Sukses

Beauty

5 Tips Perawatan Kulit untuk Mencegah Kerutan agar Wajah Tampak Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Bertambahnya usia akan membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Beberapa tanda penuaan pun dapat muncul di wajah. Termasuk kerutan, garis-garis halus, dan bintik-bintik hitam. Fakor lingkungan dan genetika bisa berpengaruh terhadap munculnya tanda tersebut. Terutama karena pengaruh paparan sinar UV yang berlebihan. 

Melansir dari laman healthline, sinar UV yang berbahaya bisa memecah kolagen dalam kulit. Kolagen merupakan protein utama dalam jaringan kulit dan dapat mempertahankan struktur wajah dari waktu ke waktu. Paparan sinar UV yang tidak terlindungi ini bisa menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar dan muncul kerutan pada wajah.

Pada dasarnya, kerutan tidak hanya dapat muncul di bawah mata saja, tetapi juga di bagian wajah lainnya. Misalnya di antara alis dan dahi. Namun, Sahabat Fimela juga dapat mencegahnya dengan melakukan perawatan kulit secara teratur dan rutin. Merangkum dari situs kiehl dan realsimple, kamu bisa menerapkan cara-cara ini:

1. Bersihkan Wajah dan Minyak Berlebih

Untuk mengurangi kerutan, jangan pernah lupa untuk memastikan kulit agar tetap bersih. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan diformulasikan sesuai jenis kulitmu. Pastikan bahwa pembersih tersebut dapat menghilangkan kotoran dan minyak secara menyeluruh. Selain itu, formula yang digunakan juga dapat mengandung pH yang seimbang supaya bisa membantu dalam menjaga kelembapan kulit. 

Supaya kotoran dapat hilang, bersihkan wajah dengan menggunakan cleansing balm atau produk pembersih dalam bentuk lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Meski terdengar sepele, kebiasaan membersihkan wajah dari makeup ini memiliki efek yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. 

2. Lakukan Eksfoliasi dengan Lembut

Saat melakukan eksfoliasi, terutama pada area di bawah mata, lakukan secara lembut dan tidak berlebihan. Pilih produk eksfoliasi dengan kandungan yang ringan dan dapat melindungi kulit. Dikutip dari situs real simple, kandungan yang direkomendasikan adalah asam laktat dan asam glikolat. Aplikasikan produk secara perlahan-lahan pada area luar mata di mana garis-garis dan kerutan dapat terlihat. Area mata sangat sensitif dengan bahan kimia yang keras. Maka dari itu, usahakan untuk memilih produk yang tepat dan berhati-hati dalam menggunakannya. 

3. Gunakan Eye Cream untuk Melembapkan

Menjaga kulit tetap lembap setiap hari sangatlah penting. Apalagi, kurangnya kelembapan pada kulit ini dapat meningkatkan munculnya garis-garis halus dan kerutan, terutama di sekitar mata. Carilah produk eye cream dengan mengandung bahan yang dapat meningkatkan sirkulasi dan pertumbuhan sel baru.

Sebagai pilihan, kamu bisa memanfaatkan kandungan seperti retinol, peptida, dan hyaluronic acid agar produk dapat bekerja secara optimal dalam melawan garis-garis halus dan kerutan. Kandungan retinol yang berasal dari vitamin A dapat berpengaruh untuk menetralkan radikal bebas yang bisa merusak kolagen dan mengurangi stres oksidatif pada kulit. Biasanya, beberapa produk eye cream dapat berbentuk gel pendingin yang dapat menyerap di kulit dan menyamarkan kerutan. 

4. Selalu Gunakan Sunscreen Meski Berada di Dalam Ruangan

Cegah kerutan dengan menjaga kulit dari paparan sinar matahari, apalagi saat cuaca sedang terik. Selalu gunakan sunscreen minimal dengan SPF 30 ketika sedang keluar rumah. Bahkan, saat sedang berada di dalam ruangan pun, sunscreen tetap bermanfaat untuk mempertahankan kulit agar tetap sehat. Salah satu penyebab dari kerutan adalah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Jadi, ingatlah untuk selalu oleskan sunscreen suoaya kulit ternutrisi dengan baik. 

5. Manfaatkan Serum dengan Kandungan Vitamin C

Formula kaya antioksidan di dalam serum sangat cocok untuk menjadikan produk ini sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Carilah produk serum yang mengandung vitamin C agar kulit tampak lebih cerah. Apabila digunakan secara teratur, serum vitamin C dapat membantu dalam mengurangi garis halus dan kerutan.

Belum lagi dengan manfaatnya dalam meminimalisir tampilan pori yang membesar. Kulit pun akan terlihat semakin halus dan kencang. Untuk pilihan lain, kamu juga bisa memanfaatkan serum dengan kandungan hyaluronic acid yang berfungsi dalam menjaga elastisitas dan melembapkan kulitBahan ini dapat membantu untuk memperbaiki kulit yang dehidrasi dan kusam.

Itu dia cara simpel untuk mencegah kerutan dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit. Sebagai tambahan, kamu juga dapat menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Makanan seperti buah jeruk, wortel, dan labu bisa dimanfaatkan sebagai alternatif untuk membantu kulit dalam membentuk sel baru yang sehat. Hindari sinar matahari yang berlebih dengan menggunakan pelindung pada kulit. Selalu terapkan kebiasaan yang sehat dan lakukan skincare routine setiap hari agar kulit terlihat lebih segar dan tetap awet muda. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading