF pada sunscreen merupakan bahan utama yang memberikan perlindungan dari paparan sinar UV. Setidaknya memilih sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk memberikan perlindungan yang tinggi. Selain itu, perhatikan teksturnya yang ringan agar tidak meninggalkan rasa berat dan tampilan white cast. 

Perhatikan penggunaan sunscreen di bawah riasan

Memilih sunscreen tidak hanya sekadar mencari mana produk yang paling banyak memiliki kandungan, tetapi juga pastikan untuk tidak akan membuat riasan kamu luntur. Urutan penggunaan sunscreen yang benar adalah setelah menggunakan pelembab dan sebelum menempelkan riasan. Perhatikan sunscreen yang kamu pilih, apakah membuat riasan (piling) geser atau tidak. 

Urutan penggunaan sunscreen 

Kocok sunscreen terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya ke wajah ataupun badan. Disarankan mengambil produk sebanyak dua ruas jari ke seluruh wajah secara merata di tahapan terakhir skincare dan sebelum makeup. Gunakan sunscreen 15 sampai 30 menit sebelum bepergian guna memastikan sunscreen telah menyerap dengan sempurna.

Tubuh juga perlu menggunakan sunscreen!

Sederhananya, semua bagian tubuh yang terkena paparan sinar UV perlu dilindungi. Baik itu lengan, kaki, dan leher. Sama halnya dengan penggunaan di wajah, pada bagian tubuh juga harus ditunggu beberapa menit hingga menyerap dengan sempurna. 

Amaterasun hadirkan dispenser sunscreen di jalanan

Amaterasun UV Sunscreen Serum SPF50+ PA++++ memiliki tekstur super ringan yang membuat kulit terasa tidak memakai sunscreen. Berkat kandungan antioksidan di dalamnya, sunscreen ini dapat digunakan sebagai perawatan kulit untuk memperkuat skin barrier, sehingga menenangkan kulit kemerahan.

Jangan khawatir, sunscreen Amaterasun dibekali dengan vegan broad spectrum yang membuat kulit wajah kamu anti lengket dan tak akan membuat riasan kamu geser meskipun saat mengaplikasikan ulang sunscreen-nya. Mereka ringan digunakan tanpa meninggalkan rasa lengket dan stain yang menempel. 

Selain itu, Amaterasun ingin mengajak kita semua untuk semakin peduli dengan kesehatan kulit serta menjaga DNA kulit dari kerusakan dengan menghadirkan dispenser sunscreen yang berisi sunscreen serum yang dilengkapi dengan Comfortable SKIN DNA Protector yang nyaman digunakan dan tentunya mampu menjaga kulit dari sinar UV. 

Nantinya dispenser sunscreen ini akan ditempatkan di berbagai lokasi public area, terutama di daerah Jakarta dan sekitarnya.

“Harapan kami, dengan hadirnya sunscreen Amaterasun yang dilengkapi dengan teknologi Intelligent DNA Guardian bisa menjawab kebutuhan masyarakat dalam menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar UV.” tutup Irene.

Produk Amaterasun telah tersedia di official store Amaterasun, Beautyhaul, dan toko- toko kecantikan terdekatmu. 

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading