Sukses

Beauty

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Mata Panda agar Wajah Tampak Segar

Fimela.com, Jakarta Lingkaran hitam di bawah mata bisa terjadi pada siapa saja, tanpa memandang usia. Segala jenis kulit pun dapat merasakan mata panda. Penyebabnya beragam, tetapi salah satu yang paling umum ialah penuaan. Usia yang semakin bertambah membuat kulit di bawah mata mulai mengendur dan menipis. Selain hal tersebut, terdapat penyebab lainnya yang perlu diperhatikan, misalnya saja faktor genetika, terlalu sering mengucek mata, kebiasaan tidur yang buruk, dan pengaruh gaya hidup. 

Untuk menghilangkan mata panda, cara yang paling mudah dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualitas tidur. Usahakan untuk tidur lebih awal, setidaknya selama tujuh jam lamanya. Dengan begitu, Sahabat Fimela bisa terhindar dari kantung mata dan lingkaran hitam. Namun, jika ingin cara lainnya dengan memanfaatkan bahan yang mudah didapatkan, kamu bisa menggunakan bahan alami seperti yang sudah dirangkum dari situs healthline dan pharmeasy. Berikut untuk pilihan bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan mata panda:

1. Timun

Timun dapat mengurangi bengkak di sekitar area mata karena kandungan vitamin, antioksidan, dan sifat anti-inflamasinya dapat membantu dalam mengurangi peradangan di sekitar mata. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu untuk mencegah mata panda.

Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengiris timun dan mendinginkannya di dalam lemari es. Kemudian, letakkan irisan tersebut pada lingkaran hitam selama sekitar 10-12 menit. Setelah itu, bilas area bawah mata dengan air. Seperti yang disebutkan dalam situs healtline, kamu bisa mengulangi perawatan ini dua kali dalam sehari.

2. Kantung Teh Celup

Alternatif alami untuk menghilangkan mata panda selanjutnya yaitu dengan menggunakan kantung teh. Kamu hanya perlu merendam kantung teh celup dalam air hangat, lalu didinginkan di lemari es. Setelh itu, letakkan kantung teh pada kedua mata selama 10-15 menit. Jangan lupa untuk membilas area tersebut dengan air dingin dan mengulanginya secara teratur. 

Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya gunakan jenis teh seperti teh hijau atau teh chamomile. Kafein dan antioksidan yang terdapat pada teh akan membantu dalam meningkatkan sirkulasi dan meredakan mata panda. 

3. Minyak Almond

Minyak almond mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat mencerahkan bagian bawah mata secara alami. Oleskan dengan lembut minyak almond ke area lingkaran hitam sebelum tidur. Pijat dan diamkan selama 2 sampai 3 menit. Langkah terakhir, bilas bagian bawah mata dengan air dingin. Kamu bisa mengulangi proses tersebut setiap malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

4. Lidah Buaya

Penggunaan lidah buaya di kulit tidak hanya memberikan sensasi dingin yang menenangkan, tetapi juga dapat membuat kulit menjadi lembap. Lidah buaya bisa menjaga kulit tetap terhidrasi, tidak mudah kendur, dan mencegah penuaan dini. Selain itu, lidah buaya juga dapat menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata apabila digunakan secara rutin.

Sebelum tidur, kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya di bawah area mata dan tunggu selama 5 sampai 7 menit. Sebaiknya, jangan dibilas dan tunggu hingga menyerap, kecuali jika kamu merasa lengket dan tidak nyaman dengan gel tersebut. Selain praktis, lidah buaya bisa merawat bagian bawah mata agar tetap sehat dan terhindar dari mata panda. 

5. Air Mawar

Jika kamu ingin mencoba cara praktis lainnya, kamu bisa menggunakan air mawar. Produk kecantikan ini cocok untuk semua jenis kulit dan bisa membantu dalam mengatasi setiap permasalahan pada kulit. Kandungan astringen ringan di dalamnya membuat produk ini juga dapat dijadikan sebagai toner untuk kulit dan yang paling penting, dapat menghilangkan lingkaran hitam.

Kamu hanya perlu menuangkan air mawar pada kapas yang telah diberikan air mawar dan letakkan di kedua kelopak mata. Diamkan selama 10 hingga 25 menit dan ulangi cara ini setiap malam. 

6. Tomat

Tomat mengandung antioksidan yang baik untuk kulit. Bahan alami ini dapat memberikan perubahan warna di sekitar area mata, apalagi jika kamu memiliki mata panda. Supaya penggunaannya lebih efektif, kamu perlu untuk membuat jus tomat dan jus lemon. Kemudian, campurkan satu sendok teh jus tomat dengan satu sendok teh jus lemon. Oleskan campuran jus buah tersebut di bawah kedua area mata. Biarkan selama sekitar 10 menit dan bilas dengan air dingin. 

Jika ingin cara yang lain, kamu bisa meminum secara langsung jus tomat yang telah dicampur jus lemon. Meskipun dengan cara yang berbeda, kedua jus ini tetap dapat berpengaruh untuk menghilangkan mata panda. 

7. Kentang

Kentang dapat menjadi bahan alami yang dapat mengurangi lingkaran hitam karena kandungan nutrisinya. Kentang mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu dalam meningkatkan produksi kolagen dan menyehatkan kulit. Efek mendinginkan yang ada pada kentang juga dapat mengurangi pembengkakan pada mata. 

Cara termudah yang bisa dilakukan, yaitu dengan memotong kentang menjadi irisan tipis dan meletakkannya di atas mata selama sekitar 10- 15 menit. Opsi lain, kamu bisa menggunakan ekstrak jus kentang mentah dan mengoleskannya secara langsung pada area bawah mata dengan kapas. Tunggu selama 15-20 menit. Seperti biasa, kamu perlu untuk membilasnya dengan air dingin. 

Nah, terasa mudah dan praktis, bukan? Dengan pilihan bahan alami di atas, Sahabat Fimela tidak perlu takut dan merasa khawatir lagi apabila lingkaran hitam telah muncul di bagian mata. Terapkan langkah yang tepat dan lakukan secara konsisten supaya kamu bisa mempertahankan area bawah mata dan kulit wajah agar tetap sehat dan tampak semakin segar. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading