Sukses

Beauty

Sebelum Terlambat! Ini 6 Cara Cegah Terjadinya Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Satu hal yang tidak dapat kita hindari adalah proses penuaan pada  kulit. Penuaan kulit memiliki peran penting karena seiring berjalannya waktu seluruh tanda-tanda penuaan akan terlihat pada wajah. Hal ini juga merupakan proses alami ketika kulit akan menghilangkan sebagian tanda-tanda ketika masih muda. Kita menyadari kulit akan semakin tebal dan kering. 

Selain karena proses perubahan alami karena bertambahnya usia, lingkungan serta gaya hidup menjadi faktor lain penyebab kulit menjadi menua secara dini. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan kulit untuk dirawat kembali serta memperhatikan juga gaya hidup yang dilakukan sudah benar atau belum. Yang menjadi permasalahan saat ini adalah penuaan dini juga tidak memandang usia, bahkan bisa terjadi pada usia 20 tahunan sekalipun. 

Matahari sangatlah berperan penting dalam membuat kulit menjadi menua. Lantas bagaimana caranya agar kulit tidak dapat menua terlalu dini dan mempertahankan kulit menjadi lebih muda? Informasi dari Skintreatment dan American Academy of Dermatology Association ini bisa kamu baca, berikut informasi lengkapnya. 

1) Menggunakan sunscreen untuk melindungi diri dari sinar UV

Jangan sampai merusak kulitmu dengan paparan sinar matahari. Setiap harinya kamu pasti akan terkena sinar matahari yang menyebabkan hancurnya kolagen dan elastin pada kulit yang menyebabkan munculnya spot hitam serta kerutan pada kulit wajah. Tidak hanya itu sinar ultraviolet pada matahari juga membuat radikal bebas mudah masuk dan dapat menyebabkan kanker kulit. 

Maka dari itu setiap harinya gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 yang dapat melindungi wajah dari sinar UVA. Tidak hanya itu, kamu juga harus make sure sunscreen yang kamu gunakan mengandung kandungan seperti zinc oxide, titanium dioxide, avobenzone, ataupun mexoryl yang dapat menutrisi kulit.

2) Ubah gaya hidup yang tidak baik 

Punya kebiasaan merokok? Terlalu sering merokok dapat mengurangi kemampuan peredaran darah pada kulit yang dapat menyebabkan kemerahan pada wajah. Sangat berbahaya sekali untuk kulit. Tidak hanya rokok saja, menggunakan obat-obatan serta alkohol sangatlah toksik untuk tubuh. Kerusakan yang diberikan juga permanen serta dapat membuat penampilanmu menjadi pucat.

Daripada menggunakan rokok serta obat-obatan dan alkohol segera ganti dengan alternatif yang lebih baik seperti konsumsi sayur dan buah-buahan yang dapat menutrisi serta memperbaiki kulit wajah yang dapat membuat dirimu tampil awet muda dan mencegah penuaan dini. 

3) Menggunakan retinoid

Mulailah kebiasaan untuk menggunakan retinoid. Retinoid sendiri saat ini juga digunakan untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan pada kulit seperti warna kulit tidak merata, garis-garis halus, serta kerutan. Tidak hanya itu, retinoid juga memiliki manfaat untuk menutrisi sel kulit hingga ke lapisan terdalam. 

Namun penggunaan retinoid juga memiliki efek samping pada kulit. jika kamu pertama kali menggunakan retonid, kamu dapat mengalami kulit wajah kemerahan hingga kering dan iritasi. Tidak hanya itu saja, efek samping lainnya juga munculnya jerawat-jerawat kecil. Namun kamu tidak perlu khawatir karena ini hanya bersifat sementara saja. 

 

 

4) Makan makanan yang sehat

Beberapa penelitian menyarankan makan makanan sehat seperti buah dan sayuran segar dapat mengurangi serta menghindari masalah penuaan dini. Tidak hanya itu, hasil beberapa penelitian juga menunjukkan makanan yang mengandung pemanis dapat mempercepat proses penuaan dini. 

Konsumsi makanan mengandung betakaroten seperti wortel, pepaya, jeruk dan lainnya dapat mencerahkan dan memperbaiki sel-sel kulit. Tidak hanya dari sana saja kamu juga bisa mengolah buah-buahan seperti jambu dan stroberi sebagai jus yang dapat diminum sehari-hari.

5) Gunakan moisturizer setiap hari

Moisturizer berfungsi untuk melembabkan kulit. Tidak hanya itu, moisturizer juga dapat menutrisi kulit sehingga membuat tampilan menjadi lebih muda. Sebaiknya kamu menggunakan moisturizer setiap hari agar hasil yang lebih maksimal. 

Namun sebelum menggunakan moisturizer, ada baiknya kamu memilih moisturizer yang cocok untuk jenis kulit. Kamu bisa mencaritahu jenis kulit apa yang kamu miliki lalu perhatikan kandungan-kandungan pada moisturizer yang kamu pilih. Kamu juga bisa bertanya kepada penjaga toko ataupun petugas kesehatan terkait dengan efek samping dari kandungan moisturizer tersebut. 

6) Hentikan penggunaan skincare yang membuat kulit terasa gatal bersisik serta terbakar

Jika kamu menggunakan produk skincare dan merasakan hal-hal tersebut segera hentikan sebab itu merupakan tanda kulit yang iritasi. Kulit yang iritasi juga bisa menyebabkan tampilan menjadi lebih tua, kulit kemerahan, gatal, hingga bersisik. 

Terkadang banyak sekali perempuan yang mengabaikan kulit iritasi pada saat menggunakan skincare yang tidak cocok. Tidak hanya itu saja, terkadang penggunaan skincare yang diberikan oleh dermatologis juga tidak semuanya cocok. Apabila kamu merasakan tanda-tanda kulit iritasi seperti di atas sebaiknya kamu hentikan penggunaan skincare tersebut. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading