Sukses

Beauty

10 Tips Makeup Tahan Lama Seharian

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, siapa diantara kita yang tidak pernah merasa makeup cepat luntur? Kita semua pasti pernah merasakannya, apalagi saat aktivitas padat sepanjang hari, makeup jadi sudah tidak karuan karena luntur terkena debu dan keringat.

Kita semua pasti menginginkan makeup yang flawless dan tahan lama seharian. Berbeda dengan makeup yang cepat luntur, makeup yang tahan lama tentu akan membuat kita menjadi lebih percaya diri saat menjalani hari.

Makeup kita seringkali cepat luntur karena kulit berminyak, cuaca, pemilihan produk yang salah, atau teknik aplikasi yang kurang tepat. Namun tenang, ada beberapa tips simpel yang bisa membantu.

Berikut adalah tips yang dibagikan oleh Haley Kim, Youtuber sekaligus MUA asal Korea Selatan, untuk membuat makeup jadi tahan lama seharian. Yuk, ikuti langkah-langkah ini agar riasanmu tahan lama dan terlihat flawless seharian!

1. Skin preparation yang tepat

Sebelum mengaplikasikan makeup, sebaiknya lakukan lah skin preparation, yaitu menghidrasi kulit dengan menggunakan skincare. Jika kulit terlalu kering, makeup tidak akan menempel dengan sempurna di kulit. Maka dari itu, penting untuk menghidrasi kulit dengan rangkaian skincare routine-mu.

Daripada menggunakan tangan lansung, gunakanlah kapas untuk mengaplikasikan toner pada wajah. Hal ini akan meningkatkan penyerapan skincare dan makeup yang akan diaplikasikan.

Gunakanlah beberapa layer dari skincare liquid hydrator daripada hanya menggunakan satu layer pelembab bertekstur tebal. Skincare liquid hydrator yang dimaksud di sini adalah watery toner, serum, essence, dan ditutup dengan penggunaan moisturizer. Dengan melakukan ini, kulit wajah akan terhidrasi secara mendalam. Perlu diingat juga, saat mengaplikasikan skincare, pastikan bahwa setiap layer-nya harus terserap dahulu sebelum mengaplikasikan skincare selanjutnya.

2. Gunakan foundation matte

Jika menginginkan hasil makeup flawless yang tahan lama seharian, foundation dengan finishing matte adalah pilihan yang tepat. Pengaplikasian foundation juga perlu diperhatikan dalam hal ini. Untuk hasil makeup yang lebih tahan lama, hindari menggunakan brush saat mengaplikasikan foundation. Sebaiknay, gunakanlah spons atau cushion puff.

3. Set makeup menggunakan powder

Set foundation dan concealer menggunakan powder agar makeup menjadi tahan lama seharian. Pilihlah translucent powder dengan partikel yang halus untuk membuat hasil makeup yang matte dan tahan lebih lama.

4. Bersihkan minyak yang ada di kelopak mata agar eyeshadow tahan lama

Untuk membuat eyeshadow terlihat lebih nyata dan tidak mudah smudging, langkah pertama adalah hilangkan kotoran dan minyak yang ada pada area sekitar mata, terutama pada kelopak mata. Area mata yang berminyak membuat eyeshadow sulit untuk menyatu dengan kulit.

Gunakanlah cotton-bud untuk menghilangkan minyak pada area mata dengan lembut. Kemudian, aplikasikan sedikit bedak atau translucent powder pada area tersebut. Daripada menggunakan eyeshadow primer, sebaiknya gunakan eyeshadow dengan tekstur cream agar eyeshadow jadi lebih menempel pada kulit.

5. Pilih pen eyeliner

Daripada menggunakan eyeliner pensil dan eyeliner gel, gunakan lah eyeliner dengan tipe pen agar eyeliner jauh lebih tahan lama. Hal ini karena eyeliner pensil dan gel mengandung lebih banyak minyak daripada eyliner pen. Kedua tipe eyeliner tersebut mudah dihilangkan, sehingga saat kita berkeringat, eyeliner tersebut akan mudah smudging.

6. Jepit bulu mata dan gunakan mascara dengan jumlah yang tepat

Kesalahan saat menggunakan mascara biasanaya adalah tidak menjepit bulu mata dan menggunakan mascara yang terlalu banyak. Untuk hasil mascara yang tahan lama, sebaiknya jepitlah bulu matamu terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan mascara. Setelah itu, perhatikan banyaknya mascara yang Sahabat Fimela ambil dengan spoolie. Atur banyaknya mascara dengan menyeka spoolie-nya menggunakan tisu secara perlahan. Setelah dirasa cukup, barulah aplikasikan mascara pada bulu mata.

7. Pilih blush on shimmer

Pilihlh blush on yang mempunyai shimmer dalam produknya. Partikel shimmer lebih mudah untuk menempel pada kulit. Jika Sahabat Fimela tidak mempunyai blush on shimmer, campurkanlah blush on dengan highlighter. Dengan begitu, blush on akan menempel pada kulit dengan sempurna dan membuat makeup jadi tahan lama seharian.

8. Aplikasikan setting powder di area luar wajah untuk contour dan bronzer tahan lama

Contour dan bronzer di area luar wajah biasanya tidak tahan lama karena terkena kontak dengan rambut atau minyak yang ada di rambut. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, sebaiknya gunakan setting powder terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan contour dan bronzer di area luar wajah.

9. Aplikasikan highlighter menggunakan flat brush

Daripada menggunakan fluffy powder blush dan mengaplikasikannya dengan metode menyapu, sebaiknya gunakanlah flat brush dan aplikasikan highlighter dengan metode menekan.

10. Pilih lip tint untuk pewarna bibir yang tahan lama

Untuk pewarna bibir yang tahan lama, liptint adalah pilihan yang bagus. Gunakan matte liptint pada bibir, tungugu beberapa saat, kemudian usap menggunakan kapas. Liptint akan meninggalkan warna yang tahan lama pada bibir. Setelah itu, Sahabat Fimela bisa menaplikasikan lip gloss jika ingin membuat bibir terlihat lebih plumpy.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundariesOktober

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading