Sukses

Beauty

Bebas Kulit Kusam, Ini 12 Tips Perawatan yang Ampuh Bikin Wajah Makin Cerah Bercahaya

Fimela.com, Jakarta Tahu nggak sih kalau salah satu ciri kulit sehat adalah tampilan yang terlihat bercahaya, lembap, dan bebas kulit kusam? Yup, memiliki wajah yang tampak glowing tentu saja dapat menunjang penampilan dan rasa percaya diri secara menyeluruh. Tapi, hal ini nggak bisa diperoleh secara instan. Butuh perawatan rutin yang harus dilakukan dengan konsisten demi bisa memiliki pancaran wajah cerah bebas kusam yang jadi impian.

Nggak perlu menerapkan perawatan mahal. Beauty routine yang dilakukan sehari-hari juga bisa membantu mewujudkan wajah cerah dan bercahaya yang kamu inginkan, lho! Apa sih rahasianya? Kenali lebih jauh apa saja penyebab kulit kusam dan perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Kenali Faktor Penyebab Kulit Kusam

Kulit kusam sebenarnya menjadi salah satu masalah paling umum yang dialami perempuan. Biasanya hal ini ditandai dengan kulit yang tampak kehilangan cahaya alaminya, sehingga penampilan cenderung lebih tua dengan kulit yang kurang sehat. Nggak hanya itu saja, tekstur kulit biasanya juga terlihat kurang merata, kulit tampak lebih gelap, muncul noda hitam hingga kerutan halus.

Lalu apa saja sih penyebab kulit kusam? Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi masalah tersebut. Misalnya saja penumpukan sel kulit mati di permukaan wajah yang tidak terangkat dengan baik, sehingga mengganggu produksi sel baru yang lebih sehat. Penumpukan sel kulit mati tersebut bisa membuat kulit tampak lebih kusam dan kurang bercahaya.

Selain itu, masalah kulit kusam juga bisa disebabkan oleh kebiasaan skin treatment yang buruk. Misalnya saja malas membersihkan wajah yang membuat kotoran menumpuk dan menyumbat pori-pori, tidak menggunakan pelembap sehingga kulit terlihat lebih kering dan berkerut, hingga formula skincare yang dipakai kurang tepat.

Faktor penyebab kulit kusam lainnya juga disebabkan oleh paparan sinar matahari yang dapat membakar kulit. Bukan rahasia lagi kalau radiasi sinar UV dapat berdampak pada kulit yang terlihat lebih gelap, kusam, hiperpigmentasi, hingga munculnya tanda penuaan dini.

Bebas Kulit Kusam dengan Perawatan Harian Rutin

Ada banyak faktor risiko penyebab kulit kusam yang bisa terjadi. Jadi, penting untuk melakukan perawatan kulit secara rutin yang berperan untuk menjaga agar kulit tetap sehat, lembap, dan bercahaya. Untungnya, perawatan wajah untuk mewujudkan bebas kulit kusam bisa dilakukan di rumah dengan mudah, lho. Apa saja sih?

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Kalau ingin memiliki wajah yang bebas kulit kusam, membersihkan wajah secara rutin jadi salah satu basic skincare yang wajib banget dilakukan. Kotoran, debu, minyak di wajah, hingga sisa makeup yang menempel bisa berisiko menyumbat pori-pori. Jika hal ini terjadi, regenerasi sel kulit yang baru nggak akan berjalan dengan maksimal. Selain itu, berisiko juga muncul masalah kulit lainnya seperti jerawat.

Bagi yang ingin terbebas dari masalah kulit kusam yang mengganggu, pastikan rutin membersihkan wajah 2 kali sehari dengan teknik double cleansing. Step pertama, bersihkan wajah dengan micellar water atau facial cleanser lainnya, lalu step kedua dilanjutkan mencuci wajah dengan facial foam.

2. Gunakan Air Dingin untuk Membasuh Wajah

Bebas kulit kusam juga bisa diwujudkan dengan memperhatikan suhu air yang digunakan untuk membasuh wajah. Apa hubungannya sih? Ternyata, air yang terlalu panas bisa mengikis kelembapan alami kulit yang kemudian membuatnya jadi kering. Hal ini dapat merangsang produksi minyak alami makin meningkat yang malah membuat wajah tampak kusam.

Jadi, disarankan untuk membasuh wajah dengan air dingin yang juga berperan untuk menutup pori-pori kulit. Setelah itu, jangan lupa keringkan wajah menggunakan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepukkan secara lembut.

3. Jangan Skip Penggunaan Moisturizer

Kulit yang kering dan kurang terjaga kelembapannya bisa menjadi salah satu penyebab wajah tampak kusam. Jadi, kalau ingin membuatnya terlihat lebih glowing, jangan lupa untuk selalu menggunakan moisturizer atau pelembap.

Pastikan pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Selain itu, kenali juga bahan-bahan yang dapat membantu membuat wajah terlihat lebih cerah bercahaya. Misalnya saja Hyaluronic Acid yang dapat membuat kulit terhidrasi sehingga wajah dapat terlihat lebih lembap dan bersinar.

Selain itu, Niacinamide juga menjadi salah satu kandungan skincare yang populer untuk wajah kusam. Formula yang satu ini berasal dari vitamin B3 yang dikenal ampuh memudarkan noda hitam bekas jerawat dan hiperpigmentasi lainnya. Niacinamide juga bekerja untuk mencegah efek peradangan pada kulit.

4. Pilih Serum dengan Kandungan Pencerah

Kalau sudah menggunakan moisturizer, perlu pakai serum nggak ya? Jika ingin bebas kulit kusam, maka jawabannya adalah perlu! Serum merupakan produk skincare yang formulanya fokus pada masalah kulit secara spesifik, misalnya saja anti-aging, jerawat, hingga kulit kusam.

Pastikan serum yang digunakan memiliki kandungan pencerah seperti vitamin C yang banyak diandalkan untuk meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi efek hiperpigmentasi. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa vitamin C merupakan bahan aktif, jadi pastikan kamu nggak alergi atau mengalami iritasi ketika menggunakannya.

Selain vitamin C, glycolic acid juga menjadi salah satu bahan yang populer dalam serum pencerah. Zat ini mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga banyak disarankan untuk dipakai secara rutin bagi yang memiliki masalah kulit kusam dan nggak bercahaya.

5. Pakai Sunscreen untuk Lindungi Kulit dari Sinar UV

Radiasi sinar UV merupakan salah satu ‘musuh’ utama yang bikin kulit tampak kusam dan lifeless. Jadi, penting untuk selalu melindungi wajah dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kusam, hiperpigmentasi, hingga memunculkan tanda penuaan dini.

Gunakan sunscreen secara rutin 10 menit sebelum keluar rumah. Produk ini juga wajib digunakan saat cuaca mendung, bahkan ketika kamu bekerja di dalam ruangan sekalipun karena sinar UV dapat menembus ke dalam kaca. Jangan lupa untuk gunakan sunscreen ulang setiap 3 jam sekali untuk memaksimalkan perlindungan yang diperlukan.

6. Perawatan Mingguan dengan Eksfoliasi Kulit

Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan wajah menjadi salah satu penyebab utama kulit terlihat kusam. Untuk mengangkatnya dengan maksimal, eksfoliasi bisa menjadi rutinitas perawatan kulit mingguan untuk terbebas dari masalah wajah kusam.

Gunakan scrub dengan butiran lembut yang dapat bekerja untuk mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh. Selain scrub, bisa juga mencoba eksfoliasi dengan skincare yang mengandung AHA/BHA. Chemical exfoliator tersebut dapat digunakan untuk sebagai opsi bagi pemilik kulit kering dan sensitif yang rentan iritasi jika menggunakan scrub.

7. Gunakan Sheet Mask

Bagi yang bermasalah dengan wajah kusam karena kondisi kulit yang kering, sheet mask bisa jadi ritual perawatan yang bisa dilakukan setiap 2 kali dalam seminggu. Secara umum, masker wajah berbentuk lembaran ini bekerja untuk melembapkan kulit dengan maksimal. Jangan lupa pilih kandungan produk yang sesuai dengan jenis kulit.

Sheet mask biasanya memiliki kandungan serum yang dapat menutrisi kulit dengan baik agar wajah tampak sehat, cerah dan bercahaya. Nah, pastikan pakai sheet mask dengan benar untuk memaksimalkan hasilnya. Misalnya dengan tidak menggunakan sheet mask lebih dari 20 menit karena lembaran sheet mask yang kering bisa menyerap kembali nutrisi pada kulit.

8. Aplikasikan Masker dari Bahan Alami

Selain sheet mask, memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar juga bisa dipilih untuk perawatan wajah setiap minggu. Misalnya saja masker tomat yang bisa jadi pilihan untuk perawatan di rumah. Tomat memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi untuk merangsang produksi kolagen. Kadar kolagen yang tinggi dapat membuat kulit tampak elastis dan sehat.

Untuk membuat masker tomat, kamu bisa siapkan 1 buah tomat dan potong. Peras airnya dan tambahkan buttermilk, aduk rata. Gunakan campuran ini ke seluruh wajah dan leher, tunggu hingga 20 menit. Bilas hingga bersih.

Selain masker tomat, kamu juga bisa menjajal masker lidah buaya yang juga berperan untuk menjaga hidrasi alami kulit. Caranya mudah, siapkan 1 sdm gel lidah buaya, 2 sdm krim susu dan kunyit. Campur semua bahan dan oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit, bilas dengan air bersih.

9. Rutin Minum Air Putih

Tubuh yang mengalami dehidrasi ternyata bisa membuat kulit tampak kusam dan nggak bercahaya. Demi bebas kulit kusam, saatnya perhatikan asupan cairan tubuh setiap hari dengan mengonsumsi air putih 8 gelas sehari.

Bawa selalu botol air putih ke mana pun saat beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ini. Jika bosan minum karena rasanya hambar, bisa juga dengan menambahkan potongan buah seperti kiwi, lemon, atau stroberi untuk menjadi infuse water yang lebih segar.

10. Olahraga Secara Teratur

Tahukah kamu olahraga secara teratur juga bisa membantu terbebas dari masalah wajah kusam? Yup, kegiatan yang satu ini dapat merangsang aliran darah lebih lancar yang membuat kulit tampak lebih sehat. Selain itu, keringat yang keluar saat olahraga juga dapat membersihkan pori-pori untuk mendukung tampilan bebas kulit kusam.

Lakukan olahraga ringan seperti jogging, yoga, atau olahraga favorit lainnya secara rutin. Nggak hanya bisa membantu wajah terlihat lebih cerah, tapi juga menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

11. Hindari Begadang

Begadang dan kurang tidur jadi salah satu faktor yang membuat wajah terlihat kusam secara instan. Saat kurang tidur, kulit biasanya cenderung lebih gelap. Selain itu, muncul juga lingkaran hitam di sekitar mata yang membuat penampilan makin terlihat lifeless.

Begadang mengacaukan proses regenerasi sel di dalam tubuh yang hanya bisa bekerja dengan maksimal saat tubuh terlelap. Oleh karena itu, jika ingin mewujudkan kulit cerah dan bercahaya impian, perhatikan selalu waktu istirahat yang tepat. Tidur yang cukup idealnya 6-7 jam setiap hari demi menunjang regenerasi sel kulit berjalan dengan baik.

12. Asupan Nutrisi Lewat Makanan yang Tepat

Last but not least, jangan lupa dukung lewat asupan nutrisi yang tepat. Bebas kulit kusam bisa diwujudkan dengan pemilihan sayur dan buah-buahan sebagai menu makanan yang banyak dikonsumsi. Sebisa mungkin hindari makanan berminyak dan berlemak tinggi karena bisa memicu produksi minyak alami kulit yang meningkat, sehingga wajah pun tampak berminyak dan kusam.

Perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam, kale, kangkung dan sawi yang bekerja untuk memberikan berbagai nutrisi kulit sekaligus melawan penuaan dini. Jangan lupa perbanyak juga konsumsi buah-buahan seperti alpukat yang kaya antioksidan dan Omega-3 untuk menunjang perawatan wajah cerahmu.

Bebas kulit kusam ternyata mudah banget kan diwujudkan lewat perawatan sehari-hari yang tepat? Yuk, waktunya menerapkan berbagai tips di atas untuk menunjang penampilanmu, Sahabat Fimela! Selamat mencoba ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading