Sukses

Beauty

Menilik Manfaat Kandungan Oleanolic Acid untuk Atasi Rambut Rontok dan Kebotakan Akibat Hormon

Fimela.com, Jakarta Masalah rambut rontok dan kebotakan banyak dialami oleh masyarakat Indonesia akibat perubahan hormon yang drastis. Setidaknya, 80% pria dan 50% pria pernah mengalami kondisi tersebut. Kondisi ini disebut sebagai Androgenetic Alopecia (AGA) ini terjadi ketika kadar hormon Dihydrotestosterone (DHT) terus naik sehingga membuat folikel rambut terus menipis.

Androgenetic Alopecia disebabkan oleh pengurangan progresif pada diameter, panjang dan pigmentasi rambut. Sementara, penipisan rambut yang mengakibatkan kebotakan terjadi karena efek testosteron metabolit dihydrotestosterone (DHT) pada folikel rambut sensitif androgen.

Sayangnya, masih banyak orang mengabaikan hal ini sehingga kebotakan tidak dapat dihindari.

“Justru AGA ini adalah penyebab utama kerontokan dan penipisan rambut yang bisa dialami oleh pria maupun wanita. Kalau efek hormon ini tidak diatasi, mau pakai produk apapun yang membangun keratin, protein atau folikel rambut gak akan selesai masalah rontoknya,” jelas dr. Abelina Dpl. AAAM, MM, MARS.

 

Manfaat Oleanolic Acid

Menghambat pembentukan hormon DHT adalah cara untuk mengatasi kerontokan & kebotakan yang disebabkan oleh hormon. dr. Abelina juga menjelaskan bahwa, “salah satu bahan yang terbukti aman untuk mengatasi AGA dengan target langsung ke DHT adalah Oleanolic Acid.”

Oleanolic Acid sendiri, telah diuji coba pada 42 wanita untuk mengetahui keefektifitasannya dan ternyata hasil uji tersebut menunjukkan pertumbuhan rambut yang lebih banyak, dialami oleh mereka yang menggunakan kandungan Oleanolic Acid, Biotinil dan juga Apigenin.

 

Mengatasi rambut rontok

Pada penelitian in vitro pada tahun 2019 yang dilakukan oleh Chun-yu Lei di Acta Medica Mediterranea juga membuktikan bahwa, Oleanolic Acid menghasilkan efek paling kuat untuk mendorong pertumbuhan rambut di antara 55 obat herbal Cina. Hal ini karena Oleanolic Acid dapat secara langsung menghambat aktivitas 5α-reduktase dan mengurangi dampak DHT.

Sebagai merek lokal yang dikenal dengan solusi rontok dan kebotakannya, Bonvie Haircare menggunakan Oleanolic Acid untuk membantu mengatasi rambut rontok dan kebotakan akibat hormon. Selain menggunakan bahan Oleanolic Acid, Biotin, Ginseng dan Kemiri pada produk Kemiri Gin Tonic, Bonvie Haircare juga kerap melibatkan para dokter dalam memberikan masukan, maupun edukasi terhadap tim internal maupun pelanggan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading