Sukses

Beauty

Color Corrector vs Concealer, Pahami Perbedaan dan Kegunaannya

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia makeup, base riasan wajah bisa dikatakan sebagai bagian yang paling penting. Perlu kamu ketahui bahwa concealer dan color corrector juga merupakan bagian dari base makeup. Akan tetapi, masih banyak orang yang mengira kalau kedua produk memiliki kegunaan yang sama padahal nyatanya berbeda. Namun, kombinasi dari kedua produk ini bisa menjadi senjata rahasia  untuk membuat makeup kamu lebih terlihat sempurna secara kasat mata.

Kedua produk ini memiliki tujuan untuk menyamarkan bagian-bagian yang masih terlihat kusam, gelap, bertekstur, dan warna yang tidak merata. Terkadang meskipun sudah menggunakan foundation beberapa bagian kulit tetap akan terlihat kusam dan tidak cerah. Apalagi, concealer dan color corrector juga akan membantu kulit kamu menjadi terlihat lebih cerah dan memberikan kesan dan ilusi wajah yang lebih kecil. 

Perbedaan paling utama dari concealer dan color corrector adalah dibagian warna produk. biasanya produk concealer memiliki pilihan variasi warna yang sesuai dengan warna kulit, sedangkan color corrector memiliki warna yang sesuai dengan undertone pengguna. Definisi singkat, concealer memiliki kegunaan terutama untuk menyamarkan daerah yang gelap dan akan membantu mencerahkan kulit. Sedangkan, color corrector bekerja sebagai untuk menyamarkan dan membuat kulit terlihat lebih natural. 

 

 

Hal yang Membuat Kedua Produk Berbeda

Warna 

Seperti yang sudah dijelaskan sekilas, perbedaan yang paling menonjol dari kedua produk ada di bagian warna. Concealer biasanya akan memiliki berbagai macam jenis warna yang memiliki kesamaan dengan warna asli, tetapi memiliki kesan yang lebih cerah. Sedangkan color corrector, memiliki variasi warna yang berbeda-beda. Setiap warna dari color correction juga memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Biasanya color corrector yang berwarna peach digunakan untuk menyamarkan kantung mata dan bagian kulit yang memiliki warna berbeda, Warna hijau untuk mengurangi kemerahan yang terjadi di kulit, dan ungu digunakan untuk menyembunyikan kantung mata dan mencerahkan kulit kusam. 

Biasanya orang menggunakan color corrector untuk membuat kulit memiliki warna yang seragam atau membantu membuat warna gelap di suatu bagian wajah menjadi lebih seragam dengan warna kulit lainnya. Sedangkan concealer secara tujuan adalah untuk menyamarkan dan mencerahkan di daerah kantung mata. Tekstur dari concealer juga jauh lebih kental jika dibandingkan dengan produk base makeup lainnya. Intinya concealer akan memberikan proteksi tambahan terutama di bagian wajah yang gelap 

 

Kegunaan

Berdasarkan tabel kegunaan yang dibuat oleh littlebarbiedoll.com, color corrector memiliki tujuan untuk membantu menghilangkan perbedaan warna pada kulit, menetralisir permasalahan kulit, memiliki banyak sekali pilihan warna, dan penggunaan color correction tidak sepenting concealer. 

Sedangkan concealer, akan membantu mencerahkan dan memudarkan daerah yang gelap di sekitar kulit, satu produk dapat berguna untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit, memiliki variasi warna yang serupa dengan warna kulit natural, dan produk esensial dalam penggunaan makeup.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, disarankan untuk menggunakan kedua produk secara bersamaan dan sesuai dengan kegunaan produk, terutama color corrector. Urutan penggunaan base makeup agar mendapatkan hasil yang maksimal:

  • Menggunakan skincare, seperti moisturizer, SPF, dan serum,
  • Menggunakan foundation,
  • Color corrector yang sesuai dengan kegunaan,
  • Concealer,
  • Contur,
  • Bedak,
  • Setting spray. 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading