Sukses

Beauty

9 Cara Merawat Bibir agar Tidak Kering Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Memiliki bibir kering bisa menyebabkan penampilan kurang menarik. Karena lapisan kulit pada bibir mengelupas, yang membuat lipstik jadi susah menempel di bibir. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri.

Kondisi ini bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, seperti sering bernapas melalui mulut, jarang membersihkan lipstik dengan benar, atau memiliki kebiasaan sering menggigit bibir. Jika kurang mengonsumsi air putih, maka akan menyebabkan tubuh dehidrasi dan memicu bibir kering. Apalagi kalau sering terpapar sinar matahari, memiliki alergi dan lain sebagainya.

Bibir kering harus dirawat dengan benar secara rutin. Sehingga tekstur bibir kembali halus dan bibir lebih sehat. BerikutĀ cara merawat bibir agar tidak kering yang perlu diketahui:

Cara Merawat Bibir Agar Tidak Kering Secara Alami

1. Hindari Menjilat Bibir

Cara merawat bibir yang pertama, yaitu menghindari kebiasaan menjilat bibir. Sebagian orang merasa kalau bibir kering bisa dilembapkan dengan menjilat bibir. Padahal air ludah merupakan cairan yang cukup keras, yang bisa membuat bibir lebih cepat mengering.

2. Minum Air Putih

Karena bibir kering disebabkan oleh tubuh yang kering, maka rawatlah bibirmu dengan mengonsumsi air putih secara rutin, yaitu minum minimal 8 gelas sehari yang setara dengan 2 liter air putih. Air putih bisa menghidrasi dan melembapkan bibir secara alami. Bahkan air putih bisa membantu menjaga kulit agar tetap sehat.

3. Mengonsumsi Buah-Buahan

Merawat bibir juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan, yang memiliki kandungan kaya akan vitamin dan mineral, seperi jeruk, semangka, melon, kiwi dan lain sebagainya. Buah-buahan tersebut mampu menghidrasi bibir, menjaga kelembapan dan menyehatkan bibir. Konsumsi buah-buahan dengan gizi tinggi setiap hari.

Cara Merawat Bibir Agar Tidak Kering Secara Alami

4. Gunakan Madu dan Gula

Untuk merawat bibir agar tidak kering, kamu bisa mencampurkan madu dan gula menjadi bentuk pasta. Bahan alami ini memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi bibir setelah menggunakan lipstik. Madu dan gula adalah bahanĀ scrubĀ yang alami, yang bisa mengangkat sel kulit mati pada bibir, serta membuat lapisan bibir terasa lebih lembap dan lembut.

5. Gunakan Pelembap

Setelah mengeksfoliasi bibir, kamu bisa menggunakan pelembap bibir setelah habis mandi atau sebelum menggunakan lipstik. Pelembap bibir berfungsi untuk menjaga bibir tetap lembap, mengatasi pecah-pecah dan mengembalikan warna alami bibir. Karena di dalam pelembap bibir mengandung vitamin yang diperlukan bibir.

6. Gunakan Lip Sleeping Mask

Saat malam hari, kamu bisa menggunakan masker khusus bibir atauĀ lip sleeping mask. Perawatan wajah ini berfungsi untuk melembapkan bibir, meremajakan lapisan bibir, mencerahkan bibir, menghaluskan tekstur bibir dan memberikan nutrisi berlebih pada bibir.Ā Lip sleeping maskĀ iniĀ adalah masker yang tidak perlu dibilas.

Cara Merawat Bibir Agar Tidak Kering Secara Alami

7. Hindari Penggunaan Lipstik Matte

Sebenarnya tidak ada larangan khusus untuk menggunakan lipstikĀ matte.Ā Kamu tetap bisa menggunakan lipstikĀ matte, untuk mempercantik bibirmu dan agar lipstik tahan lama di bibir. Tetapi usahakan untuk menggunakan pelembap bibir terlebih dahulu sebelum menggunakan lipstikĀ matte,Ā dan jangan terlalu sering menggunakan lipstikĀ matte, agar bibir tidak terlalu kering.

8. Gunakan Minyak Zaitun

Agar bibir terasa lebih lembap, tidak pecah-pecah dan kering, kamu bisa mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada bibir setelah membersihkan bibir. Vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun, bisa menutrisi dan merawat bibir agar lebih sehat. Kamu juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan gula, untuk membantu proses eksfoliasi pada bibir.

9. Hindari Kandungan Zat Kimia Pada Kosmetik

Cara merawat bibir yang terakhir, yaitu menghindari kandungan zat kimia yang terdapat dalam produk kosmetik. Ada beberapa kandungan kosmetik seperti alkohol, parfum, paraben, menthol dan lain sebagainya yang harus dihindari. Karena bisa menyebabkan bibir semakin kering dan warnanya menggelap.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading