Sukses

Beauty

5 Fungsi Concealer untuk Kulit Wajah yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Concealer merupakan produk yang tidak boleh dilewatkan saat sedang mengaplikasikan makeup. Produk serbaguna ini bisa Sahabat Fimela tambahkan sebagai tahapan penting dalam rangkaian makeup untuk kulit wajah. Concealer adalah produk makeup yang berfungsi dalam meratakan warna kulit dan menutupi masalah yang ada di kulit.

Concealer memiliki fungsi yang mirip dengan alas bedak, tetapi lebih tebal dan dapat menutupi pigmentasi wajah. Produk ini dapat digunakan setelah mengoleskan foundation saat benar-benar diperlukan. Pada saat ini, telah banyak jenis produk concealer yang disesuaikan dengan bentuknya, seperti liquid concealer, stick concealer, cream concealer, dan balm concealer. Seperti yang diketahui dari laman neutrogena, berikut beberapa fungsi utama dari concealer untuk kulit wajah:

1. Menutupi Garis Halus dan Kerutan

Gari-garis halus dapat muncul karena usia yang semakin bertambah. Apabila tanda penuaan ini telah muncul, maka diperlukan produk makeup yang bisa menutupi secara keseluruhan. Solusinya adalah dengan mengaplikasikan concealer.

Caranya pun mudah, kamu hanya perlu mengoleskan beberapa titik di di bawah mata dan tepuk-tepuk perlahan supaya bisa menyatu secara merata dengan kulit. Dengan cara tersebut, wajah pun bisa terlihat lebih halus dan lembut sehingga tekstur garis-garis halus bisa berkurang.

2. Menutupi Lingkaran Hitam di Area Bawah Mata

Beberapa Sahabat Fimela pasti sering melakukan bergadang demi menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas tertentu. Kebiasaan buruk ini tentu saja bisa menimbulkan pengaruh negatif bagi tubuh secara fisik dan juga mental. Contohnya secara fisik, akan muncul lingkaran hitam di bawah mata sehingga bisa membuat tampilan wajah terlihat lelah. Oleh karena itu, concealer dapat digunakan sebagai produk untuk menghilangkan lingkaran hitam di area bawah mata supaya wajah tampak lebih bercahaya. Agar lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan eyeshadow supaya tampilan mata menjadi lebih hidup dan segar. 

3. Dapat Digunakan untuk Contouring

Contouring adalah teknik makeup yang bisa membentuk struktur wajah agar terlihat lebih tegas. Efek tersebut dapat dihasilkan dengan cara mengoleskan concealer pada beberapa area wajah yang diperlukan, seperti pada cekungan pipi dan sisi hidung.

Kamu dapat menggunakan warna yang lebih gelap dari warna kulit supaya dapat menonjolkan beberapa fitur wajah tertentu. Aplikasikan concealer pada tulang pipi, alis, dagu, dan batang hidung sesuai dengan bentuk wajah. Lalu, ratakan hingga kulit tampak tirus dan tegas secara alami. Langkah terakhir, kamu bisa mengaplikasikan setting spray agar makeup bisa lebih tahan lama. 

4. Menyembunyikan Noda Bekas Jerawat

Kulit yang berjerawat selalu menjadi masalah yang sulit untuk diatasi. Menggunakan makeup pun dapat dijadikan sebagai solusi agar bisa tampil lebih percaya diri ketika sedang menjalani rutinitas sehari-hari. Concealer dengan kandungan salicylic acid bisa digunakan sebagai formula yang dapat mengurangi jerawat dan menutupi noda-noda akibat jerawat. Ditambah lagi, concealer juga dapat menutupi bekas luka, menyamarkan pigmentasi, dan area gelap. 

Produk makeup ini dapat memberikan hasil yang alami jika dioleskan dengan cukup dan tidak berlebihan. Pada penggunaannya, lebih baik jika mengoleskannya dengan spons atau kuas supaya tidak memperparah kondisi kulit wajah. 

 

5. Sebagai Dasar untuk Eyeshadow dan Lipstik

Produk concealer juga dapat digunakan sebagai primer kelopak mata dan dasar eyeshadow agar produk makeup pun lebih tahan lama. Kamu dapat mengoleskannya sedikit di bagian kelopak mata. Kemudian, ratakan dengan ujung jari. Concealer dapat meningkatkan tampilan riasan mata agar eyeshadow pun dapat terlihat sempurna.

Selain itu, concealer juga dapat dijadikan dasar untuk lipstik dengan cara dioleskan pada bibir. Dengan begitu, lipstik dapat menyatu dan menempel lebih tahan lama. 

Penggunaan concealer dapat menyempurnakan penampilan makeup dengan menutupi beberapa masalah yang terjadi pada kulit. Apabila concealer bisa diaplikasikan secara merata pada kulit dengan menggunakan beberapa teknik, maka hasil makeup pun akan terlihat memesona. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan concealer sebagai tambahan untuk produk rangkaian makeup Sahabat Fimela, ya!

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading