Sukses

Beauty

Deretan Khasiat Buah Sebagai Perawatan Kulit Alami

Fimela.com, Jakarta Seiring berjalannya waktu, semakin banyak inovasi prosedur perawatan wajah muncul ke permukaan yang dipercaya bisa membantu mencapai wajah ideal. Tak perlu mahal-mahal perawatan ke klinik kecantikan jika bisa dilakukan secara alami dari rumah. Perawatan kulit alami melibatkan penggunaan bahan-bahan seperti buah-buahan yang bisa menunjang dan menjaga kecantikan kulit.

Buah adalah makanan lezat yang dikemas dengan nutrisi serta mineral yang tinggi. Tak hanya bermanfaat untuk tubuh dari dalam, tetapi juga kesehatan kulit secara keseluruhan. Berbagai macam buah-buahan mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dikaitkan dengan perawatan kulit wajah. Nutrisi alami dari buah akan langsung diresap oleh kulit tanpa adanya proses tambahan dari bahan kimia. Selain itu, sejumlah buah juga relatif lebih murah daripada produk kecantikan yang tersebar di pasaran. 

Salah satunya yang paling populer adalah eye mask menggunakan mentimun. Mereka seringkali digunakan di sekitar area mata untuk mengurangi lingkaran hitam sekaligus mengurangi pembengkakan kantong mata. Masih banyak lagi macam-macam buah lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai perawatan kulit alami, yuk baca lebih lanjut di bawah ini. 

 

 

Alpukat

Alpukat, salah satu buah yang sangat populer ditemukan pada olahan masakan dan minuman. Mereka diperkaya dengan Omega 3 dan lemak sehatnya yang tinggi, bisa menjadi senjata rahasia kulit lembap. Mereka bekerja sebagai minyak alami dan sifat antioksidannya yang mampu membantu melindungi kulit akibat radikal bebas. Berkat vitamin E dari alpukat, mereka ampuh dalam menghidrasi lapisan sampai menembus kulit.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, cukup ditumbuk dengan halus dan oleskan ke seluruh wajah layaknya masker. Bilas dengan air bersih dan gunakan secara teratur untuk dapatkan kulit bersih berkilau.

Pepaya 

Pepaya merupakan buah-buahan yang ampuh untuk melancarkan sistem pencernaan yang tersumbat. Mereka kaya akan vitamin A, C, E, dan K yang berfungsi sebagai enzim sebagai peremajaaan untuk pengelupasan sel-sel kulit mati. Hal ini dapat melakukan pembersihan pori-pori yang tersumbat dan mengurangi datangnya jerawat.

Melansir dari laman Healthline, vitamin A pada pepaya juga memiliki konsentrasi retinol yang tinggi, berfungsi untuk mengurangi peradangan akibat jerawat. Penggunaannya juga sama layaknya menggunakan masker wajah, ditumbuk, dioleskan, didiamkan, dan dibilas. 

Jeruk

Buah yang memiliki rasa asam ini ternyata juga bekerja dengan baik sebagai perawatan wajah. Tak perlu diragukan lagi kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk mampu untuk membersihkan kulit sekaligus membasmi jerawat. Mereka juga mendukung proses pengembalian elastisitas kulit dan produksi kolagen, sehingga bisa membuat kulit lebih kencang. Ini menjadi aspek yang sangat dicari-cari untuk mendapatkan wajah awet muda. Berkat antioksidan pada jeruk yang tinggi juga populer dengan perbaikan kerusakan kulit akibat sinar UV. 

Kiwi

Serupa dengan jeruk, buah kiwi juga dibekali dengan antioksidan, vitamin C, dan vitamin E nya yang tinggi. Lagi-lagi antioksidannya yang menjadi bintang utama, mereka dapat membantu menyembuhkan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan paparan sinar UV yang berbahaya. Vitamin E pada kiwi juga membantu memberikan hidrasi yang kuat, sehingga sangat cocok bagi pemilik kulit kering. 

DIY masker wajah dari buah-buahan

Jangan khawatir, sahabat Fimela tak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk membeli berbagai rangkaian produk demi mendapatkan wajah yang sehat berkilau. Tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri dari rumah menggunakan buah-buahan dan bahan dapur. Sudah Fimela siapkan beberapa cara mengolahnya, sebagai berikut. 

Masker pepaya dan madu

Siapkan buah pepaya secukupnya dan satu sendok makan madu. Kemudian tumbuk pepaya hingga halus, namun sisakan sedikit potongan-potongan kasar. Campurkan dengan madu dan aduk hingga rata. Sebelum mengoleskannya, pastikan wajah telah bersih dan dikeringkan. Aplikasikan adonan masker ke seluruh wajah dengan merata, diamkan selama 15-20 menit. Bilas dan keringkan dengan handuk bersih, gunakan seminggu 1 sampai 3 kali dalam seminggu untuk hasil optimal. Pepaya membantu untuk mempromosikan wajah awet muda berkat enzim papainnya, sementara madu bagus untuk melembapkan kulit. 

 

 

 

Campuran kiwi dan alpukat

 

Siapkan setengah buah alpukat dan setengah buah kiwi serta satu sendok teh madu. Tumbuk kiwi dan alpukat hingga menjadi pasta yang halus. Masukkan ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan madu yang telah disiapkan. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan, tunggu hingga 30 menit. Jangan lupa untuk dibilas menggunakan air bersih dan dilanjut dengan rutinitas perawatan wajah lainnya. Kedua bahan ini adalah perpaduan yang sempurna untuk memberikan kelembapan yang kuat.

Kulit jeruk dan yogurt

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jeruk kaya akan vitamin C dan sifat antioksidan. Tak hanya buahnya saja yang bisa digunakan, kulit jeruk pun juga dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah. Mungkin masker yang satu ini akan membutuhkan beberapa hari untuk siap digunakan, namun rasanya sepadan setelah melihat hasil yang diberikan.

Siapkan tiga buah kulit jeruk, satu sendok makan yogurt, dan satu sendok teh madu. Potong-potong kulit jeruk menjadi potongan kecil, lalu keringkan di bawah sinar matahari selama sekitar tiga hari. Jika tiga hari sudah berlalu, maka haluskan kulit jeruk sampai membentuk seperti bubuk. Ambil dua sendok teh bubuk kulit jeruk dan campurkan dengan madu dan yogurt, aduk rata. Oleskan adonan masker ke wajah yang telah dibersihkan, diamkan selama 20 menit. Kemudian bersihkan sampai bersih dan keringkan dengan handuk bersih. 

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading