Sukses

Beauty

5 Kandungan Skincare yang Dapat Menjaga Kulitmu dari Bahaya Polusi

Fimela.com, Jakarta Kondisi kualitas udara di Indonesia kini sudah memasuki kategori tidak sehat untuk beberapa wilayah, terutama di wilayah Ibukota Jakarta. Berdasarkan data yang dilansir dari IQAir pada hari Senin (14/8/2023), kualitas udara di Jakarta telah mencapai angka 156 sehingga dikategorikan tidak sehat untuk setiap kalangan masyarakat, terutama bagi kelompok rentan. Angka tersebut membuat kota Jakarta menjadi salah satu kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Kondisi ini tentunya membuat setiap masyarakat merasa khawatir untuk dapat keluar rumah dengan aman, terlebih lagi untuk menjalani aktivitas sehari - hari di luar ruangan. 

Paparan polusi udara yang semakin memburuk dapat berisiko tinggi pada masalah kesehatan, mulai dari masalah pernapasan hingga masalah yang terjadi pada kulit. Dilansir dari healthline, kondisi kulit yang terpapar oleh polusi dapat menyebabkan terjadinya gatal - gatal, jerawat, penuaan kulit dini, dan kondisi kulit inflamasi seperti eksim.  Hal tersebut disebabkan karena polutan dapat masuk ke dalam sel kulit dan menyebar ke dalam tubuh. Selain itu, zat - zat yang berbahaya juga dapat mengurangi tingkat antioksidan bahkan menyebabkan peradangan dan rusaknya pelindung pada kulit.  Zat berbahaya tersebut diantaranya nitrogen dioksida, sulfur dioksida, dan karbon monoksida. 

Untuk mencegah kerusakan kulit akibat terpapar polusi udara, maka diperlukan perawatan dengan menggunakan produk skincare yang dapat kita gunakan sehari - hari. Berikut ini terdapat beberapa kandungan skincare yang dapat melindungi kulit dari polusi. 

1. Antioksidan

Produk skincare berbahan antioksidan dapat membantu melindungi kulit dengan cara menetralisir radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga dapat mengurangi bintik hitam pada kulit dan memperbaiki skin barrier. Bahan - bahan yang mengandung antioksidan dapat ditemukan pada produk skincare yang mengandung formula vitamin C, retinol (vitamin A), vitamin E, dan niacinamide.

2. Moisturizer

Moisturizer menjadi salah satu produk skincare yang begitu penting untuk digunakan dalam aktivitas sehari - hari. Produk ini wajib digunakan setiap hari dan tidak boleh dilewatkan dalam tahapan rangkaian skincare, lho. Pasalnya, pelembab atau moisturizer dapat melindungi kulit bahkan hingga ke lapisan terdalam. Moisturizer bukan hanya berperan penting dalam melembabkan kulit, melainkan juga memperkuat skin barrier agar meminimalisir zat berbahaya yang dapat menembus sel kulit. Dilansir dari biossance, untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan produk skincare yang mengandung bahan asam hialuronat, ceramide, dan squalane agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. 

3. Mineral Sunscreen dengan SPF Tinggi

Sinar UV dan polusi yang tinggi tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti memberikan efek keriput, kulit kendor, risiko kanker, dan juga iritasi. Oleh karena itu, begitu pentingnya untuk mengaplikasikan sunscreen ketika sedang di luar ruangan dan juga ketika di dalam ruangan. Sunscreen tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar UV dan polutan saja, tetapi juga dapat mencegah munculnya flek atau bintik hitam dan menjaga warna kulit agar tetap merata. 

4. Kandungan Prebiotik dan Probiotik

Produk skincare berbahan probiotik dan prebiotik tinggi dapat membantu untuk menyeimbangkan pH kulit dan juga mempertahankan fungsi skin barrier. Kandungan ini dapat ditemukan pada beberapa produk skincare. Dengan menggunakan serum atau krim, maka dapat mencegah kulit dari polusi dan  memulihkan kulit dari kerusakan.  

5. Bahan - Bahan Herbal Lainnya

Dilansir dari healthline, bahan - bahan herbal sebenarnya dapat ditemukan pada ganggang, rempah Cina, ginkgo biloba, dan garam laut. Bahan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan untuk perawatan kulit anti polusi. Sayangnya, belum ada penelitian secara lebih lanjut untuk mengetahui efek langsung dari kandungan tersebut. 

Selain dengan memperhatikan kandungan pada produk skincare, Sahabat Fimela juga dapat melakukan beberapa kebiasaan agar kulit tetap terjaga ketika beraktivitas sehari - hari. Seperti dengan menggunakan pembersih wajah, serum, moisturizer, dan sunscreen setiap hari. Tak kalah penting juga untuk rutin melakukan eksfoliasi dan menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga serta menjaga pola makan dengan baik. 

Gampang kan, Sahabat Fimela? Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading