Sukses

Beauty

5 Tips Mengaplikasikan Foundation agar Lebih Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Untuk mendapatkan tampilan makeup yang tahan lama dari pagi sampai malam bukanlah hal yang mudah. Apalagi aktivitas hari tersebut bisa dikatakan sangatlah banyak dan tidak ada kata henti. Entah itu terpapar oleh debu, keringat, air mata, minyak, dan lain-lain. Maka dari itu, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan foundation dengan baik.

Pada dasarnya jika menggunakan foundation dengan baik dan benar kulit akan terlihat bersih dan warnanya merata di seluruh permukaan kulit. Akan tetapi, terkadang pemakaian foundation yang salah akan membuat kulitmu terlihat kering bahkan mudah luntur. Bukan hanya kualitas dari foundation yang dibutuhkan, tetapi teknik juga dibutuhkan terutama untuk mendapatkan hasil base makeup yang tahan lama.

Selain itu, beberapa produk pendukung seperti skincare juga di penting untuk digunakan terutama jika ingin mendapatkan hasil foundation yang tahan lama seharian. Maka dari itu, Sahabat FIMELA berikut adalah lima tips sederhana menggunakan foundation agar tidak mudah luntur dan tahan seharian tanpa perlu khawatir apapun. Tidak perlu khawatir lima tips ini berasal dari profesional makeup yang ditulis oleh Vogue.

Base Foundation

Selalu gunakan primer

Dilansir oleh Grove.co, primer bisa dikategorikan sebagai makeup yang bekerja seperti filter Instagram. Digunakan sebelum kamu mengenakan foundation, concealer, dan maskara. Di mana produk ini akan memberikan hasil yang lebih mulus dan akan membantu membuat makeup lebih tahan lama. 

“Secara langsung primer akan bekerja menyamarkan ketidak sempurnaan kulit, memperkecil pori-pori, dan mengontrol produksi minyak yang ada pada muka,” ujar makeup artist asal London, Nikhar Jivani yang dikutip dari Vogue.in.

Primer bisa dikategorikan sebagai salah satu komponen make up yang paling penting, terutama jika kamu akan mengambil banyak foto. Primer akan menyerap minyak yang berlebih terutama di bawah bedak dan akan membantu mencegah membuat komponen makeup lainnya terpecah. Intinya, primer berfungsi sebagai kanvas pelkat untuk produk dasar. 

Pilih foundation yang sesuai dengan tipe kulit kamu 

Bisa dikatakan kalau poin ini merupakan poin paling umum dan harus semua orang ketahui saat membeli produk kecantikan. Saat membeli entah itu foundation ataupun primer harus disesuaikan dengan jenis kulit kamu, warna kulit kamu, dan komponen dalam produk mereka. 

“Jika Anda memiliki kulit kering dan menggunakan alas bedak matte, alas bedak tersebut akan pecah-pecah dan terkelupas pada kulit, jadi sebaiknya gunakan yang bertekstur lebih krem,” ujar makeup artist asal Delhi, Anu Kaushik yang dikutip dari Vogue.in.

Ia bahkan memberikan contoh jika kamu memiliki kulit kering maka disarankan untuk mencari foundation yang memberikan kelembaban untuk kulitmu, tetapi jika kamu termasuk dalam kategori kulit berminyak maka gunakanlah foundation yang tidak melembabkan kulit atau memiliki rasio pelembab yang tidak begitu banyak. Jika kamu tinggal di daerah yang memiliki kelembaban yang tinggi disarankan untuk tidak menggunakan foundation dan disarankan untuk menggunakan concealer sebagai pengganti. Hal ini dikarenakan concealer memiliki konsistensi yang lebih kental.

Aplikasikan foundation dengan spons makeup 

Makeup Artist bernama Bianca Louzado menyarankan saat mengaplikasikan foundation diharapkan untuk menggunakan spons khusus makeup. Hari ini dikarenakan spons makeup dapat membantu membangun coverage secara perlahan dan ringan.

“Basahi spons lalu peras semua airnya. Gunakan tisu kering untuk menyerap kelebihan apa pun. Kemudian aplikasikan lapisan tipis di tempat yang Anda perlukan cakupannya," ujar Bianca Louzado yang mengutip dari Vogue.in.

Kunci Foundation

Kunci makeup kamu dengan loose powder

Setelah selesai mengaplikasikan foundation disarankan untuk mengunci foundation dengan menggunakan loose powder (bedak tabur). Hal ini dikarenakan dengan mengunci foundation dengan bedak dapat menjaga base makeup agar tidak mudah rusak dan bergeser, bedak akan menyerap bedak yang ekstra pada kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, makeup artist bernama Jivani menyarankan untuk menggunakan powder puff atau spons khusus bedak di daerah yang kamu rasa akan menghasilkan banyak minyak seperti di daerah bawa mata dan T-zone (jidat dan hidung). Setelah itu, diamkan selama beberapa menit dan kemudian bersihkan ekstra bedak dengan menggunakan brush makeup. 

Step terakhir semprot dengan settings spray

Setelah selesai mengaplikasikan semua makeup yang dibutuhkan, kamu harus menyemprotkan settings spray di wajah kamu sebagai salah satu pengunci dari makeup mu. Rata-rata setting spray mengandung air yang digunakan untuk memberikan hidrasi untuk kulit. Di mana hidrasi ini akan menghindari mukamu untuk terlihat cakey dan flaking. Setting spray memiliki polimer yang digunakan untuk menahan riasan dengan kuat ditempatnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal disarankan untuk menyemprotkan dengan gerakan “X” atau gerakan “T”.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading