Sukses

Beauty

3 Tips Mudah untuk Merawat Bibir Tanpa Menguras Kantong

Fimela.com, Jakarta Demi menjadi cantik dan terlihat sempurna dari ujung kepala sampai kaki biasanya memerlukan biaya banyak. Apalagi untuk merawat bibir, apalagi agar bibir terlihat sehat satu produk saja tidak cukup untuk memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan. Namun, ternyata ada caranya untuk merawat bibir tanpa perlu menghabiskan uang banyak.

Bibir kering memang tidak akan menyebabkan permasalahan besar untuk kesehatan seseorang. Namun, jika terus dibiarkan bibir kering itu akan menyebabkan beberapa gangguan, seperti bibir pecah-pecah, sensitif, mudah berdarah, dan tidak terlihat enak dipandang. Biasanya bibir mudah pecah-pecah karena beberapa faktor, seperti cuaca dingin atau kering, terlalu banyak terekspos oleh matahari, dan sering menjilat bibir atau dehidrasi. Maka dari itu, penting untuk orang-orang untuk merawat bibir agar tidak terjadi permasalahan seperti itu.

Cara yang tepat untuk menghadapi permasalahan dan merawat bibir kusam, kering, dan pecah-pecah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-2 dan riboflavin. Selain baik untuk bibir, kandungan ini juga berguna untuk merawat rambut dan kuku. Tidak perlu khawatir, kandungan vitamin B-2 dapat ditemukan dengan mudah, beberapa diantaranya adalah produk susu, telur, kacang, dan sayur-sayuran. 

Tidak perlu khawatir, FIMELA telah mengumpulkan beberapa cara yang bisa kamu ikuti. Hal ini dilakukan karena FIMELA ingin semua orang dapat memiliki bibir sehat tanpa perlu menghabiskan banyak uang.

 

 

Eksfoliasi

Hilangkan partikel kulit yang kering dan tidak bernyawa dengan mengelupas bibir secara lembut menggunakan sikat gigi atau waslap yang lembab dan lembut. Saya biasanya melakukan ini pada pagi akhir pekan ketika saya tidak punya rencana untuk segera pergi keluar, karena dapat membuat bibir saya sedikit sensitif.

Cara membuat lip scrub, bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sendok teh seperti gula atau garam laut,
  • 1 sendok teh madu atau minyak,
  • Mangkuk atau wadah kecil untuk mencampur bahan-bahan
  • Kapas untuk mengoleskan scrub.

Cara menggunakan dan membuatnya adalah

  1. Campurkan bahan pengelupas (garam atau gula) dan pelembab (minyak atau madu) dalam mangkuk atau wadah.
  2. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut.
  3. Oleskan campuran itu ke bibir kamu dengan gerakan melingkar dengan tekanan ringan.
  4. Bersihkan menggunakan kain lap yang dibasahi.

Melembabkan

Bibir sering terpapar sinar matahari, terutama bagian bawahnya, yang membuatnya rentan terhadap risiko kanker kulit. Oleh karena itu, sangat esensial bahwa produk perawatan bibir harian kamu mengandung tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi. 

Penting untuk diingat bahwa perlindungan kulit, termasuk bibir, tetap diperlukan meskipun kamu menggunakan masker, karena matahari tetap memiliki dampak negatif. Pada malam hari, saya beralih ke pelembab khusus untuk membantu mengatasi masalah kekeringan.

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan madu. Madu bermanfaat untuk menjaga bibir tetap terhidrasi, mencegah bibir pecah-pecah akibat infeksi. Madu juga berfungsi sebagai eksfolian lembut, membantu menghilangkan kulit kering dan tak bernyawa dari bibir.

Disarankan jika ingin menggunakan madu, disarankan untuk menggunakan madu yang 100 persen natural. Oleskan madu sepanjang hari dengan menggunakan jari atau cotton bud. 

 

 

Menghidrasi

Bibir, berbeda dengan kulit lainnya, memiliki kecenderungan menjadi kering dan mudah retak karena kurangnya kelenjar minyak yang bisa menjaganya. Untuk menjaga kelembaban bibir, sangat penting untuk memastikan kamu cukup banyak minum air sepanjang hari. 

Sebaiknya juga hindari kebiasaan menjilat bibir, meskipun memahami bahwa itu bisa menjadi tantangan (saya sendiri memerlukan beberapa tahun untuk menghentikan kebiasaan ini). Tindakan ini dapat menguras kelembaban alami dari bibir, menyebabkan kekeringan dan pecah-pecah.

Demi mendapatkan perawatan ekstra kamu bisa menggunakan resep ini untuk menghidrasi bibir.

Bahan yang dibutuh:

  • Aloe vera gel atau lendir lidah buaya segar.

Cara menggunakannya cukup sederhana, pertama dengan sikat gigi sikat bibirmu dengan perlahan. Hal ini dilakukan agar sel kulit mati hilang. Letakan aloe vera gell atau lendir lidah buaya pada bibir. Urut-urut bibir dan pastikan seluruh bagian bibir telah terkena aloe vera gel atau lendir lidah buaya.

Setidaknya lakukan ini setiap hari sekali untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading