Sukses

Beauty

5 Penyebab Ketome Rambut yang Harus Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasakan gatal yang sangat parah pada kulit kepala? Pernahkah kamu melihat sebuah serpihan warna putih di kepala? Jika iya maka itu adalah ketombe. Ketombe merupakan kondisi umum dimana kulit kepala meradang dan gatal. Walau bukan sebuah penyakit serius, namun ini akan sangat memalukan di depan orang lain. 

Ketombe dapat dicegah dengan memahami penyebab agar dapat memberikan penanganan yang tepat. Dilansir dari Columbia skin clinic (25/7) berikut ini ada 5 penyebab ketombe rambut yang harus kamu ketahui. Simak penjelasannya. 

Jamur Malassezia

Salah satu penyebab utama timbulnya ketombe adalah jamur Malassezia. Jamur ini memakan minyak di kulit kepala dan meninggalkan asam oleat sebagai gantinya. Tubuh berekasi terhadap asam ini dengan meningkatkan pembaharuan sel-sel kulit untuk membersihkan kulit kepala dari iritasi. Proses ini menimbulkan serpihan yang disebut sebagai sel kulit mati yang terlihat menumpuk di kepala. 

Produk perawatan rambut

Hati-hati dalam memilih produk perawatan rambut. Kulit kepala sangat rentan terhadap reaksi alergi dan iritasi, jika kamu memiliki alergi terhadap suatu produk perawatan maka Dermatitis kontak dapat langsung berkembang di kulit kepala kamu. Dermatitis kontak merupakan sebuah reaksi kulit terhadap kontak langsung dengan bahan iritan yang akan menimbulkan ketombe. 

Kurang keramas

Sebagian orang beranggapan bahwa ketombe dapat semakin parah jika sering keramas, padahal kenyataannya tidak seperti itu. Kurang keramas, justru akan semakin memperburuk ketombe kamu. karena, hal ini akan menyebabkan lebih banyak minyak dan kulit mati yang menempel di kulit kepala dan semakin memperburuk rasa gatal akibat ketombe. 

Kulit berminyak atau iritasi

Ketombe tidak hanya karena kulit kepala kering namun karena kulit kepala berminyak juga dapat menyebabkan ketombe. Walau kulit kepala kering menjadi penyebab namun itu bukan satu-satunya. Kulit kepala yang berminyak diakibatkan oleh peningkatan produksi sebum pada kulit kepala kamu. Hal ini menyebabkan kondisi yang menghasilkan ketombe atau nama lainnya adalah eksim. 

Kulit kering

Kulit kering dapat menyebabkan ketombe. Kulit kepala yang kering dapat dengan mudah diketahui di bagian tubuh kamu yang kemungkinan lain juga akan kering. Kamu hanya perlu melembapkan kulit kepalamu dengan lebih sering keramas. 

Sahabat Fimela, demikian 5 penyebab ketombe rambut yang harus kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading