Sukses

Beauty

Rambut Rontok Parah Hingga Sebabkan Kebotakan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Sebagai seorang perempuan, permasalahan seperti rambut rontok sudah menjadi suatu hal yang biasa terjadi. Apalagi ketika sisiran, helaian rambut bisa banyak yang nyangkut di sisir atau malah berguguran dengan nggak kira-kira. Masalah rambut seperti ini memang mengganggu banget sebenarnya. Apalagi karena rambut merupakan mahkota perempuan dan eksistensinya sangat penting untuk mendukung penampilan.

Parahnya lagi, jika terlalu sering mengalami rambut rontok, bisa-bisa malah berujung pada kebotakan, yang mana itu merupakan mimpi buruk bagi banyak perempuan. Oleh karena itu, sebisa mungkin rambut harus diberikan perawatan yang tepat dan maksimal agar terhindar dari kerontokan serta rambut patah. Kira-kira apa saja yang perlu dilakukan? Simak berikut ini. 

Penyebab Rambut Rontok Parah yang Jarang Diketahui

Penyebab rambut rontok parah umumnya disinyalir dari berbagai faktor. Misalnya saja seperti tubuh yang kekurangan gizi, menggunakan produk perawatan rambut yang salah, hingga tingkat stress yang tinggi dan terlalu sering. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Terlalu Sering Keramas

Ada beberapa perempuan yang bertanya-tanya, kenapa rambut rontok bisa terjadi. Sadar nggak sadar, ternyata terjadinya masalah ini bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk yang kamu lakukan sendiri. Salah satu di antaranya adalah terlalu sering mengeramasi rambut. Parahnya, ada beberapa orang yang sengaja keramas setiap hari agar rambut mereka tetap bersih dan berkilau.

Padahal, terlalu sering keramas justru akan menyebabkan rambut menjadi kering dan cepat rusak. Penggunaan shampo sendiri memang bertujuan untuk membersihkan berbagai kotoran pada rambut serta minyak berlebih yang dihasilkannya. Namun, bila berlebihan menggunakan produk ini, maka bisa saja minyak di kepala lama-kelamaan jadi berkurang dan rambut pun jadi rentan terhadap berbagai permasalahan. 

2. Keramas dengan Air Hangat

Kebiasaan buruk selanjutnya yang jadi penyebab rambut rontok parah adalah keramas menggunakan air hangat. Tahu alasannya? Yup, karena mencuci rambut dengan air hangat dapat membuat rambut menjadi dehidrasi serta gampang sekali patah. 

Memanfaatkan air dengan suhu yang tinggi juga dapat menguras berbagai nutrisi pada rambut dan kemudian membuatnya rentan terkena kerusakkan. Maka dari itu, mulailah beralih dari pemakaian air hangat ke air yang bersuhu lebih dingin saat kamu mandi ataupun keramas. Sebab, air yang bersuhu lebih rendah dinilai akan lebih baik dan membuat rambut minim mengalami berbagai masalah. 

3. Kekurangan Gizi

Kurangnya asupan gizi bukan hanya mampu membuat tubuh menjadi lebih lemah dan mudah sakit, melainkan juga akan berdampak pada kesehatan rambut kamu. Seseorang yang kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan rambut tumbuh lebih tipis dan rapuh, sehingga sangat mudah mengalami rambut rontok. 

Biasanya, para perempuan yang mengalami kerontokan akibat kekurangan gizi berawal dari proses diet ketat dan kurang sehat. Akibatnya, tubuh mereka memiliki kadar zat besi, protein, dan vitamin yang rendah dan berujung pada lemahnya kulit kepala dan kerontokan.

4. Mengikat Rambut dengat Erat

Penyebab rambut rontok parah lainnya adalah aktivitas mengikat rambut dengan erat. Banyak perempuan yang senang mengikat rambut mereka dengan tujuan bergaya, menghindari suhu panas, hingga sekedar merapikan rambut selama menjalani kegiatan sehari-hari. Tapi, tahukah kamu bahwa kebiasaan ini ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Menguncir rambut dengan kuat dapat menyebabkan folikel rambut jadi stress dan rusak. Hal terburuk yang bisa terjadi dari kebiasaan ini adalah rusaknya folikel rambut secara permanen, sehingga membuat rambut jadi nggak mungkin tumbuh lagi. Untuk itulah, pastikan kamu membiarkan rambut terurai beberapa waktu atau setidaknya ikatlah dengan nggak terlalu erat sehingga rambut juga bisa lebih bernapas. 

5. Terlalu Sering Menggunakan Alat Styling Rambut

Banyak perempuan yang nyatanya suka untuk menata rambut mereka. Yup, styling rambut memang dapat membuat penampilan jadi lebih cantik dan berbeda. Jika bosan dengan gaya sekarang, maka kamu bisa mencoba model rambut yang lainnya.

Sayangnya, menggunakan alat styling rambut ini bisa memicu terjadinya kerusakan pada rambut. Misalnya saja seperti hair dryer, catokan lurus, catokan keriting, hair spray, wax, dan sebagainya. Berbagai alat elektronik ini dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok yang wajib banget diketahui.

Ini karena berbagai alat tersebut dapat merusak protein yang membentuk rambut dan kutikula pelindungnya. Jika kutikula pelindung rambut menjadi rusak, maka kelembapan rambut juga ikut terganggu dan bahkan menimbulkan masalah rambut rontok. Itulah sebabnya, pemakaian peralatan styling rambut harus bisa dibatasi agar hal-hal buruk nggak terjadi pada rambut indahmu.

6. Menggunakan Produk Perawatan yang Salah

Rambut rontok bisa terjadi akibat penggunaan produk perawatan rambut yang salah. Produk perawatan rambut rontok memang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan rambut. Akan tetapi, di sisi lain, pemilihan produk yang salah juga memiliki dampak negatif dan dapat merusak rambut kamu.

Pemakaian produk rambut, seperti shampo, wax, krim, atau masker rambut yang mengandung zat kimia toksik nyatanya dapat merusak kutikula rambut. Bukan itu saja, jika berbagai produk tersebut dipakai secara terus-menerus, rambut bisa saja jadi mengering, mudah rusak, dan berakhir pada terjadinya rambut rontok. Skenario terparahnya, rambut bisa mengalami penipisan hingga kebotakan di sejumlah bagian kepala. Nggak mau kan jika harus begini?

7. Sering Stress

Penyebab rambut rontok parah lainnya yang perlu kamu ketahui dan waspadai adalah stress. Setiap manusia pasti pernah merasakan stress setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka. Apalagi dengan realita kehidupan saat ini, yang semakin hari semakin sulit dijalani dan bahkan terus menuntut siapapun untuk mengikuti berbagai perubahan yang terjadi.

Namun siapa sangka, dengan stress dan emosi nggak terkendali yang sering dirasakan ini bisa memberikan pengaruh buruk pada kesehatan dan keindahan rambut. Stress yang terlalu berlebih dapat membatasi kerja folikel rambut dan menyebabkan pertumbuhan rambut baru jadi terhenti. 

Faktor seperti ini pun juga mampu menyebabkan kegagalan dalam mencari nutrisi untuk rambut, sehingga rambut bisa tumbuh dalam kondisi yang kurang baik. Oleh karena itu, sebaiknya kelola rasa stress dengan lebih baik mulai sekarang agar kamu bisa terhindar dari terjadinya rambut rontok.

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Mudah?

Rambut rontok sebenarnya bukan hal baru untuk dialami dan bisa banget untuk diatasi. Hanya, demi bisa membuat rambut kembali indah dan sehat tentu saja butuh effort tepat dari para perempuan yang mengalami kondisi rambut rontok parah tersebut. Lalu, apa saja sih yang perlu dilakukan? Ini dia daftarnya.

1. Terapkan Pola Hidup yang Sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab rambut rontok parah bisa terjadi akibat faktor kebiasaan atau pola hidup yang kurang sehat. Pasalnya, dari berbagai pola hidup nggak sehat yang kamu terapkan, bisa saja memicu aneka kondisi kesehatan seperti kurangnya nutrisi hingga anemia. Jika sudah begitu, masalah rambut rontok jadi nggak bisa dihindari lagi.

Oleh karena itu, terapkan pola hidup sehat mulai sekarang dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin. Sehingga, tubuh bisa tetap sehat dan fit, serta rambut rontok bisa dicegah kemunculannya.   

2. Hindari Keramas yang Terlalu Sering

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan menghindari keramas yang terlalu sering. Pada dasarnya mencuci rambut hanya perlu dilakukan sebanyak satu hingga tiga kali dalam seminggu. Ini sengaja dianjurkan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya rambut rusak, kering, mudah patah, dan rambut rontok. 

Nggak cuma itu, keramas nyatanya juga perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum keramas adalah menyisir rambut untuk menghindari kekusutan dan kerontokan. Setelah itu, basahi rambut dan pakai shampo secara merata. Selanjutnya, kamu bisa mulai mencuci rambut dari area atas dan depan terlebih dahulu. Kemudian, lanjut untuk membersihkan rambut di bagian belakang, bawah, serta samping kanan kiri. 

Jangan lupa pula untuk pijat kepala secara perlahan agar formula shampo bisa menyerap dan merata ke seluruh area kepala. Jika sudah selesai, bilas kembali menggunakan air dan keringkan memakai handuk kering serta bersih. Bagaimana? Sangat mudah untuk dipraktekkan bukan perawatan rambut rontok yang satu ini?

3. Pilih Produk Shampo untuk Rambut Rontok

Cara mengatasi rambut rontok parah yang wajib banget diikuti adalah memilih produk shampo khusus untuk rambut rontok. Shampo untuk rambut rontok ini biasanya sudah dilengkapi dengan beberapa manfaat untuk mengatasi permasalahan rambutmu. Di antaranya adalah baik untuk menutrisi dan merevitalitasi kulit kepala, memiliki formula khusus untuk melawan rambut rontok, memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut, serta mampu membuat rambut terlihat lebih tebal dan sehat.

Untuk memilih produk shampo khusus rambut rontok, maka ada beberapa hal pula yang perlu kamu perhatikan. Misalnya, produk shampo buat rambut rontok yang bagus mestinya nggak mengandung bahan yang terlalu keras, seperti sulfat, alkohol, propylene glycol, paraben, phthalate, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga wajib memilih shampo yang mampu menutrisi dan melembapkan rambut agar bisa terhindar dari bermacam-macam permasalahan.

Nggak ketinggalan, cari pula produk shampo yang mengandung bahan-bahan alami karena hal tersebut diyakini lebih aman dan bisa memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan serta kecantikan rambutmu. 

4. Pakai Vitamin Rambut Rontok

Vitamin rambut rontok bisa dimanfaatkan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan satu ini. Khasiat vitamin rambut dipercaya dapat mengurangi risiko kerontokan pada rambut. Nggak cuma itu, menggunakan vitamin rambut rontok secara rutin pun bisa membuat rambut menjadi lebih sehat, kuat, dan terhindar dari penipisan rambut hingga kebotakan. Di sisi lain, kamu pun perlu menggunakan hair tonic untuk rambut rontok agar perawatan yang diberikan bisa lebih maksimal.

5. Gunakan Masker Rambut

Obat rambut rontok terakhir yang bisa dicoba adalah masker rambut. Memakai masker rambut secara rutin bukan hanya bisa melembapkan rambut namun juga mencegahnya dari kerontokan. Menariknya, masker rambut untuk rontok ini bisa kamu buat dari bahan-bahan alami seperti seperti kuning telur dan lidah buaya. Namun, jika nggak ingin repot, maka kamu bisa membeli produk masker rambut yang kini dapat dijumpai dengan mudah di pasaran.

Begitulah kira-kira penyebab rambut rontok parah dan cara mengatasinya. Biar bagaimanapun, rambut sudah sepantasnya diberikan perawatan dan treatment yang tepat agar tetap sehat, indah, dan bersinar. Jika nggak begitu, kamu justru akan mengalami aneka ragam permasalahan rambut, seperti kerontokan contohnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading