Sukses

Beauty

Bebas Wajah Kusam Ternyata Bisa Diwujudkan dengan 10 Langkah Mudah Saja, Sudah Tahu?

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit wajah cantik, sehat, dan bersinar memang bisa mendongkrak rasa kepercayaan diri setiap perempuan. Meski begitu, kulit wajah yang baik bukan berarti nggak akan mengalami berbagai permasalahan mengganggu. Di beberapa kasus, banyak perempuan yang seringkali mengeluhkan kondisi kulit kasar dan mengusam. Ciri-ciri kulit kusam ini bisa terlihat dari kulit yang tampak kering, tekstur yang nggak merata, hingga kulit yang berwarna pucat atau nggak cerah. 

Demi bisa mewujudkan bebas wajah kusam, berbagai cara pun akhirnya ditempuh oleh para perempuan yang memiliki kondisi ini. Mulai dari penggunaan skincare kulit kusam, menerapkan metode alami, hingga melakukan perawatan ke dokter kecantikan. Akan tetapi, ada beberapa orang yang menghindari perawatan dengan harga mahal karena alasan keterbatasan biaya. 

Eits, nggak perlu khawatir dulu. Pasalnya, cara mengatasi kulit wajah kusam kini juga bisa dilakukan dengan biaya terjangkau dan nggak pakai ribet. Jadi, tips ini pun bisa diterapkan oleh siapapun yang mengalami kondisi wajah kusam dan nggak bercahaya. Intip dulu yuk informasinya berikut ini!

Cari Tahu Penyebab Terjadinya Kulit Wajah Kusam

Sebelum membahas perawatan wajah kusam apa saja yang perlu dilakukan, ada baiknya jika kamu mengenali dulu berbagai faktor penyebab terjadinya kulit wajah kusam. Beberapa penyebab wajah kusam biasanya berasal dari lingkungan sekitar, kondisi tubuh, hingga kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa sadar dilakukan.

Nah, biasanya semakin bertambah usia seseorang, maka akan semakin mudah pula terkena kondisi kulit kusam dan berminyak. Yup, permasalahan kulit akibat pertambahan usia memang sulit untuk dihindari. Ini bisa terjadi karena lambat laun, produksi protein penyokong kulit atau kolagen akan semakin berkurang. Sehingga kulit jadi menunjukkan tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kering, kusam, penuh garis halus, dan bahkan nggak bercahaya lagi. 

Adapun beberapa faktor lingkungan yang dimaksud adalah paparan sinar UVA dan UVB dari matahari. Kedua jenis sinar ultraviolet ini mampu menembus permukaan kulit hingga lapisan terdalam. Bila kulit terpapar secara terus menerus, maka bisa saja terjadi pigmentasi dan penuaan dini pada kulit wajah. 

Selain itu, dampak sinar UV yang dibiarkan ini pun bisa menyebabkan photoaging dan juga kanker kulit. Bukan cuma itu, faktor lingkungan penyebab wajah kusam juga bisa berupa polusi yang tersebar di mana-mana. Untuk itu, berhati-hatilah saat sedang berada di berbagai tempat, khususnya di luar ruangan.

Di sisi lain, penyebab wajah kusam yang diakibatkan oleh beberapa kebiasaan buruk di antaranya adalah kurang memenuhi asupan cairan, nggak rutin memakai pelembap, sering begadang, memiliki stress yang nggak dikelola dengan baik, banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis, sering merokok, hingga kebiasaan minum alkohol secara berlebih. 

Wujudkan Bebas Wajah Kusam dengan Rangkaian Perawatan Harian

Cara mengatasi kulit wajah kusam bisa dilakukan lewat berbagai rangkaian perawatan harian. Tentunya, menerapkan langkah-langkah ini juga memerlukan ketekunan agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk itu, berikut 10 langkah mudah terbebas dari wajah kusam yang bisa diikuti.

1. Rutin Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam mewujudkan wajah bebas kusam dan glowing adalah dengan selalu menjaga kebersihannya. Dengan kulit wajah yang bersih, formula skincare kulit kusam yang digunakan pun akan lebih mudah terserap secara optimal, sehingga perubahan yang dialami bisa lebih terlihat. 

Cara membersihkan wajah kusam juga sangat sederhana. Cukup terapkan saja metode double cleansing, di mana tahap awalnya bisa menggunakan oil cleanser, milk cleanser, atau micellar water untuk bersihkan kotoran dan sisa makeup. Selanjutnya, cuci muka menggunakan sabun cuci muka agar wajah bisa bersih maksimal. Mencuci muka ini sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu saat mau memulai aktivitas dan sesudah menjalani aktivitas. 

2. Perkuat Bagian Luar Kulit Wajah

Menjaga skin barrier atau lapisan kulit terluar juga penting dilakukan untuk mewujudkan wajah bebas kusam. Pasalnya, skin barrier ini memiliki fungsi penting untuk memberikan proteksi menyeluruh hingga lapisan kulit terdalam dan menjaganya agar tetap sehat serta lembap. Jika terjadi kerusakan pada lapisan kulit ini, maka wajah bisa menjadi kering, kusam, dan berujung pada tanda-tanda penuaan dini lainnya. 

Untuk itulah, merawat dan memperkuat skin barrier menjadi hal yang penting agar fungsinya bisa berjalan dengan baik. Sehingga, kulit bisa menyerap berbagai formula skincare kulit kusam yang diaplikasikan dan kemudian membuatnya menjadi lebih cerah serta glowing.

3. Lakukan Perawatan Wajah dengan Produk yang Mengandung Vitamin C

Mencerahkan wajah kusam dalam semalam akan mungkin jika disertai dengan perawatan yang tepat. Kamu bisa menggunakan produk tertentu yang telah dilengkapi vitamin C di dalamnya. Kandungan vitamin C pada produk perawatan dan kecantikan kulit ini memiliki khasiat sebagai antioksidan yang baik. Sehingga, kulit wajah bisa lebih terawat dan terbebas dari berbagai permasalahan akibat paparan sinar matahari. Selain itu, vitamin C juga mampu menangkal radikal bebas yang mampu merusak lapisan kulit tanpa kamu sadari. Dengan begitu, kulit wajah akan bisa lebih sehat, cerah, dan bercahaya.

4. Rajin Menggunakan Pelembap

Rajin menggunakan pelembap juga menjadi salah satu cara mengatasi kulit wajah kusam yang bisa diterapkan mulai sekarang. Pasalnya, ketika kondisi kulit sedang kering, maka wajah akan lebih terlihat kusam. Ini bisa terjadi karena adanya penumpukan kulit kering di permukaan wajah, entah itu karena terkena paparan sinar matahari atau akibat radikal bebas yang dialami setiap hari.

Pelembap ini diyakini akan senantiasa menjaga kelembapan kulit ketika kamu beraktivitas seharian. Namun, menggunakan produk ini haruslah secara rutin agar khasiatnya bisa kamu rasakan. Selain itu, jangan lupa pilih produk pelembap yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki. 

5. Disiplin Menggunakan Sunscreen

Selain menggunakan pelembap, kamu pun juga harus disiplin dalam mengaplikasikan sunscreen. Sunscreen atau tabir surya wajib digunakan setiap hari karena memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dalam jangka waktu panjang. Dampaknya memang nggak bisa dirasakan secara instan, namun jika kamu tekuni dalam jangka waktu yang lama, maka kulit wajah akan bisa lebih terawat dan terasa lebih sehat.

Pada dasarnya, sunscreen digunakan agar bisa terlindungi dari paparan sinar UV matahari. Dengan begitu, kulit akan terhindar dari bintik-bintik hitam yang dapat membuat wajah menjadi kusam. Jadi, jangan lewatkan pemakaian sunscreen setiap dua jam sekali, agar kulit wajah nggak kusam dan tetap cerah.

6. Rutin Eksfoliasi Wajah

 

Bebas wajah kusam juga bisa diwujudkan dengan cara rutin melakukan eksfoliasi kulit. Melakukan aktivitas ini akan bisa bantu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam dan berminyak. Kamu bisa mengeksfoliasi kulit dengan rutin sebanyak dua kali seminggu. Meski begitu, frekuensi eksfoliasi ini juga perlu disesuaikan kembali dengan kondisi kulit yang dimiliki. Jika punya kulit yang lebih sensitif, maka bisa mengeksfoliasi kulit sebanyak satu kali seminggu saja. 

Cara membersihkan wajah kusam dengan metode eksfoliasi juga bisa dilakukan dengan produk perawatan ataupun bahan-bahan alami. Jika menggunakan produk perawatan yang dijual di pasaran, maka scrub, exfoliating toner, dan bahkan serum bisa menjadi pilihannya. Namun, bila lebih memilih cara alami, maka bisa banget memanfaatkan oatmeal, campuran timun dan teh hijau, campuran yogurt dan gula, serta kombinasi bubuk kopi dan minyak zaitun. 

7. Gunakan Masker Wajah

 

Perawatan wajah kusam selanjutnya yang bisa dicoba adalah menggunakan masker wajah. Menggunakan masker wajah secara rutin setidaknya dua hingga tiga kali seminggu dapat membuat kulit tampak lebih bersinar dan terbebas dari noda-noda hitam penyebab wajah kusam. 

Akan tetapi, penggunaan masker wajah ini juga wajib menyesuaikan kondisi kulit kamu. Untuk lebih aman dan supaya bisa mendapatkan manfaat terbaik, carilah masker wajah yang mengandung antioksidan, asam hialuronat, shea butter atau yang mengandung bahan pelembab dan pencerah lainnya.

8. Tidur dengan Cukup

Jika ingin mencoba cara alami menghilangkan wajah kusam, maka beristirahat yang cukup menjadi salah satu solusinya. Tidur dengan waktu yang cukup dan berkualitas diyakini dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. sebab dengan tidur yang cukup, peredaran darah yang ada pada kulit akan bisa mengalir dengan lancar dan pembentukan kolagen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit akan bisa bekerja dengan lebih baik.

Nah, untuk bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas di malam hari, maka kamu bisa mencoba meletakkan bantal yang lebih tinggi dari tubuh di kepala. Hal ini bisa berguna untuk melancarkan peredaran darah di kulit sekaligus mencegah munculnya lingkaran hitam di area mata. Selain itu, pastikan untuk tidur dalam posisi telentang agar kulit wajah nggak tertekan dan tergesek sprei atau bantal. 

9. Konsumsi Makanan yang Bergizi Seimbang

Perlu diketahui bahwa makanan yang dikonsumsi sehari-harinya juga dapat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Untuk itulah, sangat perlu memberikan nutrisi terbaik bagi kebutuhan kulit kamu. Hal ini sendiri bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Misalnya saja seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang tinggi antioksidan, sumber lemak sehat yang berasal dari ikan dan biji-bijian, serta variasi makanan lainnya yang tentu saja harus mengandung gizi baik bagi kesehatan kulit.

Cara bebas wajah kusam yang satu ini memang nggak boleh banget untuk dilupakan. Apalagi dengan memenuhi asupan yang sehat, kulit bisa menerima dampak positif, seperti menjadi kenyal, lembut, glowing, dan bebas dari kekusaman. Di sisi lain, ini juga bisa dilakukan setiap saat tanpa memerlukan biaya yang mahal. Maka dari itu, jagalah asupan sehat dan bernutrisi mulai sekarang agar kulit tetap terjaga kecantikannya.

10. Lakukan Olahraga yang Teratur

Last but not least adalah melakukan olahraga secara teratur. Tahukah kamu bahwa kegiatan sehat ini ternyata bisa memberikan manfaat positif bagi kecantikan dan kesehatan kulit wajah, lho. Yup, olahraga bisa digunakan sebagai salah satu cara alami menghilangkan wajah kusam yang mudah dan tanpa harus keluar biaya sedikitpun. 

Dengan berolahraga, sirkulasi darah bisa menjadi lebih lancar, sehingga kulit pun jadi bisa mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang merata. Akibatnya, kesehatan kulit wajah bisa tetap terjaga, tetap lembap, dan terlihat lebih cerah serta bebas kusam. Di sisi lain, olahraga juga bantu keluarkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit melalui keringat. Ketika keringat keluar, kulit pun akan bisa kembali lebih bersih dan segar. 

Well, itulah tadi beberapa cara mudah untuk mewujudkan kondisi bebas wajah kusam. Meskipun terlihat mudah, namun bila melakukan langkah-langkah di atas dengan telaten dan teratur, maka hasilnya pun juga nggak akan mengecewakan. Jadi, jangan lupa untuk dicoba, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading