Sukses

Beauty

5 Basic Skincare yang Paling Dibutuhkan Kulit, Pemula Wajib Tahu

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit yang sehat, halus, dan glowing adalah impian semua orang. Untuk mencapainya, tentunya diperlukan usaha yang konsisten, seperti menjaga pola makan, gaya hidup sehat, dan yang paling penting adalah menggunakan skincare. Skincare merupakan kunci utama untuk perawatan kulit agar menjadi sehat.

Jika menginginkan kulit yang sehat, halus, dan glowing, menggunakan satu produk skincare saja tidak cukup, lho. Diperlukan rangkaian skincare routine yang sesuai dengan kebutuhan untuk mengatasi permasalahan kulit. Mulai dari cleanser, toner, ampoule, serum, essence, hingga moisturizer, rangkaian produk skincare tersebut harus digunakan sesuai dengan urutan agar hasilnya maksimal.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak metode pengaplikasian skincare routine supaya skincare bekerja dengan maksimal. Misalnya, metode 10 steps korean skincare routine, metode skin cycling, dan sebagainya. Metode pengaplikasian skincare routine tersebut membutuhkan rangkaian produk skincare yang cukup banyak. Bisa dikatakan, metode tersebut kurang cocok bagi pemula.

Untuk pemula, sebenarnya cukup menerapkan metode basic skincare routine. Basic skincare routine ini terdiri dari rangkain produk skincare yang paling dibutuhkan kulit. Dilansir dari Goodhousekeeping.com, basic skincare sebenarnya terdiri dari tiga langkah simpel perawatan. Menurut dermatologist di California, Ashley Magovern, M.D., tiga langkah tersebut adalah:

  1. Cleanse
  2. Treat
  3. Moisturize

Nah, bagi Sahabat Fimela yang baru mencoba untuk memulai skincare-an, berikut adalah basic skincare yang paling dibutuhkan kulit. Yuk, simak informasinya!

 

 

1. Cleanser

Seperti yang sudah disebutkan tadi, tiga langkah utama dalam perawatan kulit wajah salah satunya adalah cleanse. Face cleansing atau membersihkan wajah menjadi langkah pertama dalam basic skincare routine. Kulit wajah harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran dan sisa-sisa minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit kusam menggunakan facial wash.

Gunakanlah facial wash yang sesuai dengan tipe kulitmu, ya. Penggunaan facial wash ini juga perlu diperhatikan. Jika Sahabat Fimela mempunyai tipe kulit yang kering dan sensitif, sebaiknya gunakan facial wash hanya pada malam hari, sedangkan pada pagi harinya, cukup cuci muka dengan air bersih saja.

 

 

2. Toner

Toner menjadi salah satu rangkaian produk skincare yang dibutuhkan kulit. Toner merupakan skincare cair yang diaplikasikan pada kulit yang kering setelah penggunaan cleanser dan sebelum menggunakan rangkaian skincare selanjutnya, seperti serum, moisturizer, dan sebagainya.

Aplikasikan toner menggunakan kapas untuk hasilnyang maksimal. Tuang toner pada kapas secukupnya, kemudian usap dengan lembut ke kulit wajah. Pengaplikasian toner menggunakan kapas dapat membantu membersihkan kotoran yang masih tersisa pada kulit wajah. Selain itu, menggunakan toner dapat membantu menyeimbangkan pH pada kulit dan dapat membantu memaksimalkan kerja skincare berbahan aktif yang akan diaplikasikan selanjutnya.

 

3. Serum

Ingat tiga langkah perawatan kulit yang disebutkan tadi? Serum adalah produk skincare yang termasuk dalam langkah treat. Serum paling ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit karena mengandung bahan aktif. Serum biasanya mengeandung bahan aktif yang dapat mengatasi permasalahan kulit wajah, seperti noda hitam hingga kerutan. Jika memiliki bermacam permasalahn kulit, Sahabat Fimela dapat menggunakan beberapa serum yang mengandung bahan aktif yang berbeda. Penting untuk membaca label yang tersedia pada kemasan serum karena beberapa serum ada yang baik digunakan pada malam hari saja ataupun pagi hari saja.

Pilihlah serum yang sesuai dengan kebutuhan untuk mengatasi permasalahan kulitmu. Dilansir dari Goodhousekeeping.com, ada salah satu serum yang baik digunakan oleh semua orang dan berbagai macam usia, yaitu serum antioksidan. Vitamin C termasuk serum antioksidan yang paling disarankan. Serum vitamin C membantu mengembalikan kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari dan polusi. Selain itu, serum vitamin C juga dapat membantu mengatasi permasalahan hiperpigmentasi pada kulit.

 

4. Moisturizer

Langkah selanjutnya dalam basic skincare routine adalah menggunakan moisturizer. Produk skincare ini wajib Sahabat Fimela miliki karena moisturizer membantu menghidrasi kulit dan menguatkan skin barrier. Jika Sahabat Fimela memiliki tipe kulit oily atau kulit acne-prone, gunakanlah moisturizer bertekstur lotion atau gel yang dapat menyerap ke kulit dengan cepat. Jika Sahabat Fimela memiliki tipe kulit dry atau kering, gunakanlah moisturizer dengan formula yang tebal, seperti cream.

Dilansir dari Goodhousekeeping.com, penggunaan moisturizer sangatlah penting untuk menghidrasi kulit sehingga menjaga kulit untuk terlihat lebih muda dan sehat. Carilah moisturizer yang mengandung bahan ceramides atau hyaluronic acid karena bahan-bahan tersebut membantu mengunci kelembapan pada kulit.

 

5. Sunscreen

Langkah terakhir dalam perawatan wajah sekaligus menjadi produk skincare yang paling penting untuk dimiliki adalah sunscreen. Sunscreen wajib dugunakan oleh semua orang, dari berbagai macam usia dan jenis kulit. Jika Sahabat Fimela tidak menggunakan sunscreen setelah mengaplikasikan semua rangkaian skincare routine, semuanya menjadi sia-sia.

Paparan sinar matahari secara langsung mengandung sinar UV yang dapat membahayakan kulit. Jika tidak dilindungi, paparan sinar UV ini dapat mengakibatkan kulit menjadi terlihat lebih tua karena muncul kerutan, Selain itu, yang paling parah dari paparan sinar UV adalah memicu kanker kulit.

Maka dari itu, kita harus menggunakan sunscreen sebagai langkah akhir dari skincare routine. Ada banyak jenis dan kandungan skincare yang dijual di pasaran, seperti sunscreen stick, sunsreen cream, sunscreen spray, dan sebagainya. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan tipe kulitmu, ya Sahabat Fimela!

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading