Sukses

Beauty

5 Manfaat Hydrating Toner untuk Perawatan Kulit yang Membantu Mencegah Kulit Kering

Fimela.com, Jakarta Brand skincare selalu menghadirkan produk-produk baru dengan formulasi bahan dari beberapa kandungan yang berbeda dalam satu produk. Menemukan skincare yang cocok pun tidak semudah yang dibayangkan. Kamu harus melakukan uji coba pemakaian, melihat perkembangannya, dan mengetahui reaksi dari kulit terhadap produk yang telah digunakan.

Pada pemakaian sehari-hari, produk skincare berupa toner sering kali dianggap sepele, padahal produk ini juga tidak kalah pentingnya dalam tahapan basic skincare. Berdasarkan fungsinya, toner dapat dibedakan menjadi exfoliating toner dan hydrating toner. Secara umum, keduanya memiliki fungsi yang sama karena dapat digunakan untuk melembabkan kulit dan menghilangkan sisa-sisa kotoran, apalagi dengan kandungannya yang memiliki konsistensi air sehingga mudah untuk diaplikasikan. Namun, sesuai dengan namanya, hydrating toner memiliki fungsi utama sebagai pelembab dan exfoliating toner sebagai produk eksfoliasi.

Toner biasanya dapat digunakan setelah membersihkan wajah untuk mencegah masalah atau gangguan pada kulit. Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, Sahabat Fimela bisa mengetahui kegunaan utama dari hydrating toner melalui informasi berikut ini.

 

Membantu dalam Melembabkan Kulit Wajah

Sebagai produk yang memiliki kegunaan utama dalam menghidrasi kulit, hydrating toner sangat cocok untuk digunakan pada kulit kering. Beberapa produk toner bisa dengan cepat menyerap pada kulit dan menghaluskan kulit yang kering supaya kulit tampak segar dan juga sehat.

Dengan kandungan airnya, hydrating toner juga bisa digunakan untuk menenangkan dan meremajakan kulit. Pastikan untuk selalu memilih formulasi yang ringan seperti dengan adanya bahan hyaluronic acid, gliserin, dan vitamin E, tidak bersifat komedogenik, bebas alkohol, dan bebas minyak. 

Melindungi Skin Barrier

Paparan polusi dan sinar UV bisa membuat kondisi lapisan kulit menjadi rusak. Kerusakan yang terjadi pada skin barrier atau lapisan terluar pelindung kulit, bisa membuat kulit kusam, bertekstur kasar, dan bahkan mengalami perubahan warna. Oleh karenanya, masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan toner secara teratur. Bahan toner yang lembut dan menghidrasi seperti ceramide sangat dianjurkan untuk mengembalikan lapisan pelindung kulit secara alami. 

Mempertahankan Keseimbangan Kadar pH Kulit

Penggunaan produk skincare yang lainnya ditambah dengan faktor zat-zat dari luar bisa memengaruhi pH atau keasaman kulit. Hal semacam ini bisa menyebabkan jerawat, peradangan, dan mempercepat penuaan dini pada kulit wajah.

Toner yang bisa melembabkan sangat dibutuhkan untuk bisa menyeimbangkan pH kulit dan membuat segala masalah kulit dapat teratasi. Lebih lanjut, hydrating toner dengan adanya bahan seperti salicylic acid bisa mengontrol produksi sebum, mengatasi jerawat, dan mengurangi peradangan. 

Memudarkan Noda Hitam

Produk hydrating toner juga mengandung niacinamide yang bisa memudarkan noda hitam bekas jerawat. Niacinamide menjadi kandungan yang begitu populer dan banyak dimasukkan dalam produk-produk skincare lainnya. Bahan ini termasuk ke dalam nutrisi penting yang banyak dicari. Fungsi lain dari bahan ini yaitu dapat membuat kulit menjadi lebih bersih dan juga membantu dalam memperlambat penuaan dini. 

Mengoptimalkan Efektivitas Produk Skincare Lainnya

Supaya produk skincare lainnya cepat menyerap dan dapat bekerja secara lebih efektif, maka gunakan hydrating toner untuk perawatan kulit sehari-hari. Produk ini bisa membuat kulit tidak merasa terangkat, kaku, dan juga kering. Penggunaan toner juga dapat dijadikan sebagai persiapan untuk kulit dalam mengaplikasikan produk lainnya, seperti pelembab atau produk anti penuaan. 

Hydrating toner menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan kulit wajah. Sesuaikan dengan jenis kulitmu, maka kamu bisa mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Ingatlah untuk selalu menjaga konsistensi dalam merawat kulit supaya wajah tetap terlihat halus dan bercahaya. 

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading