Sukses

Beauty

Wajib Dilakukan! Begini Cara Menjaga Kebersihan Perlengkapan Makeup

Fimela.com, Jakarta Tampil cantik dengan riasan yang sempurna adalah impian dari banyak wanita. Setiap hari mereka mengenakannya agar terlihat lebih presentable dimata dunia. Akan tetapi, dikarenakan dengan kesibukan dunia ada beberapa hal yang sering sekali diabaikan oleh makeup lover, yaitu membersihkan peralatan makeup. Meskipun para pecinta makeup sudah rutin membersihkan peralatan makeup, tapi cara membersihkannya salah atau masih tidak bersih maka akan sama saja.

Jika kamu tidak membersihkan peralatan makeup atau tidak membersihkannya secara menyeluruh, kamu akan mendapatkan banyak sekali dampak negatifnya. Dilansir oleh Cosmopolitan.com, ada beberapa dampak negatif yang dapat kamu rasakan jika secara terus menerus tidak membersihkan perlengkapan makeup yaitu terpapar dengan infeksi staph, saat kamu menggunakan makeup brush secara rutin maka brush tersebut secara perlahan akan memiliki banyak tumpukan kulit mati, debu, minyak, polusi, dan bakteri. Contohnya, ada wanita asal Australia yang saling bertukaran dalam menggunakan peralatan makeup karena itu temannya mengalami kelumpuhan di kaki dan tangan.

Sebenarnya bukan itu saja dampak buruknya tetapi banyak sekali, beberapa diantaranya adalah iritasi pada kulit, penuaan kulit, pori-pori makin besar, dan lain-lain. Maka dari itu, kamu diwajibkan dan disarankan untuk membersihkan perlengkapan makeup secara rutin, setidaknya seminggu sekali. 

Barangkali Sahabat FIMELA masih belum mengetahui bagaimana cara yang benar dalam membersihkan peralatan makeup, berikut adalah 6 tips yang bisa kamu lakukan dalam membersihkan peralatan makeup kamu di rumah menurut Thehealthsite.com

 

 

Peralatan Dasar

Makeup Brush

Memang lama untuk menunggunya kering, tapi membersihkan brush makeup merupakan yang terpenting. Apalagi jika kamu tidak mau terpapar dengan salah satu infeksi mata yaitu pink eye. Kamu bisa membersihkan makeup menggunakan penyikat khusus makeup brush atau kertas tisu untuk membersihkan brush dengan cepat.

Untuk menghilangkan sisa riasan pada bulu brush, disarankan untuk cuci brush dengan air dingin atau air yang cukup hangat. Putar bulu brush di telapak tangan yang bersih. Tindakan ini dilakukan agar kamu dapat memastikan semua kotoran yang menempel di bulu bisa bersih secara merata. Bilas brush sampai terlihat bersih. Setelah bersih, letakkan kuat secara mendatar di atas meja dan biarkan mereka mengering dengan sendirinya. 

Makeup Sponges

Smash merupakan salah satu produk kecantikan yang menyerap produk dan berbagai macam kotoran yang ada di wajah kita. Maka dari cara yang benar adalah untuk mengeringkannya sesaat setelah kita mencucinya.

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Peras spons secara perlahan di bawah air mengalir hingga benar-benar basah,
  2. Tambahkan sabun pembersih ke spons, 
  3. Pijat spons dengan baik, lakukan gerakan tekan dan dorong hingga semua kotoran keluar,
  4. Peras sampai air yang keluar jernih,
  5. Peras hingga lumayan kering dan biarkan spons kering dengan sendirinya.

Peralatan Pensil

Peralatan makeup seperti pensil alis, pensil untuk gambar eyeliner, dan lipliner  juga harus dibersihkan. Saat kamu ingin menggunakan produk berbasis pensil sangat disarankan untuk meruncing bagian atas dan lap ujung produk pensil dengan menggunakan alkohol di ujung pensil. Ingat untuk melakukan ini setiap kali menggunakan produk pensil.

 

 

Produk Makeup Juga Wajib Bersih

Foundation

Bukan hanya alatnya tetapi produk utama juga harus dibersihkan, seperti produk foundation, entah itu cair, cream atau padat tetap harus dibersihkan. Tentu saja cara membersihkan foundation memiliki tekniknya sendiri, cara yang paling manjur adalah dengan tidak melakukan kontak fisik dengan jari atau apapun itu saat ingin mengaplikasihkan produk makeup. Disarankan untuk selalu menggunakan aplikator sanitasi seperti katan but, spons, atau spatula yang bersih untuk mengakses produk.

Lipstik dan Concealer

Dalam membersihkan lipstik atau concealer stick, caranya adalah dengan memutar produk sedikit keatas dan gunakan cotton bud  untuk untuk menghilangkan lapisan paling atas, tapi sedikit saja. Kemudian jika sudah semprotkan area dengan isopropil alkohol untuk membersihkannya. kemudian lap bersih dan keringkan. disarankan untuk membersihkan lipstik atau concealer setidaknya seminggu sekali.

Bedak

Bedak bisa dikatakan sebagai salah satu komponen yang paling sering digunakan dan dibawa kemana-mana. Tak bisa dipungkiri juga penumpukan kotoran entah itu dari minyak, debu, dan keringat juga akan terpapar pada produk makeup. Terutama kalian harus membersihkan produk dengan tekstur bedak, seperti eyeshadow, blush on, bronzer, dan two-way cake. Bersihkan dengan menggunakan pisau mentega yang bersih, kikis secara perlahan lapisan paling atas. Kemudian semprotkan sedikit alkohol untuk mengering.

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading